Penerapan Kepemimpinan Efektif dan Reformasi Birokrasi Dalam Perusahaan

by | Jul 16, 2019 | Opini & Wawancara

Membangun bisnis dimulai dari dasar. Banyak hal yang perlu dipikirkan sebelum beranjak pada praktik berhadapan langsung dengan pelanggan. Seperti yang diketahui, dalam dunia usaha ada strategi yang mengatur dari tahap awal hingga selanjutnya. Tidak ada proses akhir, sebab para pelaku terus berusaha mengembangkan dari waktu ke waktu menembus persaingan.

Secara umum, strategi mengacu kepada tujuan tertentu dan hendak dicapai. Pada perkembangannya, istilah ini berkaitan antara visi dan sarana, hasil yang dicari dan sumber daya yang dimiliki. Kata ini sama halnya dengan taktik serta konsepsi, dilanjutkan dengan tindakan untuk mencapai goal.

Dalam dunia bisnis, strategi berkaitan dengan bagaimana menggunakan atau mengalokasikan sumber daya. Pada perusahaan ini akan dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih spesifik mulai dari rekruitmen, produksi, finance, marketing dan pengembangan. Semua elemen tersebut tidak hanya melibatkan pemimpin, tetapi juga seluruh SDM dalam perusahaan.

Menurut saya ada beberapa poin yang perlu dicatat mengenai pengelolaan sumber daya manusia dan pengembangan bisnis selama berkecimpung di bidang ini. Apa saja?

Jadikan karyawan menjadi teman

Sumber: Kyoseiconsulting.com

Semua orang tahu bila strategi bisnis adalah hal penting, namun sangat sedikit yang memikirkan tentang strategi kepemimpinan. Beberapa organisasi atau lembaga masih mempertahankan model lama, sementara zaman terus berkembang dari waktu ke waktu. Ketika memang memiliki suatu bayangan baru terhadap struktur leadership, mengapa tidak langsung diterapkan?

Strategi leadership sebenarnya merupakan penyelerasan antara kepemimpinan, tujuan dan aspirasi bisnis. Beberapa elemen yang menyangkut hal ini adalah SDM seperti apa yang dibutuhkan, keterampilan bagaimana agar memenuhi syarat perusahaan, track record masing-masing karyawan, hingga latar belakang pendidikan. Namun yang lebih penting dari itu semua yakni sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan peka terhadap perubahan.

Maka dalam hal ini, salah satu kunci keberhasilan bisnis yakni SDM yang saling berhubungan serta bersinergi satu sama lain. Antar tim harus mendukung dan mengerti apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan dari strategi. Masing-masing juga berwewenang mengemukakan pendapat, ide serta menyanggah hal-hal yang dapat merugikan usaha. Sementara tugas leader, menjadi teman terbaik, memberikan arahan, meluruskan yang semestinya serta mengawasi alur.

Rasa saling membutuhkan dan ketergantungan antara pemimpin dan karyawan menciptakan suatu kolaborasi efektif di berbagai fungsi. Situasi ini memberikan suatu pikiran kreatif dan inovatif, misalnya produk baru yang dibutuhkan atau sedang ngetren di pasaran. Pada dasarnya leader juga harus bisa menjadi teman terbaik agar tidak ada sekat antara atasan dan bawahan. Menerapkan trik kesetaraan membuat semua orang dihargai.

Penerapan strategi baru pada pengolahan SDM

Sumber: shutterstock.com

Di bawah naungan Grapadi, saya sudah menangani perihal berbagai macam bisnis dari berbagai studi bidang. Perusahaan yang berdiri sejak 26 tahun lalu itu memiliki ratusan proyek dan klien yang kesemuanya menginginkan pencapaian. Maka sebagai salah satu pemimpin di perusahaan, tugas yang seharusnya dilakukan yakni mengolah sumber daya manusia sebaik mungkin dengan menerapkan target khusus.

Terlebih dewasa ini segala sesuatu telah didukung oleh teknologi, sehingga SDM tidak hanya mereka yang berada di dalam kantor tetapi juga pekerja lepas yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Bukan tanpa alasan, menerapkan strategi ini. Sebab menurut saya cara tersebut terbilang cukup efektif, cepat dan mengurangi biaya. Hal itu tentu menjadi sebuah nilai plus bagi perusahaan, yang mana klien dapat tertangani dengan baik, namun juga tidak mengabaikan manajamen internal.

Kendati demikian kembali lagi pada prinsip bisnis auto pilot, yang mana semua harus dikerjakan dengan profesional. Meskipun karyawan baik tetap maupun lepas tersebar di berbagai daerah, namun setiap pekerjaan dilakukan oleh orang-orang yang memang ahli dibidangnya. Maka dalam hal ini yang paling penting adalah bagaimana menemukan orang-orang terpercaya dan konsisten.

