Karomah Wali Allah : Sunan Gunung Jati

by | Feb 16, 2023 | artikel, digital, Inspiration, Khazanah, Lifestyle, Motivasi

Sunan Gunung Jati merupakan Wali Allah yang lahir pada tahun 1448 dan memiliki nama asli Syarif Hidayatullah. Belau adalah pendiri Kesultanan Cirebon yang berasal dari Kairo, Mesir. Semasa hidupnya Sunan Gunung Jati melakukan penyebaran ajaran agama Islam ke Tanah Jawa khususnya Jawa Barat.

Sunan Gunung Jati terkenal sebagai Wali Allah yang memiliki banyak karomah. Bahkan karomah-karomah tersebut disebutkan telah melampaui nalar manusia biasa.

Berkut karomah dari Sunan Gunung Jati yang terkenal paling mahsyur.

 

Mampu Mengangkat Tumor Tanpa Operasi

Pada masa Sunan Gunung Jati melakukan penyebaran ajaran agama Islam, ada sepasang suami istri yang menemui beliau. Suami istri tersebut bertemu Sunan Gunung Jati untuk memastikan bahwa yang ada dalam kandungan sang istri adalah pnyakit bukanlan janin.

Dikatakan dalam banyak cerita bahwa sang suami mempercayai bahwa istrinya sedang hami, namu sang istri sebaliknya justru menganggap itu hanya penyakit.

Menggunakan kesaktiannya, Sunan Gunung Jati mengambil tumor yang ada dalam perut wanita tersebut dengan tangannya tanpa melakukan operasi. Hal itu dilakukan oleh Sunan Gunung Jati setelah memastikan bahwa yang ada di dalam perut wanita itu bukanlah janin.

 

Menguasai 99 Bahasa

Karomah lain yang dimiliki oleh Sunan Gunung Jati sebagai Wali Allah adalah mengusai 99 bahasa. Bahasa yang dikuasai beliau bukan hanya bahasa dunia, melainkan bahasa lokal yang dimiliki oleh setiap daerah.

Dengan kemampuannya dalam menggunakan banyak bahasa tersebut, Sunan Gunung Jati memanfaatkannya untuk melakukan penyebaran agama Islam kepada masyarakat.

 

Ahli Politik dan Ilmu Perang

Dalam melakukan penyebaran agama Islam di Cirebon, Sunan Gunung Jati pun mengmbangkan daerah tersebut dengan keahlian ilmu politiknya. Beliau mengajarkan ilmu berpolitik kepada masyarakat untuk dapat memajukan daerahnya.

Baca juga:  Peran Pendekar Anak untuk Mewujudkan Cita-cita Anak Indonesia

Selain itu, keahlian dalam membuat strategi perang juga dimiliki oleh Sunan Kalijaga. Berkat ajaran-ajaran yang diberikan oleh Sunan Kalijaga, Cirebon berhasil memperluas wilayahnya hampir di seluruh Jawa Barat dan separuh Jawa Tengah.

 

Itulah beberapa karomah dan keahlian yang diiliki oleh Sunan Gunung Jati. Meskipun banyak kesaktian yang dimilikinya, beliau tetap menggunakan dan memanfaatkannya di jalan Allah untuk melakukan penyebaran ajaran agama Islam.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This