Menghindari Kerugian Perusahaan dengan Melakukan Manajemen Resiko

by | Apr 15, 2020 | artikel, Ekonomi & Bisnis

sumber : pexels.com/ Gladson Xafier

Setiap perusahaan pasti memiliki resiko kerugian baik kecil maupun besar. Sumber penyebab resiko kerugian tersebut ada beberapa yaitu sumber fisik yang meliputi seluruh fasilitas yang dimiliki perusahaan, kondisi sosial masyarakat yang menyangkut lokasi maupun perilaku, politik atau terkait dengan kebijakan dan kekuasaan pemerintah untuk kepentingan masyarakat, hukum, ekonomi makro. Operasional atau kegiatan perusahaan serta sumber resiko kognitif yang menyangkut pada perilaku manusia.

sumber : pexels.com/ Javon Swaby

Selain sumber penyebab kerugian yang dapat dialami perusahaan itu, juga terdapat tiga bentuk kerugian yang dapat dialami :

  1. Liabilities yang merupakan kerugian yang disebabkan harus menanggung kerugian dari orang lain.
  2. Property loss adalah kerugian bersifat harta benda atau materiil. Kerugian ini terdiri dari direct loss, indirect loss dan productivity loss. Direct loss merupakan kerugian langsung yang dialami properti, misalnya perbaikan kendaraan yang kecelakaan. Kemudian inderct loss merupakan kerugian yang tidak berkaitan secara langsung dengan properti. Sedangkan productivity loss merupakan kerugian sebab kesempatan produktivitas menjadi hilang. Msalnya saja kendaraan untuk disewa rusak, sehingga tidak bisa beroperasi.
  3. Personel loss merupaka kerugian dari manusia. Ada dua yaitu direct loss dan idirect loss. Direct loss misalnya saja sakit sehingga dirawat di rumah sakit. Sedangkan indirect loss yaitu produktifitas orang yang terlibat kecelakaan atau mengalami sakit, biaya ambulan.

Melakukan manajemen risiko pada bisnis

sumber : pexels.com/ Andrea Piacquadio

Untuk menghindari adanya kerugian pada perusahaan, maka Anda perlu melakukan strategi khusus agar risiko tersebut dapat diatasi. Anda membutuhkan persiapan yang matang untuk melakukan manajemen resiko. Berikut 4 hal yang dapat Anda lakukan untuk memanajemen resiko pada bisnis.

  1. Melakukan identifikasi resiko

Lakukan id entifikasi resiko dengan melihatnya dari sisi finansial, produksi, pemasaran atau yang lainnya. Dengan melaukan identifikasi ini, tentu bermanfaat Anda bisa mengenali adanya kemungkinan resiko yang akan terjadi pada bisnis Anda. Output dari identifikasi yang Anda lakukan yaitu berupa sebuah daftar dari tiap resio yang mungkin bisa terjadi pada bisnis yang Anda jalankan.

  1. Meranking berdasarkan kerugian

sumber : pexels.com/ Pixabay

Setalah Anda mempunyai daftar resiko pada bisnis, selanjutnya lakukan analisa dan urutkan resiko tersebut berdasarkan dampak paling buruk. Fokus pada resiko yang akibatnya paling besar serta paling sering dialami pada jenis bisnis yang serupa. Anda harus mencari tahu apa dampaknya pada bisnis Anda, karyawan, lingkungan serta kelangsungan bisnis Anda.

  1. Mengontrol resiko

Ada 5 bentuk sikap yang bisa Anda ambil untuk menyikapi daftar resiko yang sudah Anda analisa, yaitu risk avoidance atau menghindari resiko, risk reduction atau mengurangi resiko, risk transfer atau memindahkan resiko serta risk retention atau menerima resiko.

  1. Melakukan monitor dan review

sumber : pexels.com/ Snapwire

Jika Anda sudah berhasil mengidentifikasi resiko serta memilih stratei yang tepat untuk diterapkan pada setiap resiko, maka kini Anda perlu mewaspadai isu yang ada. Adanya isu merupakan gejala akan datangnya suatu risiko atau krisis yang bisa melanda. Jika isu tersebut telah menjadi sebuah kenyataan, maka Anda perlu mengevaluasi apakah apa yang sudah Anda lakukan pada resiko tersebut telah berhasil sesuai dengan yang Anda rencanakan. Jika berhasil, maka Anda bisa menjadikan masalah tersebut sebagai suatu pembelajaran sehingga dapat melakukan yang lebih baik ketika menghadapi resiko tersebut kembali. Nah itu tadi beberapa cara memanajamen resiko untuk menghindari kerugian pada perusahan Anda.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This