5 Area Kerja Konsultan Feasibility Study

by | Sep 1, 2020 | artikel, Ekonomi & Bisnis

konsultan feasibility study

Konsultan feasibility study merupakan para pakar yang memiliki keahlian dalam menilai suatu proyek apakah layak atau tidak. Keberadaan para konsultan ini sangat penting karena dapat meminimalisir kerugian yang berpotensi untuk muncul serta dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang ke tingkat yang lebih tinggi.

Keberadaan para jasa feasibility study sudah lumrah untuk para pebisnis. Karena dengan bantuan para ahli tersebut, para pebisnis bisa memberikan keputusan bisnis yang baik sehingga eksistensi usahanya dapat terjaga untuk waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, menggunakan jasa studi kelayakan menjadi sebuah keharusan terutama pada saat-saat tertentu seperti iklim bisnis dan perekonomian yang tidak menentu, kebutuhan urgent dan lainnya.

Beberapa Area Kerja Konsultan Feasibility Study

Penyedia jasa feasibility studi memiliki area kerja yang biasa dikenal sebagai aspek dalam studi kelayakan. Namun, area kerja yang dibahas kali ini lebih practical sehingga Anda dapat memahami dengan lebih baik bagaimana studi kelayakan bekerja dilapangan. Setiap area kerja ini saling berkaitan satu sama lain sehingga hasil analisa menjadi lebih akurat dan Anda sebagai pebisnis dapat membuat kebijakan yang tepat. Adapun area kerja tersebut antara lain:

1. Kelayakan Segi Teknis

Pada area ini konsultan feasibility study akan fokus pada analisa sumberdaya yang ada untuk suatu usaha bisnis tertentu. Setidaknya para pakar akan menilai apakah sumberdaya, peralatan dan perlengkapan yang ada telah sesuai dengan kebutuhan serta apakah semua komponen tersebut dapat dimasukkan ke dalam sistem kerja dengan baik.

Oleh karena itu, sebelum para pakar menilai bagian teknis Anda harus sudah membuat rencana awal yang mencakup pada kebutuhan peralatan, perlengkapan, tenaga kerja paruh waktu ataupun ahli yang dibutuhkan. Semua hal ini juga harus dirupiahkan agar penilaian menjadi lebih baik. Jika terdapat hal yang tidak layak maka konsultan akan memberikan beberapa masukan perbaikan dan Anda bisa menggunakan masukan tersebut untuk memperbaiki rencana yang ada.

Baca juga:  Cara Pilih Tempat Les Terbaik Untuk Anak

2. Kelayakan Segi Ekonomi

Area lain yang wajib di analisa oleh jasa feasibility study adalah pada bagian ekonomi atau keuangan. Pada area ini para pakar akan memberikan hasil analisa berupa cost dan benefit pada sebuah rencana bisnis. Dari hasil analisa ini pemilik bisnis dapat memahami bagaimana proyek yang ada dengan lengkap. Berapa banyak modal dan sumberdaya yang harus dikeluarkan serta berapa keuntungan yang akan diperoleh.

3. Kelayakan Segi Legal

Perkara ekonomi dan teknis sangatlah penting, namun Anda tidak bisa meninggalkan aspek legal karena hal ini berhubungan dengan izin usaha dan lainnya. Karena jika usaha bisnis yang ada terdaftar di pemerintah, maka Anda akan terlindungi secara hukum. Jadi, jika sewaktu-waktu terjadi kendala maka Anda dapat menjerat pelakunya ke ranah hukum.

Pada bagian ini konsultan feasibility study akan menilai bagaimana rencana bisnis Anda berjalan dengan hukum yang ada. Apakah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, bagaimana keamanannya, sesuai dengan peraturan daerah dan lainnya. Karena jika semua hal ini dipenuhi, maka bisnis Anda dapat diimplementasikan dengan baik.

4. Kelayakan Segi Operasional

Para pakar studi kelayakan akan menilai apakah bisnis yang ada mampu menyelesaikan atau seberapa efektif dan efisien bisnis Anda dapat menyelesaikan rencana bisnis tersebut. Selain itu, konsultan juga akan memberikan tambahan dan masukan komponen lainnya yang dapat membantu Anda untuk mempercepat kegiatan operasional tersebut.

5. Jadwal Pengerjaan Proyek

Pada area ini jasa feasibility study akan mengatur proyek mana yang harus didahulukan. Karena, waktu pembangunan proyek diharapkan dapat selesai tepat waktu agar rencana yang ada dapat lanjut ke tahap berikutnya. Jika pengerjaan terhambat maka bisnis Anda akan terlambat launching dan hal ini akan menghambat peluang yang ada.

Baca juga:  Jasa Studi Kelayakan: Bisnis Skala Kecil Hingga Besar

Itulah 5 area kerja konsultan feasibility study yang perlu untuk Anda pahami. 5 area ini saling mendukung satu sama lain, sehingga usaha bisnis yang ada dapat berjalan dengan baik mulai dari perencanaan sampai para eksekusi akhirnya.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This