4 Pilihan Kursus Gratis Ke Luar Negeri Bagi Warga Indonesia

by | Aug 10, 2020 | artikel

kursus gratis

Saat ini siapa saja bisa menikmati berbagai kursus gratis yang diselenggarakan di luar negeri. Biasanya kursus-kursus ini disediakan oleh pemerintah negara tujuan melalui kerjasama antar negara. Fungsi kursus ini tidak hanya menambah ilmu pengetahuan bagi pesertanya, tetapi juga menjalin kerjasama bilateral dalam bidang pendidikan, promosi negara tersebut dan lain sebagainya.

Memperoleh kursus ke luar negeri gratis ini tidaklah sulit. Karena siapa saja bisa memperolehnya dengan mudah. Akan tetapi, berhubung saat ini sedang terjad pandemi virus Corona yang menyebabkan beberapa negara tidak mengadakan kursus tersebut. Jikapun ada, terdapat beberapa negara yang tidak diikutsertakan. Tujuannya adalah mencegah penyebaran virus Corona tersebut.

4 Pilihan Kursus Gratis Negara di Luar Negeri

Beberapa negara yang menjalin kerjasama dengan Indonesia menyediakan kursus gratis dinegaranya masing-masing. Biasanya informasi kursus ini banyak ditemukan diwebsite tertentu seperti Kemenlu, website kampus, universitas, dan lainnya. Oleh karena itu, Anda harus rajin-rajin searching tentang “short course” agar mengetahui jadwal dan batas pendaftarannya.

Bagi warga negara Indonesi mengikuti kursus ke luar negeri gratis merupakan hal yang menyenangkan. Karena, Anda bisa memperoleh banyak pengetahuan, mengenal negara tujuan dan pastinya gratis. Oleh karena itu, pastikan Anda pernah mengikutinya. Setidaknya terdapat 4 pilihan kursus gratis yang banyak diminati oleh warga Indonesia, yaitu:

1. Korea Selatan

Korea Selatan

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang banyak memberikan kursus gratis kepada Indonesia. Salah satu program yang menyediakan kursus ini adalah Global Korea Scholarship yang dimiliki oleh pemerintah Korea. Akan tetapi, program ini hanya terbatas untuk mahasiswa. Jika Anda adalah seorang alumni, maka Anda bisa mencari program-program pemerintah Korea Selatan lainnya untuk kursus tersebut.

Baca juga:  Parno karena Berita Corona Semakin Kencang ! Begini cara mengatasinya !

Program ini dibuat agar mahasiswa Indonesia dapat memperoleh pengetahuan yang bermanfaat, mengenalkan budaya Korea, serta menjalin hubungan bilateral antar negara dalam bidang pendidikan.

2. Belanda

kursus gratis Belanda

Salah satu negara yang rutin memberikan beasiswa kursus gratis kepada Indonesia adalah Belanda melalui program StunNed Short Course-nya. Program ini terbuka khusus bagi Anda yang telah menyelesaikan pendidikan minimal S1/ D4. Namun, terdapat persyaratan tambahan yaitu memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun yang sesuai dengan kursus yang diambil, memiliki surat izin dari perusahaan tempat bekerja serta memiliki skor IELTS minimal 5,5.

Persyaratannya memang cukup rumit dan sulit diperoleh terutama untuk IELTS. Namun, program ini sangat direkomendasikan untuk Anda ikuti karena memiliki banyak manfaat. Contohnya saja Anda akan memperoleh sertifikat internasional ketika menyelesaikan kursus ini nanti.

3. Jepang

Jepang

Jepang juga menyediakan kursus gratis bagi masyarakat Indonesia. Program yang tersedia adalah SSEAYP atau biasa dikenal dengan Program Kapal Pemuda Asia Tenggara Jepang. Sesuai dengan nama programnya, para peserta yang berasal dari berbagai negara di Asia Tenggara dan Jepang akan berlayar dan berlabuh di berbagai negara.

Kursus ini dirancang agar para peserta dapat menjalin hubungan yang baik denga peserta lain yang berasal dari negara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, program ini dibagi menjadi 2 yaitu aktifitas di atas kapal dan ketika berlabuh. Program in terbuka bagi masyarakat Indonesia dan dapat melakukan pendaftaran di Kementrian Pemuda dan Olah Raga pada progra PPAN yaitu pertukaran pemuda antar negara.

4. Amerika

kursus gratis Amerika

Amerika Serikat merupakan salah negara yang banyak menyediakan kursus gratis bagi Indonesia. Salah satu program yang bisa Anda ikuti adalah Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI), dari namanya Anda dapat mengetahui bahwa warga-warga Asia Tenggaralah yang akan mengikuti program ini.

Baca juga:  Cara Memilih Pelatihan Bisnis Online Terbaik

Program ini dibiayai penuh oleh pemerintah Amerika, dan selama program berlangsung Anda akan mengunjungi banyak kampus-kampus keren sekaligus mengenalkan pendidikan, budaya dan kebiasaan di Amerika.

Nah, itulah 4 tujuan negara yang banyak menyediakan kursus gratis bagi warga negara Indonesia. Setiap kursus ini tentu akan memberikan pengalaman baru yang sangat bermanfaat bagi Anda sekalian. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk mengikuti kursus ini.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!