Sebagai pemimpin yang bergerak di bidang konsultan bisnis, saya percaya bahwa klien adalah orang yang harus diutamakan. Mereka juga memiliki tujuan serta harapan. Untuk itu  sebisa mungkin kami membantu usaha mereka menjadi lebih baik dan terukur menggunakan alat-alat analisis yang umum digunakan. Karena mereka juga sangat istimewa, maka perusahaan juga memberikan SDM berkualitas agar semua dapat berjalan dengan semestinya. Jika demikian, bukankah kita juga akan menuai buahnya?

Membagi menjadi beberapa divisi

Sumber: lighthousegroup.co

Seperti yang telah dijelaskan di atas bila bisnis membutuhkan strategi khusus. Tidak bisa bila semuanya dilaksanakan begitu saja tanpa perencanaan yang jelas. Baik usaha kecil, menengah maupun besar sama-sama membutuhkan alur yang pasti. Oleh sebab itu, salah satu agar semuanya berjalan secara bersamaan namun efektif dan sistematis adalah membagi menjadi beberapa divisi.

Adapun beberapa tim yang umumnya ditemukan dalam perusahaan yakni rekruitmen bertugas menyeleksi calon karyawan baru yang sesuai dengan persyaratan. Kemudian tim produksi dengan segala ide dan gagasan untuk kemudian di proses dan menghasilkan produk atau layanan baru. Lantas tim marketing, memikirkan strategi pemasaran agar apa yang dihasilkan bisa sampai ke konsumen dengan baik. Juga finance memiliki wewenang dalam mengatur keuangan perusahaan, baik pengeluaran, pendapatan, keuntungan hingga aset. Kesemuanya yang terlibat dalam organisasi harus independen dan tidak boleh sedikitpun diintervensi.

Pekerjaan yang dilakukan secara bersamaan menjadikan organisasi atau bisnis berjalan sesuai dengan peran masing-masing. Di sisi lain, meski terbagi menjadi beberapa divisi, tetapi sembari menancapkan gas, maka sebuah kapal dapat berjalan kencang tanpa sedikitpun goyah.

Instropeksi kepada diri sendiri

Sumber: www.emmanuelmensahministries.com

Dalam praktiknya, terkadang kita menemukan hal-hal yang di luar ekspektasi. Menurut teori, pemimpin harus bertindak tegas terhadap karyawan. Tidak hanya sekadar memerintah, tetapi juga merangkul seluruhnya. Namun di lapangan, hal-hal yang tidak diduga bisa saja terjadi. Mengingat masing-masing orang memiliki kepribadian yang beragam, maka perlu perlakuan yang berbeda pula.

Ketika menemui sesuatu yang tidak sesuai atau berbelok dari arah yang seharusnya, tugas sebagai seorang pemimpin bukan langsung memberhentikannya. Sebab mereka juga memiliki kehidupan di luar kerja yang harus dipertanggung jawabkan. Selama ini saya dan tim tidak pernah mengusulkan pemberhentian secara sepihak. Justru sebaliknya, merekalah yang akhirnya memiliki kemauan untuk mundur.

Dalam kasus seperti ini, kita tidak bisa mencegah hal itu karena mereka memiliki hak untuk memilih. Sementara kita sudah berusahah mempertahankan dan memiliki niat memperbaiki, namun apabila sudah berkeputusan demikian, perusahaan juga harus menerima. Tidak cukup sampai di sana, kesalahan juga tidak dapat ditimpakan kepada bawahan. Pada dasarnya mereka hanya menjalankan perintah, lantas jika ada kesalahan bukankan kita sebgaai seorang pemimpin harus instropeksi juga?

Intinya, sangat penting bagi kita untuk mereformasi birokrasi. Penerapan reformasi struktural bertujuan agar lembaga-lembaga semakin sederhana dan lincah. Beberapa kunci kebehasilannya yakni kesigapan melayani dan kecepatan memberikan izin.

Oleh sebab itulah lembaga birokrasi yang tidak efisien perlu dipangkas. Bahkan apabila ada yang dirasa tidak memberikan manfaat signifikan, lebih baik dibubarkan. Saya hanya tidak ingin ada lagi pola pikir lama yang bekerja secara linier, berupa rutinitas dan monoton. Pendeknya, tidak ada lagi kerja di zona nyaman. Kita harus berubah, membangun nilai-nilai baru yang menuntut kecepatan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Reformasi birokrasi merupakan bagian dari ikhtiar dalam membangun Indonesia yang adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif. Sementara itu, ekonomi dan bisnis merupakan salah satu aspek penting untuk kemajuan negara.

 

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This