Perencanaan, Bisnis Plan, Studi Kelayakan itu Tidak Perlu, Gundulmu itu !!

by | Apr 18, 2020 | artikel, Ekonomi & Bisnis

Situasi Prekonomian dunia saat ini sedang tidak baik baik saja, imbas prekonomian sedang mengalami shock besar akibat Covid 19.  China sendiri yang merupakan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia sudah mengkomfirmasi prekonomiannya di 2020 mengalami -6.8 %.

Sementara di Indonesia sendiri juga terdampak akibat Covid 19 ini, KSSK (Komite Stabilitas Sektor Keuangan) memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini turun jadi 2,3% dan lebih buruk bisa negatif 0,4%.  Tapi apakah saya yakin dengan angka tersebut ? terus terang saya ragu menurut saya angkanya bisa lebih dari negatif 0.4 % dari situasi yang saya amati beberapa bulan ini.

Tentunya ini berat bagi pelaku usaha, saya yakin semua pelaku usaha saat ini kena imbasnya. Mulai dari karyawannya satu dua sampai jutaan. Pengusaha harus segera melakukan Perencanaan Ulang usahanya, dan melakukan efisiensi besar besaran. Sudah kita lihat PHK dan Cuti tanpa di gaji sudah terjadi dimana mana, sudah ribuan karyawan yang sudah di rumahkan. Perusahaan memang harus melakukan kebijakan yang tepat kalau tidak mau ikut tenggelam dalam pusaran badai ekonomi ini.

Okay Back To Laktop, Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah artikel yang mengatakan buat apa perencanaan, bisnis plan, studi kelayakan. Bisnis belum dijalankan kok sudah tau untung rugi, salah ! itu berarti kalah sebelum berperang. Melalui artikel ini saya bedah ya, bahwa omongan si tole itu sangat sangat tidak tepat.

  1. Perencanaan, Studi Kelayakan, Bisnis plan ibarat sebuah peta, ketika memasuki daerah yang sama sekali kita tidak tau. Bayangkan GPS Google enak bukan memakainya ? ya jika kita bisa dan memanfaatkan GPS akan sangat mudah bukan kemana mana ? Begitulah perencanaan, Studi Kelayakan, Bisnis Plan, bayangkan sebelum ada GPS mau kemana mana susah kan ? tapi kalau kita tidak bisa menggunakan itu semua dengan baik ya penelitian itu tidak akan terpakai.
  2. Dengan membuat itu semua kita jadi tau ringtangan dan resiko apa di depan, misal kerugian itu bisa di proyeksikan di awal. Sebab perencanaan berasal dari historical data yang kemudian di proyeksikan. Simple bukan ?
  3. Perencanaan juga bisa kita gunakan untuk memprediksi kebutuhan manusia, kebutuhan pasar, kebutuhan keuangan yang akan di gunakan di projects. Sehingga ketika kita maju ke medan perang kita sudah tau cara nembak yang benar. itulah lebih kurang mengapa kita harus melakukan pemetaan, baik Internal maupun external.
Baca juga:  Tren Bisnis Food Truck Kian Menjamur

Misalnya saja begini, kita ingin membuka usaha ojek online dengan begitu yakinnya. Kalah menangkah kita ?

Pertama kita harus tau, berapa kekuatan ekonomi yang dimiliki, karena pesaingnya sudah memiliki valuasi bisnis bernilai Triliun. Paling tidak jika kita mau memasuki dengan industri yang sama maka kita harus memiliki nilai valuasi bisnis di atas pesaing pesaing untuk menang di pasar.

sumber : eannovate.com

Contoh Kedua Tokoh Politik, dengan elaktabilitas dan popularitas yang rendah jauh ketimbang pesaing. Kita harus menyiapkan anggaran untuk mengimbangi elaktabilitas dengan cara mobilitas. Simpel kan..Itu semua bisa di hitung anggarannya dengan tepat. Berapa dana yang dibutuhkan untuk menaikan elaktabilitas, jangan lupakan 4W 1 H… ini sangat tepat, jangan sampai salah sasarn nanti anggarannya menguap dan strategynya gak tepat.

Ingatlah tidak ada ahli strategy yang ada data yang baik menghasilkan strategy yang jitu, dan bagaimana kalau strategynya tidak sesuai keinginan kita? bos bos… strategy itu harus sesuai keinginan pasar.

 

Akhir tulisan saya ingin mengutip quotes Michael Poter pakar manajemen dan Profesor dari Harvard Business School dan juga pemilik Mark Kramer Foundation Strategy Group,

” Inti dari Strategy ialah memilih apa yang tidak boleh dilakukan.”

artikel ini juga sudah terbit di www.grapadinews.co.id

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This