Khasiat I’itikaf di Masjid

by | Nov 16, 2018 | Khazanah

 

Allah menciptakan khalifah di bumi untuk senantiasa menyembah kepadanya. Adapun setan Ia ciptakan untuk menggoda manusia agar semakin jauh dari-Nya. Namun demikian Tuhan Pencipta Alam memberinya tempat di dunia sebenarnya untuk menguji keimanan makhluk mulia. Baik dari godaan duniawi maupun penyakit hati yang membawa kesesatan.

Maka dari itu, Allah mengutus Nabi Muhammad SAW untuk mengingatkan umat Islam agar senantiasa dekat dengan diri-Nya. Salah satu tauladan Rasul yang harus diikuti yakni i’tikaf yang dilakukan di masjid. Aktivitas tersebut merupakan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menyebut naman-Nya berkali – kali.

Imam al-Nawawi, al-Syaukani dan Ibnu Arabi berpendapat bila hukum dari i’tikaf adalah sunnah muakkad. Sementara menurut Imam Malik, kegiatan tersebut bisa dilakukan di mana saja, salah satunya di masjid.

Biasanya i’tikaf dilaksanakan setelah melaksanakan sholat wajib 5 waktu. Apabila masjid tempat i’tikaf biasa digunakan untuk melakukan sholat jum’at, maka akan lebih baik lagi. Adapun manfaat dari melakukan aktivitas ini di rumah Allah sebagai berikut!

Sebagai media penguasaan diri

Semakin hari dunia ini semakin sesak. Maka dengan demikian banyak godaan setan yang kerap kali membisiki manusia. Mata sering melihat sesuatu yang tidak semestinya, telinga biasa mendengar yang tidak benar, bahkan lisan kerap mengatakan hal yang menyakitkan bagi orang lain.

Dengan demikian i’tikaf adalah cara terbaik untuk membersihkan dirinya. Ibadah tersebut mengajarkan seseorang untuk lebih rendah diri. Sebab mereka mencurahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT. Seseorang yang rajin melakukannya bisa menguasai dirinya lebih baik karena terjadi keseimbangan antara rohani dan sosial.

Ketenangan rohani

Hiruk pikuk dunia membuat seseorang lupa siapa Tuhan-Nya. Mereka kerap tidak tahu menahu tentang nikmat yang biasa didapatkan. Maka dengan mengasingkan diri ke masjid dan ber-i’tikaf, ketenangan akan didapatkan.

Baca juga:  Rindu Rasulullah Mengubah Hidup Lebih Baik

Sebab sejatinya masjid adalah rumah Allah, disana ketenangan benar-benar terjaga sehingga memungkinkan hamba untuk beribadah khusyu’ kepada-Nya. Dengan berdiam diri sembari menyebut nama Allah berkali-kali akan menjadikan keadaan rohani lebih tenang dan semakin kuat untuk berpegang teguh kepada ajaran Rasulullah.

Lebih dekat dengan Allah

Masjid yang damai dan tenang merupakan tempat ideal untuk berkomunikasi dengan Allah. Dalam wahyu-Nya Ia pernah berfirman bila lebih dekat dengan umat melebihi urat nadi. Dengan demikian ber-i’tikaf di masjid menjadi Ia terasa sangat dekat bahkan seperti mengalir dalam darah dan membuat hamba-Nya selalu ingat.

Selain itu, I’tikaf merupakan bentuk kesungguhan kita kepada Sang Pencipta. Menenggelamkan diri sembari membaca Al-Qur’an dan jauh dari keramaian membuat segala sesuatunya lebih menenangkan. Maka disanalah Allah selalu mengiringi langkah kemana pun perginya.

 

Melahirkan sifat ikhlas

Apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh secara rutin di dalam Masjid, maka i’itikaf juga bisa menumbuhkan sifat ikhlas serta penyucian jiwa. Semua hal berdasar pada hati, melaluinya segala ucapan dan perbuatan tercermin.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Ketahuilah bahwa sesungguhnya di dalam fisik manusia terdapat sekerat daging, jika baik (keratan itu) maka baiklah fisik secara keseluruhannya, dan jika buruk (keratan itu) maka buruklah semuanya. Ketahuilah bahwa (sekerat daging tersebut) adalah hati.” (HR Bukhari – Muslim).

Jika dilakukan di Bulan Ramadhan mendapatkan syafa’at

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim. Di waktu tersebut semua yang patuh pada perintah Allah membersihkan diri dengan cara berpuasa. Selain itu, ibadah tersebut juga berfungsi sebagai pembersihan diri dari segala hawa nafsu.

Di samping berpuasa, ada pun yang ditunggu-tunggu yakni malam Lailatul Qadar yang hanya terjadi pada malam ganjil di hitungan keduapuluh hingga selesai bulan Ramadhan. Selama waktu tersebut, dianjurkan bagi umat Muslim untuk ber-i’itikaf di masjid sepanjang hari. Cara tersebut bertujuan untuk mencari ridho Allah dan mendapatkan sya’fat dari Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu malam.

Baca juga:  Bersihkan Hati dengan Dzikir dan Thariqah

I’tikaf merupakan cara bagi umat muslim untuk instropeksi diri dan berkomunikasi kepada Tuhan-Nya. Sementara itu, Masjid merupakan tempat ibadah ideal untuk melakukan aktivitas tersebut karena dapat mendatangkan ketenangan serta kedamaian yang membawa umat pada jalan yang benar.

 

kunjungi web Bisnis

dan konsultan

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This