Pentingnya NPV Positif Bagi Investasi

by | Mar 24, 2020 | Ekonomi & Bisnis, Investment

sumber : pexels.com

Investasi atau menanamkan modal tidak dapat dilakukan sembarangan. Perlu memikirkan beberapa pertimbangan agar tidak mengalami kerugian. Salah satunya adalah dengan memperhatikan nilai Net PresentValue (NPV).NPV adalah perbedaan antara nilai saat ini dari arus kas masuk dengan nilai sekarang dari arus kas keluar pada sebuah periode. Karenanya NPV dapat digunakan untuk alokasi modal untuk menganalisis keuntungan dalam sebuah proyek yang akan dilaksanakan.

Nilai NPV dapat menunjukkan angka positif dan negatif. NPV positif menandakan proyeksi pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah proyek atau investasi memiliki tren positif  yakni dapat melebihi dari proyeksi biaya yang dikeluarkan. Sebaliknya NPV negatif menandakan tren kerugian. Jika NPV sama dengan nol, maka dapat diartikan investasi menghasilkan pendapatan yang sama dengan tingkat yang diminta atau seimbang sama dengan tidak untung dan tidak rugi.

Menghitung Nilai Net Present Value

sumber : pexels.com

Sebelum berinvestasi, pertimbangan nilai NPV perlu dilakukan. Konsep menilai positif dan negatif sebuah proyek untuk melihat untung dan rugi untuk menanamkan investasi.Konsep ini merupakan dasar dari hukum Net Present Value, yang mengindikasikan bahwa investasi bagus atau tidak untuk dilakukan.

Pada dasarnya, NPV menghitung kemungkinan untung rugi berdasarkan nilai uang dalam kurun waktu berjalan. Sebab seiring berjalan waktunilai intrinsik uang mengalami penurunan.

Menghitung nilai NPV dapat dilakukan dengan menjumlahkan arus kas yang masuk per tahun, hasilnya kemudian dikurangi oleh biaya investasi.Jika hasilnya positif maka nilai NPV positif artinya investasi yang bagus dan jika negatif maka nilai NPV negatif artinya investasi yang jelek.

Tentang NPV dan Kekurangannya

sumber : pexels.com

Tidak dipungkiri menentukan nilai dari sebuah proyek sangat tidak mudah. Sebab ada banyak komponen dan cara untuk mengukur nilai dari arus kas di masa depan. Seperti yang berlaku pada hukum Time Value Money (TVM), bahwa uang yang ada saat ini lebih berharga dibandingkan dengan nilai uang di masa depan dalam jumlah yang sama.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Memakai Konsultan Bisnis

TMV sangat relevan sebab uang tersebut dapat digunakan untuk menanam investasi. Dengan investasi dapat memperoleh keuntungan. Hal lain yang berpengaruh yakni karena inflasi. Uang yang dimiliki dimasa kini lebih besar nilainya dengan uang dalam jumlah yang sama di masa depan. Hal ini yang membuat digunakannya Diskonto atau Discount Rate.

Variabel diskonto merupakan salah satu elemen penting dalam menentukan nilai NPV. Metode yang umum digunakan untuk menentukan diskonto dengan menggunakan ekspektasi imbal hasil dari investasi lain yang memiliki nilai risiko sama (IRR) atau bisa pula dengan biaya dari pinjaman uang untuk melaksanakan proyek tersebut.Namun bisa saja perusahaan memiliki cara yang berbeda dalam menentukan diskonto sehingga memperoleh perhitungan berbeda pula.

sumber : pexels.com

  • Kelebihan Net Present Value

Dapat memperhitungkan nilai waktu uang.

Memperhitungkan seluruh arus kas selama umur proyek untuk pengambilan keputusan investasi.

  • Kekurangan Net Present Value

Memerlukan perhitungan yang teliti dalam menetapkan tarif kembalian dari investasi.

Nilai tunai dari arus kas bersih dalam rupiah tidak bisa digunakan sebagai acuan dalam perbandingan dua proyek dengan jumlah sama.

Dari uraian di atas dapat terlihat pentingnya NPV positif bagi investasi. Untuk mengukur seberapa sehat sebuah investasi dilakukan. NPV berfungsi mengukur nilai sekarang dari proyek yang akan dilaksanakan. Namun di luar itu semua kerap muncul biaya tidak terduga yang dapat mengubah akurasi perhitungan NPV.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This