Masih Bekerja dari Kantor? Berikut Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan saat Pandemi Corona

by | Apr 7, 2020 | Lifestyle

sumber : pexels.com/ Anna Shvets

Pada Rabu 11 Maret 2020 waktu jenewa, WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia telah mengumumkan wabah penyakit virus corona (Covid-19) sebagai pandemi. Pandemi merupakan wabah penyakit global, dimana penyakit tersebut menjangkit banyak orang hampir di seluruh dunia dalam waktu yang bersamaan. Ketika pandemi terjadi, ada baiknya kita semua senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Salah satunya yaitu lingkungan tempat kerja Anda.

Meski Presiden Joko Widodo telah menganjurkan masyarakat untuk belajar di rumah, beribadah di rumah dan bekerja dar rumah, pada kenyataannya masih banyak karyawan yang masih diminta bekerja di kantor. Kantor menjadi salah satu tempat bersarangnya virus maupun bakteri. Mulai dari di sela-sela keyboard, tombol lift, gagang pintu, meja dan lainnya. Maka dari itu, wajib bagi Anda untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kerja. Terdapat sejumlah rekomendasi dari CDC (Pusat Pengandalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat) dan Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau OHSA, berikut ini.

  1. Rajin mencuci tangan secara berkala

sumber : pexels.com/ Burst

Seperti yang Anda ketahui bahwa cara yang paling efektif membunuh virus corona ini yaitu dengan mencuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir. Jangan malas mencuci tangan pakai sabun apalagi sebelum dan sesudah makan. Selain itu, setelah memegang berkas, gagang pintu atau benda-benda lainnya lebih baik segera mencuci tangan dengan  bersih. Cuci tangan sebaiknya dilakukan selama 20 detik dengan sabun antiseptik. Dengan rajin mencuci tangan tentunya berguna agar tidak tejadi penyebaran virus corona ini.

  1. Membersihkan tempat kerja Anda

sumber : pexels.com/ Cottonbro

Sebelum memulai bekerja, ada baiknya Anda bersihkan lebih dulu tempat kerja Anda memakai desinfektan atau pembersih lainnya. Bersihkan sudut-sudut tempat kerja baik itu  meja, telepon kantor, mouse komputer atau permukaan lain yang sering disentuh. Cara membersihkannya juga sangatlah mudah. Yaitu dengan menyemprotkan desinfektan pada permukaan benda tersebut, lalu biarkan basah dulu selama 3-5 menit untuk memastikan virus atau kuman telah mati.

  1. Menggunakan hand sanitizer

sumber : pexels.com/ Anna Shvets

Apabila tidak tersedia sabun dan air mengalir, maka Anda bisa menggantinya dengan hand sanitizer. Misalnya saja pada kondisi yang tidak bisa ditinggalkan seperti rapat, sedang berada di perjalanan atau kondisi lainya. Maka dengan membawa hand sanitizer tentunya sangat praktis untuk dibawa kemana-mana.

  1. Membersihkan handphone Anda
Baca juga:  Segera Bangkit dari Kegagalan

Benda yang seringkali Anda pegang, tanpa disadari berpotensi sebagai sarang virus ataupun kuman. Maka dari itu penting untuk tidak lupa membersihkan handphone setiap hari, karena sering disentuh. Bersihkanlah handphone mengunakan tisu basah ataupun sabun. Gosok handphone untuk membunuh virus dan kuman. Jangan lupa juga untuk membersihkan di sela-selanya bisa menggunakan cotton bud.

  1. Mengganti jabat tangan dengan salam lainnya

sumber : pexels.com/ Cottonbro

Penyebaran virus corona bisa terjadi karena jabat tangan manusia satu dengan lainnya. Maka dari itu saat ini juga diberlakukan social distancing untuk menghalangi penyebaran virus. Salah satunya dengan tidak melakukan jabat tangan. Sebaiknya gantilah rutinitas jabat tangan dengan cara lainnya seperti membungkuk, menyatukan kedua telapak tangan atau melambai saja. Untuk saat ini, tentunya banyak orang akan memaklumi ketika Anda tidak menginginkan jabat tangan saat bertemu kolega. Nah itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan selama berada di tempat kerja.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This