Peran Penting Hadirnya Ekonomi Kreatif di Indonesia

by | Mar 13, 2020 | Ekonomi & Bisnis

sumber : pexels.com

Sektor ekonomi saat ini mengalami peningkatakan yang signifikan. Terlebih lagi dengan diumumkannya Revolusi Industri 4.0 yang secara jelas dinyatakan oleh Presiden Republik Indonesia yang menjabat saat ini. Sebenarnya tidak hanya pada sektor perekonomian saja yang terpengaruh dengan adanya revolusi industri tersebut. Ada banyak sektor, seperti teknologi dan informasi yang lebih berkembang dan masih banyak lagi. Adapun dampak yang jelas adalah berkembangnya tingkat kreativitas dari setiap individu untuk menunjang kehidupannya dalam menghadapi adanya revolusi industri tersebut. Misalnya saja dalam bidang ekonomi, atau yang lebih dikenal dengan istilah ekonomi kreatif.

sumber : pexels.com

Ekonomi kreatif sendiri pertama kali dikenal secara umum sejak dipublikasikannya buku  The Creative Economy: How People Make Money from Ideas karya dari penulis John Howkins. Adapun alasan Howkins menulis buku tersebut, karena melihat arus ekonomi terbaru yang ada di Amerika Serikat. Gelombang ekonomi baru ditandai oleh kegiatan ekonomi berdasarkan gagasan, ide dan kreativitas.Bagaimanapun, ada banyak interpretasi dari istilah ekonomi kreatif. John Howkins sendiri mengartikan ekonomi kreatif sebagai karakter ekonomi kreatif, yang ditandai oleh kegiatan ekonomi berdasarkan eksplorasi dan penggunaan ide-ide kreatif dengan argumen penjualan yang tinggi.

Sementara Roberta Comunian dan Abigail Gilmore mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai konsep ekonomi baru di universitas dan buku ekonomi kreatif, yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan sebagai faktor produksi utama. Umumnya, ekonomi kreatif diartikan sebagai konsep terbaru dalam sektor perekonomian yang mengutamakan kreativitas serta didukung oleh adanya informasi yang memadai. Tidak hanya itu, adanya SDM yang berkualitas juga turut andil dalam mendukung adanya ekonomi kreatif.

Karakteristik Ekonomi Kreatif di Indonesia

sumber : pexels.com

Ekonomi kreatif yang ada di Indonesia mempunyai banyak jenisnya. Berdasarkan buku yang diterbitkan Departemen Perdagangan Republik Indonesia “Pengembangan Industri Kreatif Indonesia 2025” terdapat beberapa jenis ekonomi kreatif yang bisa dilakukan, seperti periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kuliner,kerajinan tangan, design, fotografi, fashion,musik, penerbitan dan percetakan, seni pertunjukan, layanan komputer dan perangkat lunak, riset dan pengembangan, serta radio dan televisi.

sumber : pexels.com

Untuk lebih jelasnya terdapat ciri-ciri khusus dari ekonomi kreatif yang bisa Anda ketahui. Pertama, ekonomi kreatif berupa produk kreasi intelektual. Kedua, produk yang ditawarkan mudah tergantikan. Ketiga, dalam penyedian produk bisa secara langsung kepada konsumen, atau bisa melalui sektor lain yang berhubungan dengan konsumen. Keempat, pelaku ekonomi kreatif membutuhkan kerja sama antar pihak yang terkait. Kelima, produk yang dihasilkan berdasarkan gagasan dari pelaku ekonomi kreatif. Keenam, pengembangan ekonomi kreatif bisa diterapkan pada berbagai macam bidang usaha dan tidak terbatas.

Baca juga:  5 TANTANGAN BISNIS MINUMAN KEMASAN RUMAHAN

Perkembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

sumber : pexels.com

Sebenarnya,ekonomi kreatif di Indonesia sudah ada sejak lama. Ekonomi informasi dan Ekonomi industri menjadi istilah yang digunakan untuk zaman dulu. Ekonomi kreatif sudah ada pada saat pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga saat ini ekonomi kreatif masih mempunyai peran untuk perkembangan sektor perekonomian di Indonesia. Serta pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, ekonomi kreatif semakin berkembang dengan dibentuknya Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) yang mempunyai tugas untuk menaungi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. Perkembangan sektor perekonomian yang ada di Indonesia juga dipengaruhi aktivitas dari Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah mulai aktif.

Dengan keterlibatanMEA dan ekonomi kreatif pastinya dapat memberikan kesejateraan untuk warga negara Indonesia dan juga sektor perekonomian negara, seperti: Membukalapangan pekerjaan baru.Mengurangi tingkat pengangguran.Menciptakan masyarakat yang mempunyai kreativitas tinggi. Persaingan yang lebih sehat di dunia bisnis.Serta juga dapat meningkatkan berbagai inovasi pada sektor tertentu.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This