Market Positioning Pada Jasa Studi Kelayakan Bisnis

by | May 1, 2021 | artikel

jasa studi kelayakan bisnis

Jasa studi kelayakan bisnis dilakukan oleh para ahli yang dapat menilai layak atau tidaknya rencana bisnis suatu usaha. Salah satu bagian penting dari aspek pemasaran adalah market positioning. Analisa ini dilakukan untuk melihat bagaimana posisi produk atau perusahaan yang Anda miliki di mata masyarakat.

Karena, semakin baik posisi pasar Anda maka pangsa pasar yang dimiliki akan semakin banyak. Market positioning ini bisa membuat brand Anda menjadi leader pada suatu produk. Contohnya saja, masyarakat Indonesi pasti mengenal “AQUA” untuk produk air mineral kemasan. Padahal masih banyak merek lain untuk produk yang sama. Tertanamnya image tersebut merupakan hasil dari pemasaran yang sukses sehingga market positioningnya tertanam kuat.

Setiap bisnis tentu ingin brand-nya dikenal masyarakat luas. Akan tetapi, melakukan hal ini tidaklah mudah. Walaupun demikian, Anda tetap bisa berupaya melakukannya melalui perencanaan bisnis yang ada. Kemudian, jasa pembuatan studi kelayakan bisnis akan menilai bagian market positioning tersebut apakah sesuai dengan keadaan lapang atau tidak. Penilaian juga memperhatikan kelebihan dan kekurangan produk serta para pesaing.

Nantinya, penilaian yang ada menjadi lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan pemilik usaha. Setidaknya terdapat dua hal yang harus Anda lakukan untuk membentuk market positioning yang Anda butuhkan, yaitu:

1. Strategi Penentuan Market Positioing

Strategi penentuan posisi pasar yang baik haruslah didahului dengan jasa atau produk dengan kualitas yang baik. Usahakan kualitasnya merupakan yang terbaik sehingga Anda bisa bersaing dengan pemilik usaha sejenis. Jangan lupa untuk memilih segmentasi yang tepat. Jadi, Anda bisa masuk pada pasar berdasarkan gender, usia, lokasi dan lainnya.

Pastikan fungsi produk yang ada berfungsi dengan baik dan pastinya bisa menyelesaikan masalah yang dimiliki konsumen. Sekarang, kebanyakan produk memberikan banyak fungsi pada satu produk. Contohnya saja produk sampo yang tidak hanya membasmi ketombe, tetapi juga melembutkan sekaligus mengharumkan rambut.

Baca juga:  Jasa Studi Kelayakan Bisnis: Penentuan Harga Produk dan Jasa

Hal ini bisa ditiru untuk produk-produk lainnya. Namun, pastikan fungsi utamanya terpenuhi sehingga produk dan jasa yang ada bisa masuk pada kelas yang Anda inginkan. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah harganya. Anda bisa menerapkan harga mahal atau murah bergantung kepada target pasarnya. Jika Anda menargetkan untuk masyarakat umum maka harga murah merupakan hal yang menarik. Namun, untuk pihak-pihak tertentu Anda bisa memberikan harga lebih tinggi.

2. Memilih Serta Pelaksanaan Strategi

Sebelum memilih dan melaksanakan strategi, Anda harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu seperti mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk, mencari bagian pemasaran dengan kompetisi yang tepat, diferensiasi dan lainnya. Setelah melihat beberapa hal ini maka pihak pemilik usaha akan memilih model pemasaran yang paling sesuai dengan keadaan perusahaan yang sekarang.

Market positioning sangatlah penting dan menjadi penilaian utama pada analisa jasa studi kelayakan bisnis. Oleh karena itu, menentukan posisi pasar merupakan hal wajib dan tidak bisa dipisahkan pada aspek pemasaran. Karena, dengan mengetahui posisi perusahaan di pasar dengan baik Anda bisa melakukan strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This