Aspek Pasar Bagi Studi Kelayakan Bisnis

by | Jul 31, 2021 | Ekonomi & Bisnis

Sumber Gambar: Unsplash.com 

 

Aspek Pasar – Dalam sebuah bisnis, perusahaan memerlukan pasar agar bisnis atau usahanya bisa lancar. Jika tidak ada pasar yang dituju oleh sebuah perusahaan,maka produk dalam bisnis atau usaha tersebut tidak bisa dikenal.  Berikut ini adalah beberapa manfaat, dari aspek pasar dalam study kelayakan bisnis.

Aspek Pasar Dalam Studi Kelayakan Bisnis 

Ada beberapa pengaruh, dari aspek pasar dalam study kelayakan bisnis. Berikut ini adalah informasinya:

1.Meningkatkan Penjualan Sebuah Produk 

Tujuan mengetahui aspek pasar dalam study kelayakan bisnis, adalah untuk meningkatkan penjualan sebuah produk dalam bisnis. Agar semua produk yang perusahaan bisa laku terjual semuanya, tentu sebuah perusahaan harus pasar yang harus dituju.

Contoh aspek pasar misalnya adalah perusahaan asuransi, yang aspek pasanya adalah anak muda. Perusahaan asuransi tersebut harus fokus di anak muda yang ingin asuransi, sehingga anak muda ingin melakukan asuransi untuk masa depannya supaya baik.

2. Mengurangi Persainagan Di Pasar dan Dapat Meluaskan Bisnis

Aspek pasar dalam study kelayakan bisnis, dapat digunakan mengurangi persaingan yang ada di pasar. Hal tersebut dikarenakan bisnis tersebut, memiliki segmen pasar yang cukup jelas dan fokus. Oleh karena itulah, perusahaan perusahaan lain tidak akan tersaingi apabila kita memiliki aspek pasar yang cukup jelas.

Tidak hanya membuat persaingan menjadi lebih sehat, aspek pasa juga sangat berguna untuk meluaskan bisnis sebuah perusahaan. Misalnya adalah sebuah perusahaan ingin meluaskan pasar hingga ke Sulawesi, maka sangat penting sekali bagi perusahaan untuk melakukan survey pasar saat melakukan study kelayakan bisnis.

3. Supaya Bisa Melayani Pihak Pihak Tertentu 

Manfaat lainnya dari aspek pasar dalam study kelayakan bisnis, adalah untuk melayani pihak pihak yang tertentu. Misalnya pada saat perusahaan ingin menjual sebuah produk, dengan mengetahui aspek pasar kita bisa melayani pihak tertentu seperti instansi pemenrintahan.

Baca juga:  Analisis Monte Carlo Properti Saat Corona Berakhir

Oleh karena itulah, sangat penting sekali untuk mengetahui aspek pasar dalam study kelayakan bisnis. Dengan cara tersebut nantinya perusahaan bisa lebih dikenal di masyarakat luas, dan perusahaan juga bisa menjalin kerjasama dengan sebuah instansi yang lainnya.

4. Supaya Konsumen Bisa Puas Dengan Sebuah Produk 

Apabila sebuah perusahaah  menentukan aspek pasar saat surey kelayakan, maka konsumen nantinya bisa menjadi puas dan juga senang dengan produk sebuah perusahaan. Perusahaan bisa gencar untuk melakukan promosi ke pasar, sehingga banyak pasar atau konsumen yang bisa mengenal produk dari  perusahaan tersebut.

Tidak hanya mengenal produk dari sebuah perusahaan, nantinya konsumen juga akan membelinya jika tertarik dengan produk tersebut. Untuk itulah sangat penting bagi perusahaan, agar melakukan promosi dengan cara unik untuk menarik perhatian konsumen atau pasar.

Demikianlah informasi mengenai aspek pasar dalam study kelayakn bisnis, yang perlu diketahui oleh seorang pebisnis atau pengusaha. Dengan lebih mengenal pasar, maka produk bisa terjual banyak dan masyarakat akan tahu perusahaan tersebut.

 

untuk info lainnya bisa mengunjungi konsultan studi kelayakan www.grapadikonsultan.co.id

 

Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Jasa Studi Kelayakan

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This