Tidak Bisa Work From Home, 5 Pekerjaan yang Beresiko Covid 19

by | Apr 7, 2020 | artikel

sumber : pexels.com/ skitterphoto

Virus corona  telah menjadi topik terpanas sejak dua minggu terakhir bulan Januari 2020. Virus ini tiba-tiba menjadi momok yang menakutkan bagi dunia internasional, terutama setelah merenggut ratusan nyawa hanya dalam dua minggu. Virus corona yang saat ini sedang mewabah secara internasional sekarang secara medis disebut sebagai 2019 New Coronavirus (2019-nCoV).Menurut cdc.gov, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, virus corona adalah virus yang telah diidentifikasi dengan gejala sesak pada saluran pernapasan dan lain-lainserta pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina. Lebih tepatnya, ini adalah pasar hewan dan makanan laut yang berlokasi di Kota Wuhan, Cina.Hingga saat ini, wabah virus corona telah menjangkiti beberapa negara di dunia. Juga termasuk Indonesia.

Maraknya penyebaran virus corona (Covid-19) memang telah menjadi momok mengerikan di dunia kesehatan. Padahal, virus ini tidak terlalu berbahaya dan masih bisa disembuhkan. Karena pada dasarnya virus corona tidak menyerang antibodi. Dengan cara ini, sistem kekebalan tubuh masih bisa membunuh virus covid-19 dan menghasilkan zat yang bisa membuat tubuh kebal terhadap penyebaran virus corona. Meski tidak terlalu berbahaya, masalahnya adalah proses penyebarannya  sangat mudah. Karena itu, orang sangat mudah terinfeksi virus corona.

sumber: pexels.com/ cottonbro

Di Indonesia sendiri, hal itu juga dikejutkan oleh berita tentang penduduk Indonesia yang terinfeksi oleh virus corona, dan tidak terbatas pada hal ini. Ada juga korban yang meninggal dalam berita terbaru. Sekalipun penyebabnya masih diragukan, itu antara terinfeksi oleh virus corona atau karena perawatan medis yang tidak mencukupi. Ini memiliki dampak negatif pada pasien yang saat ini terinfeksi virus corona. Bagaimanapun. Pemerintah telah mencoba yang terbaik untuk menangani situasi ini untuk menghindari penyebaran virus corona. Dengan memberikan himbauan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, ini tidak terlalu penting. Bahkan, beberapa universitas juga meminta orang untuk mengadakan kuliah online.

Baca juga:   Jasa Studi Kelayakan: Bagaimanakah Cara Melakukan Studi Kelayakan?

Selain adanya himbauan dan kebijakan dari pemerintah untuk melakukan aktivitas dirumah saja. Beberapa perusahaan juga menganjurkan pekerjanya untuk bekerja melalui rumah atau istilah umumnya WFH (Work From Home) dengan tujuan untuk memuttus rantai penyebaran virus corona atau covid-19 agar tidak semakin parah. Akan tetapi tidak semua pekerja dapat melakukan WFH sebab jenis pekerjaannya memang dituntut untuk bekerja diluar rumah, sehingga resiko terkena virus covid-19 juga semakin besar. Berikut ini 5 pekerjaan yang beresiko terkena virus covid-19.

Tenaga Medis

sumber: pexels.com/ cottonbro

Pekerjaan yang paling mungkin terinfeksi oleh virus covid-19 adalah tenaga medis, termasuk dokter, perawat dan personel lain yang bekerja di rumah sakit. Tenaga medis setiap harinya harus menghadapi paparan virus covid-19dari pasien yang terinfeksi. Selain itu, mereka diharuskan bekerja siang dan malam untuk merawat semua yang pasien yang terindikasi terinfeksi virus covid-19. Jika sistem kekebalan tubuh melemah, risiko terinfeksi oleh virus covid-19 akan jauh lebih besar daripada yang lain. Menurut data Insider, bahkan ada lebih dari 3.000 tenaga medis di China yang terinfeksi virus covid-19.

Petugas Keamanan Negara

Selain tenaga medis, orang yang bekerja sebagai petugas keamanan negara. Seperti halnya polisi, tentara, pemadam kebakaran dan semacamnya juga merupakan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan dirumah. Walaupun tidak langsung berhubungan dengan pasien yang terinveksi virus covid-19. Petugas keamanan juga paling beresiko terinveksi virus covid-19.

Pekerja Layanan atau Jasa

sumber: pexels.com/ cottonbro

Personel layanan adalah orang yang harus selalu bertemu dengan pelanggan setiap hari. Misalnya, staf penjualan, pelayan, kurir, pekerja salon, sales, dll. Menurut informasi dari O*NET Online, mereka harus memberikan layanan kepada semua pelanggan setiap hari, sumber pelanggan ini tidak diketahui, apakah mereka sehat atau tidak. Saat berinteraksi dengan orang-orang ini, virus dapat menyebar melalui percikan cairan tubuh. Misalnya saat berbicara, batuk dan bersin.Di sisi lain, pekerja layanan harus tampil prima di depan pelanggan. Dengan kata lain, mereka tidak dapat melindungi diri dengan masker atau sarung tangan. Inilah sebabnya mereka harus selalu mencuci tangan dan membersihkan diri setelah berinteraksi dengan orang lain.

Baca juga:  Cara Merestrukturisasi Perusahaan Dimasa Krisis

Jurnalis

Jurnalis adalah sebuah profesi dan mengharuskan seseorang selalu mencari berita di lapangan. Mereka harus berinteraksi dengan banyak orang, termasuk jurnalis lain, konsultan dan pejabat publik. Jurnalis juga sering berpartisipasi dalam banyak seminar, talkshow, dan demonstrasi untuk mencari berita. Bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang meningkatkan risiko penularan virus covid-19. Inilah sebabnya mengapa jurnalis juga menghadapi risiko infeksi yang tinggi.

Petugas Transportasi Umum

sumber: pexels.com/ Markus spiske

Salah satu lokasi penularan virus covid-19 yang paling mungkin pada transportasi umum, seperti kereta api dan bus. Ada banyak orang yang menggunakannya, dan Anda tidak tahu apakah mereka sudah menyeterilkandari virus covid-19 apa belum. Jika Anda salah satu pengguna, Anda tentu akan khawatir untuk menggunakan transportasi umum tersebut.Tapi bisakah Anda bayangkan resiko penyebaran virus covid-19 ke para petugas transportasi umu tersebut.memang Anda hanya menggunakan bus atau kereta api selama beberapa jam saja, tetapi mereka ada di sana sepanjang hari, menyaksikan ribuan orang lewat. Karena itu, tidak mengherankan jika petugas transportasi umum harus menghadapi risiko tinggi terhadap penularan virus covid-19.

Tidak hanya kelima jenis pekerjaan tersebut saja yang mempunyai resiko tinggi terinveksi virus covid-19 . Namun banyaknya aktivitas diluar yang bersinggungan dengan banyak orang lah yang mempunyai resiko paling besar. Oleh sebab itu, selama pekerjaan Anda bisa dikerjakan dirumah, lebih baik tetap dirumah saja.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This