Mengetahui perbedaan antara pebisnis dan enterpreuner

by | Apr 4, 2020 | artikel, Motivasi

sumber : pexels.com/ mentatdgt

Jaman sekarang, sudah memiliki bisnis di usia muda tentu terlihat sangat keren. Dapat membangun usaha dan penghasilan sendiri adalah hal yang sangat menyenangkan. Dalam dunia bisnis, ada seseorang yang disebut sebagai enterpreuner dan ada juga istilah pebisnis. Apakah Anda tahu apa perbedaan diantara keduanya? Enterpreuner merupakan seseorang yang punya usaha sendiri serta memiliki karyawan yang membantu dalam menjalankan bisnis tersebut. Banyak orang beranggapan bahwa pebisnis dan enterpreuner adalah sama, padahal tidak. Berikut perbedaan antara keduanya.

Menjalankan bisnis dengan passion

Seorang enterpreuner membangun usahanya karena memang menjadi passionnya. Ia benar-benar memjalankan usaha sepenuh jiwa dan meletakkan hidupnya dalam usaha yang dibangun. Berbeda dengan pebisnis yang umumnya terlibat dalam usaha yang dirintisnya semata-mata untuk keuntungan, tanpa adanya passion dalam usaha tersebut.

Harapan yang berbeda terhadap bisnis yang dirintis

sumber : pexels.com/ mentatdgt

Seorang pebisnis hanya ingin bisnis yang dijalankan berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Ada banyak pembeli sehingga keuntungannya juga berlipat ganda. Sedangkan seorang enterpreuner, ingin mengembangkan bisnis yang dimiliki hingga sebesar-besarnya tanpa batasan. Bukan hanya mengenai profit saja yang dipikirkan.

Perbedaan sikap dalam menghadapi perubahan

Perbedaan antara pebisnis dan enterpreuner juga terlihat ketika tengah menghadapi perubahan. Seorang pebisnis biasanya tak ingin berubah dari zona nyaman yang dimilikinya. Ia tak mengikuti perkembangan zaman yang ada. Sedangkan seorang enterpreuner akan terus merubah pola pikirnya, dan bergerak menyesuaikan bisnisnya dengan perkembangan zaman. Ia akan terus menciptakan inovasi-inovasi menarik agar produk yang dimiliki banyak diminati oleh kosnsumen.

Sikap yang dimiliki dalam bekerja

sumber : pexels.com/ Loe Moshkovska

Seorang pebisnis akan lebih mementingkan kepentingan lain diluar bisnis yang digelutinya, jika peluang di lyar lebih menguntungkan. Untuk bisnisnya ia akan bertindak sewajarnya saja. Berbeda dengan seorang enterpreuner yang sangat mencintai bisnis yang digelutinya, dan bahkan rela banyak berkorban untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.

Perbedaan visi ke depan antara keduanya

Umumnya pebisnis hanya fokus pada waktu sekarang dan bagaimana mendapat keuntungan yang banyak saat ini. Sedangkan seorang enterpreuner akan memikirkan bagaimana prospek ke depannya untuk bisnis yang digeluti, memperkirakan hal ke depan seperti apa untuk kelancaran bisnisnya saat ini.

Sikap terhadap kesempatan yang dimiliki

sumber : pexels.com/ startup stock photos

Perbedaan mencolok antara seorang pebisnis dan enterpreuner adalah kepuasan pada apa yang dimiliki saat ini. Jika seorang pebisnis telah merasa nyaman dengan apa yang ia punya sekarang, berbeda dengan enterpreuner ayang akan terus mengeksplorasi bisnis yang dimiliki, sebab tidak pernah merasa puas. Ia akan terus mencari kesempatan lain yang mungkin untuk mengembangkan bisnisnya.

Sikap dalam menghadapi resiko

sumber : pexels.com/ Burst

Seorang pebisnis akan benar-benar memperhitungkan segala resiko serta berhati-hati dalam berbisnis. Ia khawatir penghasilannya akan berkurang sebab resiko yang mungkin terjadi. Berbeda dengan seorang enterpreuner yang lebih berani menghadapi berbagai resiko. Untuk mengejar passionnya tersebut, ia terkadang tak peduli dengan resiko di depannya. Makanya seorang enterpreuner lebih berani berkorban baik tenaga, waktu maupun uang yang harus rela dikeluarkan. Ya tentunya resiko yang diambil, akan sepadan dengan hasil yang akan di dapat nantinya. Bukan sembarang mengambil resiko.

Nah itu tadi beberapa perbedaan yang dapat Anda pelajari antara pebisnis dan enterpreuner. Tidak ada yang salah ataupun benar antara keduanya. Jika Anda adalah seorang karyawan dan ingin mendapatkan hasil sampingan dari bisnis, maka tak ada salahnya menjadi seorang pebisnis atau beralih jadi seorang enterpreuner sejati.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This