Apa Saja Yang Menjadi Bagian Aspek Legalitas Dalam Studi Kelayakan

by | Jun 19, 2023 | artikel, digital, Ekonomi & Bisnis, Marketing

Studi kelayakan bisnis merupakan salah satu hal penting dalam setiap pembangunan bisnis. Kenapa dikatakan penting? Karena studi kelayakan sangat membantu para pelaku usaha untuk melihat proses perjalanan dan perkembangan bisnis kedepan.

Kegiatan ini adalah kegiatan analisis yang dilakukan oleh Jasa Pembuautan Studi Kelayakan dengan memperhatikan beberapa aspek penting. Salah satu aspek terpentng tersebut adalah apek legalitas atau aspek hukum.

Untuk mengenal tentang aspek legalitas dalam studi kelayakan bisnis, baca penjelasan berikut ini:

 

Hal yang dianalisis dalam aspek legalitas

 

1. Surat Izin Usaha Perdagangan

Setiap perusahaan yang akan didirikan harus memiliki surat izin perdagangan terlebih dahulu. Surat ini dinamana SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. SIUP berebentuk dokumen yang berisi keterangan usaha serta dilengkapi dengan nomor surat dan bukti pengesahan dari lembaga yang berwenang.

SIUP diberikan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk kepada pengusaha untuk melaksanakan usaha di bidang perdagangan dan jasa. SIUP diberikan kepada para pengusaha baik perorangan, Firma, CV, PT, Koperasi, BUMN, dan sebagainya.

Namun sekarang SIUP telah diganti menjadi NIB atau Nomor Izin Berusaha. NIB hadir dalam bentuk nomor induk yang terdiri dari 13 digit angka acak yang diberi pengaman serta disertai tanda tangan elektronik.

 

2. NPWP / Nomor Pokok Wajib Pajak

NPWP merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. Setiap perusahaan pun harus memiliki NPWP yang fungsinya sebagai kode unik yang selalu digunakan dalam setiap urusan perpajakan guna membuat data perpajakan perusahaan tidak akan tertukar dengan wajib pajak lainnya.

 

3. Akta Kepemilikan Perusahaan

Akta kepemilikan perusahaan atau disebut juga akta pendirian badan usaha adalah sebuah dokumen yang dibuat dan disahkan oleh notaris saat ingin mendirikan suatu perusahaan. Setiap perusahaan wajib memiliki dokumen ini sebagai bukti kepemilikan perusahaan.

Baca juga:  TAM SAM SOM: Tentukan Peluang Pelanggan & Pendapatan

Untuk itulah perlu adanya analisis dari aspek legaltas agar setiap perusahaan baik perusahaan yang berbadan hukum maupun tidak memiliki dokumen akta kepemilikan perusahaan ini.

 

4. Surat Tanda Daftar Perusahaan

Surat Tanda Daftar Perusahaan atau disingkat STDP merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah terkait, biasanya Departemen Ketenagakerjaan atau instansi terkait lainnya di negara tertentu. STDP menunjukkan bahwa sebuah perusahaan telah terdaftar dan diakui secara hukum.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai aspek legalitas dalam studi kelayakan bisnis. Maka dari itu untuk melakukan analisis mengani aspek hukum tersebut perlu adanya Jasa Studi Kelayakan yang telah legal dan bersertifikat.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!