Metode Umum Melakukan Riset Pasar

by | Jan 23, 2023 | artikel, Ekonomi & Bisnis, Marketing

Dalam dunia bisnis melakukan kegiatan riset terhadap pasar merupakan suatu keharusan. Kegaiatan ini biasanya dilakukan oleh Jasa Riset Pasar dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan masyarakat dan menemukan solsuinya. Solusi tersebut yang kemudian dijadikan ide bisnis dan dipasarkan dalam bentuk produk bisnis.

Selain itu tujuan lain dari dilakukannya riset pasar adalah mengetahu kebutuhan pasar. Apabila bisnis kamu menjual produk yang dibutuhkan masyarakat maka hal tersebut akan sangat menguntungkan bagi perusahaan.

 

Pengertian Riset Pasar

Riset pasar merupakan rangkaian kegiatan sistematis yang prosesnya bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data atau informasi terkait kebutuhan pasar. Analisis yang dilakukan harus berdasarkan data-data akurat yang telah dikumpulkan dari berbagai metode riset.

Melakukan riset pasar dapat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnis serta memperkuat posisi saat menghadapi persaingan bisnis. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari dilakukannya analisis tersebut, diantaranya :

 

  1. Mendapatkan pemahaman yang baik tentang konsumen
  2. Meminimalkan resiko kerugian pada bisnis
  3. Membantu mengidentifikasi peluang untuk pemasaran
  4. Membantu menemukan kelemahan dan kelebihan produk yang akan dipasarkan
  5. Memudahkan dalam pengembangan bisnis

 

Baca Juga : Melakukan Riset Pasar Menggunakan Jasa Riset Pasar Online

 

Metode yang Dapat Digunakan dalam Melakukan Riset Pasar

Saat melewati tahap-tahap dalam melaksanakan riset terhadap pasar, maka kamu diharuskan memilih salah satu metode riset yang tepat dan sesuai kebutuhan. Maka dari itu ketahui beberapa metode umum dari riset pasar pada penjelasan berikut.

 

1. Metode Wawancara

Metode yang pertama merupakan wawancara. Dalam metode wawancara ini kamu perlu memberikan beberapa pertanyaan terkait apa yang dibutuhkan atau menjadi permasalahan dilihat dari perspektif target pasar. Kemudia jawaban yang menjadi narasumber wawancara dapat dikumpulkan dan disebut sebagai informasi yang selanjutnya akan dianalisis kembali menjadi sebuah laporan riset.

Baca juga:  Mengapa Studi Kelayakan Adalah Langkah Kunci dalam Proyek Bisnis Anda

 

2. Metode Kuesioner

Selanjutnya adalah metode kuesioner. Metode ini dilakukan dengan cara memberikan sejumlah daftar pertanyaan dalam bentuk formulir kepada responden tertentu sesuai kebutuhan. Misalnya pengumpulan data terhadap mahasiswa di Jakarta, maka responden haruslah seorang mahasiswa yang tinggal di Jakarta. Metode ini paling banyak dipilih karena dapat dilakuakn secara efektif baik secara langsung maupun online.

 

3. Metode Survei

Metodei survei hampir memiliki kesamaan dengan kuesioner. Hanya saja dalam kuesioner respondennya harus sesuai dengan kriteria sedangkan survei memiliki responden yang bebas. Selain itu pertanyaan dalam survei juga terbilang lebih sedikit.

 

4. Metode Riset Kelompok

Metode ini dilakukan dengan mengumpulkan kelompok tertentu yang memiliki suatu kesamaan. Kesamaan ini dapat berupa seperti kesamaan minat ataupun kondisi. Kemudia dalam kelompok tersebut kamu memberikan sejumlah pertanyaan terkait apa saja yang mereka butuhkan serta yang disukai.

 

5. Metode Observasi

Metode yang terakhir adalah observasi atau pengamatan langsung terhadap suatu obyek. Pengamatan ini dilakukan untuk mengamati kondisi pasar baik dalam suatu peristiwa maupun kegiatan sehari-hari yang kemudia mencari sebab akibatnya.

 

Itulah beberapa metode melakukan riset terhadap pasar. Kegiatan ini hanya bisa dilakukan oleh seorang ahli seperti Jasa Riset Pasar. Pastikan kamu memilih jasa konsultan yang tepat.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!