Stop Membandingkan Diri dengan Orang Lain

by | Mar 13, 2020 | Motivasi

sumber : pexels.com

Perlu Anda ketahui kalau membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan membuat Anda kehilangan kebahagian dalam hidup yang sudah Anda jalani. Ketika Anda iri pada orang lain, ketika Anda menginginkan apa yang dimiliki orang lain dan apa yang tidak mereka miliki, perasaan sedih dan pahit muncul. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain seperti menyakiti diri sendiri. Anda juga dapat mengatakan bahwa ini adalah perang tanpa akhir dan Anda tidak bisa menang. Jadi berhentilah membandingkan diri Anda dengan orang lain. Itu wajar dan diizinkan untuk melihat orang lain sebagai inspirasi, panutan, motivasi, dan sebagainya. Tetapi jangan pernah membandingkan hidup Anda dengan mereka karena Anda tidak akan pernah merasa tenang dan akan menang. Setiap orang memiliki latar belakang dan kisah hidup yang berbeda. Bahkan, semua orang dalam hidup diuji dengan tes yang berbeda. Jadi berhentilah membandingkan masalah Anda dengan masalah orang lain karena Anda tidak akan pernah bertemu.

sumber : pexels.com

Pada akhirnya, yang harus Anda lakukan adalah fokus untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri. Jangan lupa untuk berterima kasih atas semua keadaan yang terjadi pada Anda. Setiap detik yang Anda habiskan untuk memikirkan apa yang dimiliki orang lain sama dengan detik yang Anda habiskan untuk menciptakan sesuatu untuk diri sendiri. Setiap detik yang membuat iri orang lain adalah seperti detik yang Anda habiskan untuk menjalani hidup Anda sendiri. Ukir kisah hidup Anda sendiri dan cintai proses menghidupi diri Anda sendiri dalam keadaan apa pun adalah hal terbaik dan paling berani yang saat ini dapat Anda lakukan. Apa pun kelemahan Anda, betapapun buruknya situasi Anda, kemauan dan keberanian untuk maju dan maju adalah hal terpenting dalam hidup Anda.

Baca juga:  Masih Bekerja dari Kantor? Berikut Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan saat Pandemi Corona

Cara Mudah untuk Berhenti Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

sumber : pexels.com

Membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain ada kalanya memang bertujuan baik. Seperti halnya untuk memotivasi diri untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Akan setapi hal tersebut sangat jarang sekali, dampak yang paling umum dengan membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah iri atas pencapian orang lain, dan sejenisnya. Dan hal tersebutlah yang nantinya akan membuat hidup Anda akan terus dipenuhi rasa gelisah ketika melihat kehidupan orang lain. Oleh sebab itu Anda perlu berhenti untuk membandingkan diri dengan orang lain melalui cara-cara berikut ini.

  1. Gunakan media Sosial dengan bijak

Media sosial sering kali diguanakan untuk ajang saling memamerkan kekayaan. Padahal, jika melihat fungsi yang sebenarnya dari media sosial itu untuk menjalin hubungan dengan orang yang sulit untuk Anda jangkau dalam kehidupan sehari-hari. Dengan alih fungsi tersebut, tidak jarang orang saling membandingkan dengan orang lainnya. Jika Anda sudah mulai melihat sosial media seperti itu, ada baiknya Anda mulai mengurangi aktivitas sosial media Anda.

  1. Fokus pada proses

sumber : pexels.com

Ketika melihat kesuksesan orang lain, mungkin Anda akan merasa iri atas segala kemewahan yang dilakukan oleh orang sukses tersebut. Akan tetapi perlu Anda ketahui kalau orang sukses itu, tidak datang begitu saja, ada proses panjang yang pernah dilewatinya. Daripada Anda capek karena sifat iri, lebih baik Anda melihat proses yang pernah dilakukan, untuk digunakan sebagai referensi di kehidupan Anda.

  1. Pahami diri sendiri

Dengan lebih memahami diri Anda sendiri, Anda dapat melihat kemampuan Anda sendiri. Sehingga rasa untuk iri terhadap prestasi orang lain akan menghilang.

  1. Selalu bersyukur

sumber : pexels.com

Dan yang terakhir adalah selalu bersyukur dengan apa yang Tuhan berikan untuk Anda. Dengan begitu Anda tidak akan pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Baca juga:  Menjaga Motivasi Kerja Ketika Perusahaan Sedang Mengalami Krisis

Jadi, Berhentilah untuk membandingkan kehidupan Anda dengan kehidupan orang lain agar hidup yang Anda jalani akan lebih menyenangkan. Karena, pada dasarnya Tuhan menciptakan makhluknya memang mempunyai peran dan tugas masing-masing, dan tidak ada kemiripan antar makhluk lainnya.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This