Tips Pilih Rapid Test COVID-19 yang Cepat dan Qualified

by | Jun 29, 2020 | Opini & Wawancara

rapid test

Rapid test merupakan sebuah metode skrining cepat yang dapat digunakan sebagai deteksi awal adanya antibodi IgM dan IgG yang diproduksi tubuh sebagai bentuk perlawanan terhadap virus corona. Sebagai salah satu langkah antisipasi untuk memulai era new normal, beberapa protokol baru mulai dipersiapkan untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah dengan mewajibkan masyarakat melakukan rapid test atau skrining cepat untuk mendeteksi virus corona dalam tubuh sebelum bepergian ke luar kota. Agar Anda mendapatkan skrining cepat yang memenuhi syarat, berikut ini adalah tips dan kriteria untuk memilih test cepat yang memiliki hasil terpercaya.

Terstandar Secara Internasional

Dalam memilih alat untuk melakukan test, lihat terlebih dahulu apakah alat tersebut telah terstandar secara internasional. Alat yang memenuhi kriteria standar internasional untuk melakukan skrining cepat tentu telah mendapatkan sertifikasi yang menerangkan bahwa alat tersebut telah memenuhi kriteria dasar untuk kelayakan test cepat COVID-19. Saat ini banyak alat skrining yang beredar di pasaran. Dalam memilihnya, Anda wajib melihat beberapa spesifikasi dasar dari peralatan tersebut.

Seperti yang tersedia pada website dan aplikasi kesehatan Halodoc, dimana ada banyak jenis alat test cepat yang bisa Anda pilih. Dari situs tersebut, seluruh alat yang tersedia telah lolos uji standar kelayakan untuk melakukan pemeriksaan antibodi yang berguna untuk deteksi COVID-19 pada tubuh Anda. Indikatornya pun mudah untuk dipahami. Pada dasarnya semua alat memiliki bentuk yang hampir sama. Hanya saja, tingkat sensitivitasnya untuk mendeteksi antibodi IgM dan IgG memang berbeda-beda. Pilihlah alat yang telah mendapatkan sertifikasi secara internasional.

Baca juga: Parno Karena Berita Corona Semakin Kencang, Begini Cara Mengatasinya

Keterangan C, IgM, dan IgG

Pada setiap alat test cepat, terdapat3 indikator yang dapat dilihat. Indikator yang pertama adalah “C”, indikator ini akan menunjukkan apakah alat pernah digunakan atau belum. Selain itu, bila alat rapid test tidak bisa memunculkan tanda ketika alat digunakan, maka bisa jadi bahwa alat tersebut rusak atau tidak berfungsi. Sedangkan indikator IgM dan IgG merupakan indikator antibodi yang menunjukan apakah tubuh sedang melawan virus corona atau tidak.

Bila Anda melakukan test dan hasil yang muncul hanya pada indikator “C” saja, maka hal itu berarti Anda negatif COVID-19. Namun bila indikator IgG dan IgM juga menunjukkan tanda merah, hal ini bisa diartikan antibodi dalam tubuh Anda sedang melawan virus corona, atau Anda positif COVID-19. Namun, hasil dari test cepat ini belum bisa dijadikan sebagai acuan untuk menentukan bahwa Anda benar-benar positif COVID-19. Bila hasil test cepat menunjukan adanya antibodi IgG dan IgM, Anda masih harus melakukan prosedur lain yaitu melakukan test swab atau test Polymerase Chain Reaction (PCR) yang akan menunjukkan hasil yang lebih optimal.

Terdapat Peralatan Rapid Test yang Lengkap

Saat Anda memilih sebuah alat untuk melakukan skrining, pastikan Anda melihat terlebih dahulu peralatan apa saja yang telah tersedia di dalam paket tersebut. Paket yang bagus tentu  menyediakan peralatan yang lengkap seperti alat untuk mengambil darah, test pack untuk melakukan pemeriksaan, dan alkohol swab untuk membersihkan jari sebelum melakukan test.Peralatan tersebut menjadi alat dasar yang harus terdapat pada paket test skrining. Selain beberapa peralatan tersebut, tersedia juga plaster kecill untuk membalut jari setelah dilakukan pengambilan darah.

Dalam memilih alat untuk melakukan skrining, sebaiknya Anda selalu membeli dari supplier terpercaya seperti Halodoc. Selain itu, pastikan alat yang dipilih telah tersertifikasi secara internasional. Hasil test yang diperoleh dari alat rapid test yang telah tersertifikasi dapat dijadikan sebagai acuan untuk melihat apakah Anda positif atau negatif COVID-19.

Baca juga: Analisis Kebutuhan Rumah Sakit di Tengah Pandemi COVID-19

Baca juga:  Cara Memvalidasi Data Responden

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This