Seputar tentang Ekonomi Bisnis

by | Apr 5, 2021 | Ekonomi & Bisnis

Seputar Tentang Ekonomi Bisnis

Image : Pixabay

 

Menurut Griffin dan Ebert (2007) bisnis adalah suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan laba.

Sedangkan menurut M. Manullang, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi tercapainya kemakmuran.

 

 

Pengertian Ekonomi Bisnis

 

Ekonomi bisnis adalah suatu bidang terapan yang menggunakan teori ekonomi dan kuantitatif untuk menganalisa suatu usaha atau bisnis.

Selain itu, ekonomi bisnis juga faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keanekaragaman, struktur organisasional, hubungan perusahaan dengan pasar tenaga kerja, modal, dan juga produk.

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba.

 

 

Hubungan antara Ekonomi dan Bisnis

 

Sistem ekonomi dan bisnis saling mempengaruhi satu sama lain. Semisal pada sebuah negara memiliki landasan ekonomi bagus, maka hal ini juga akan membuka jalannya bisnis di dalamnya untuk berkembang dengan baik.

Selain itu, apabila bisnis yang berkembang dengan baik, maka investasi dan keuangan pun akan maju dan memperkuat ekonomi suatu negara.

Semakin tinggi ekonomi negara, maka pendapatan masyarakatnya juga akan ikut meningkat. Dengan meningkatnya pendapatan atau ekonomi mesyarakat, kualitas daya jual beli juga akan meningkat.

Oleh sebab itu, bisnis dan ekonomi menjadi salah satu solusi yang mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Semakin banyak bisnis dijalankan maka akan semakin banyak lapangan kerja akan terbuka.

 

Baca Juga : Seputar Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis

 

Ruang Lingkup Ekonomi Bisnis

 

Ruang lingkup ekonomi bisnis mencakup dua bidang, diantaranya :

 

1. Ruang Lingkup Internal

Masalah yang akan dihadapi oleh manajer perusahaan bisnis adalah masalah internal atau mencangkup tentang operasional. Masalah-masalah tersebut terkait dengan ekonomi bisnis, seperti apa saja yang harus dihasilkan dalam bisnis, bagaimana caranya, berapa harga yang dibutuhkan, bagaimana cara menjual, serta bagaimana keuangan dikelola.

Baca juga:  Perencanaan, Bisnis Plan, Studi Kelayakan itu Tidak Perlu, Gundulmu itu !!

 

2. Ruang Lingkup Eksternal

Masalah ini terkait dengan ruang lingkup pada lingkungan bisnis umum di mana letak bisnis tersebut beroperasi. Masalah tersebut mencakup kondisi yang berlaku di pasar tenaga kerja dan modal, kebijakan pemerintah, industri, koperasi, dan sebagainya.

 

 

Teori Ekonomi Bisnis Internasional

 

1. Teori Merkantilisme

Teori merkantilisme merupakan teori ekonomi yang berkembang pada abad 15 sampai abad 18, dipelopori oleh kaum merkantilisme. Kaum merkantilisme berpandangan bahwa politik suatu negara akan melebihi politik kemakmuran perseorangan.

Sebuah negara yang layak disebut sebagai negara makmur apabila negara tersebut dapat bergantung pada sumber dayanya sendiri. Sementara itu, negara tersebut juga harus tetap berusaha meningkatkan kemakmuran.

 

 

2. Teori Keunggulan Mutlak (Absolute Advantage)

Teori keunggulan mutlak merupakan teori yang dikemukakan oleh Adam Smith. Menurutnya suatu negara dapat disebut memiliki keunggulan mutlak di negara lain jika negara tersebut memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain.

Selain itu, teori ini juga akan membuat suatu negara lebih untung besar karena negara tersebut akan fokus memproduksi suatu jenis barang dengan jumlah banyak dan kualitas yang lebih bagus.

 

 

3. Teori Keunggulan Komparatif

Teori ini menyatakan bahwa barang yang memiliki nilai kegunaan pastilah memiliki nilai penukaran. Teori ini dicetuskan oleh David Richardo. Melalui teori ini penukaran dapat berlaku selama barang yang ditukar masih memiliki kegunaan.

 

 

4. Teori Fakta Endowment

Teori ini dicetuskan oleh Heckscher Ohlin yang mengacu pada perbedaan internasional dan interregional yang berkaitan dengan biaya produksi.

Suatu negara memiliki perbedaan relatif faktor produksi dan komoditas yang berbeda dan memerlukan input yang berbeda pula untuk digunakan dalam proses produksi suatu negara.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This