Belajar Memahami Bisnis Dari Hulu Hingga Hilir Dengan Kursus Studi Kelayakan

by | Oct 14, 2022 | Ekonomi & Bisnis

Kalian ingin memulai membangun bisnis? Sebelum membangun bisnis tentunya ada berbagai hal yang perlu disiapkan. Mulai dari model bisnis yang ingin dibuat, lokasi, waktu launching, dan sebagainya. Ada satu tahap lagi yang sebenarnya penting untuk dilakukan yaitu studi kelayakan bisnis.

Studi kelayakan bisnis adalah studi yang dilakukan seseorang untuk mengukur kelayakan suatu proyek bisnis itu layak dijalankan atau tidak. Proses ini dilakukan guna meningkatkan proses pengambilan keputusan tentang sebuah usaha atau proyek dapat dijalankan atau harus dikaji ulang, dan juga untuk mendapatkan laba yang maksimal.

Fokus pada studi kelayakan bisnis adalah identifikasi potensi masalah kritis seperti bagaimana dan dimana bisnis akan dijalankan. Perlu dipahami di awal bahwa rencana bisnis dan studi kelayakan bisnis adalah dua hal yang berbeda tetapi saling berkaitan.

Manfaat studi kelayakan studi yang dirasakan bagi pengusaha adalah dapat membantu mereka saat mengambil keputusan terkait bisnisnya. Sedangkan bagi pebisnis akan penting untuk dilakukan di awal rencana agar meminimalkan atau mencegah dari kerugian. Selain itu hasil studi dapat menaikan tingkat kepercayaan investor yang ingin atau sedang berinvestasi di perusahaan atau tempat usaha tersebut. Seperti diketahui investor adalah orang yang menanamkan modal pada sebuah bisnis dengan harapan uangnya berkembang.

Ada beberapa aspek dasar yang perlu diteliti ketika melakukan studi kelayakan bisnis, berikut diantaranya:

Aspek manajemen

Aspek ini adalah aspek yang sangat penting untuk diteliti karena berkaitan dengan operasional bisnis atau usaha. Cakupan aspek ini adalah yang terluas dari aspek lain, seperti terhubung ke keuangan dan sumber daya perusahaan.

Aspek keuangan

Modal adalah salah satu kunci sebelum memulai bisnis atau usaha. Proses perencanaan modal harus dilakukan sejak awal jika hendak melakukan perencanaan bisnis. Paling tidak aspek yang perlu diperhitungkan adalah estimasi nilai proyek (bisnis atau usaha), proyeksi cash flow dan profitabilitas, investasi bisnis lain oleh investor, dan kelangsungan finansial proyek.

Baca juga:  Pengertian Riset Pasar, Tujuan, dan Jenisnya

Aspek hukum atau legalitas

Legalitas bisnis di mata hukum menjadi salah satu yang dianaliis dalam studi kelayakan bisnis. Tujuannya adalah untuk meneliti tingkat keakuratan, kebenaran, keaslian, dan kesempurnaan dokumen bisnis tersebut. Lingkup legalitas dapat berupa izin lokasi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Tanda Daftar Perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Akta pendirian perusahaan dari notaris, Surat Izin Tempat Usaha dan Surat Tanda Rekanan dari pemerintah daerah setempat.

Aspek ekonomi dan budaya

Aspek ini penting untuk diteliti karena terkait dengan dampak pada lingkungan sekitar tempat usaha itu berada. Dari sisi ekonomi, analisis dapat berupa dampak pada tingkat pendapatan per kapita di wilayah tempat perusahaan berdiiri dan melakukan operasional. Dari sisi budaya, analisis dapat berupa bagaimana perusahaan memengaruhi adat istiadat di wilayah sekitarnya.

Aspek pasar dan pemasaran

Analisis bagi aspek pasar dan pemasaran dapat membantu menjawab keresahan atas peluang pasar dari produksi milik perusahaan. Informasi ini sangat penting dan berguna bagi perusahaan, agar kedepannya mereka dapat lebih leluasa untuk mengembangkan produk yang ditawarkan. Paling tidak informasi yang dianalisis meliputi potensi pasar, daya beli masyarakat, segmentasi, jumlah konsumen dan situasi persaingan pasar.

Aspek teknis dan operasi

Aspek ini dapat menjadi pertimbangan bagi investor untuk memilih bisnis yang akan berjalan. Informasi yang yang dianalisis umumnya memuat tata letak perusahaan, lokasi perusahaan, gambaran produk dan kemampuan produksi.

Melihat cakupan yang luas untuk dianalisis dalam studi kelayakan bisnis membuatnya penting untuk dilakukan oleh pebisnis maupun pengusaha. Studi ini dapat berperan sebagai rambu-rambu bagi perusahaan apabila bisnis yang dijalankan masih cukup bersaing di pasar atau tidak.

Baca juga:  Jenis-jenis Bisnis Plan dan Pentingnya dalam Penyusunan Bisnis Plan

Tentunya untuk menjalankan studi kelayakan bisnis diperlukan pengetahuan maupun keahlian yang mumpuni terhadap dunia bisnis. Pengetahuan akan dunia bisnis menjadi salah satu topik yang dibahas dalam kursus studi kelayakan bisnis.

Ketika Anda memahami bagaimana strategi bisnis dijalankan, Anda siap untuk bertahan di bisnis. Agar bisnis semakin aman, maka penting untuk memahami resiko dan kemungkinan yang terjadi lewat kursus studi kelayakan bisnis. 

Namun, ilmu ini tidak serta merta bisa diperoleh. Anda bisa mendapatkannya lewat mengikuti pelatihan studi kelayakan maupun praktek langsung di lapangan. Namun praktik langsung tentu akan sangat beresiko apabila tidak memiliki dasar pengetahuan terlebih dahulu.

Kursus studi kelayakan bisnis bersama Itialus Grapadi Internasional

Dalam pelatihan studi kelayakan, Anda akan dibekali dengan konsep dasar bagaimana membuat studi kelayakan yang aplikatif, sehingga anda para entrepreneur/business development memiliki gambaran yang detail mengenai berbagai aspek yang akan terlibat ketika ide bisnis anda jalankan.

Oleh karena itu, hasil studi kelayakan bisnis ini akan menjadi dasar pengambilan keputusan apakah menerima atau menolak ide atau rencana bisnis kedepan. (met)

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!