5 Hal yang bisa Anda Pelajari dari Situasi Sulit yang Terjadi

by | Apr 3, 2020 | Motivasi

sumber : pexels.com/ Andrea Piacquadio

Setiap orang tentu saja ingin hidupnya selalu merasa tenang dan damai. Namun tentu saja hal itu mustahil, sebab masing-masing orang pasti memiliki masa sulitnya sendiri. Tidak ada satu orang pun yang dapat terhindar dari hal tersebut. Salah satu masa sulit yang sepertinya banyak dialami oleh banyak orang  misalnya saja seperti saat ini, dimana wabah pandemi sedang membuat banyak orang khawatir dan tetap berada di dalam rumah. Dampak yang  ditimbulkan tidak hanya pada kesehatan tetapi juga ekonomi dan lainnya. Tak sedikit orang kehilangan pekerjaan karena pengurangan karyawan dari perusahaannya atau bahkan mengalami gulung tikar pada bisnisnya sebab daya beli konsumen rendah.

Situasi sulit seperti saat ini tentu tak ada yang menyukainya. Tetapi Anda harus belajar untuk tetap bisa menghadapinya sebab masa sulit di situasi apapun pasti akan terjadi. Jangan takut untuk melewatinya, sebab pasti akan ada banyak hal yang dapat Anda pelajari dari situasi sulit tersebut.

Beberapa hal yang bisa Anda pelajari dari masa sulit

  1. Belajar arti tanggung jawab

sumber : pexels.com/ Andrea Piacquadio

Ketika Anda terpaksa berada dalam sebuah situasi sulit, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah belajar menerima dan menghadapinya. Bertanggung jawab tetap menjalankan kewajiban dalam situasi sulit memang bukanlah hal mudah. Tak banyak orang yang dapat melakukannya. Jangan membuang banyak waktu Anda dengan terus menggerutu dan mengutuki nasib. Angkatlah dagu dan hadapi semua situasi sulit dengan lapang dada. Maka Anda akan tumbuh jadi manusia yang lebih bertangung jawab dalam hidup.

  1. Menyadari bahwa diri Anda lebih hebat dari yang Anda duga sebelumnya

Jika biasanya Anda merasa tidak sanggup menghadapi sesuatu, maka setelah melewati sebuah situasi sulit Anda akan merasa heran dengan diri sendiri. Sebab rupanya, Anda mampu melewati segala kesulitan tersebut. Tak banyak orang mau menghadapi situasi sulitnya, sehingga sepanjang hidupnya masih terkurung di dalam masa-masa sulit tersebut. Maka Anda yang mau bangkit menghadapinya, akan menemukan jalan dan setingkat lebih tinggi dari diri Anda sebelumnya.

  1. Lebih pandai bersyukur pada hal-hal kecil

sumber : pexels.com/ Andrea Piacquadio

Setiap manusia yang pernah berada di titik terendah di dalam hidupnya, akan menjadi sosok manusia yang lebih mudah menghargai apa yang ia miliki. Sebab menyadari bahwa sebenarnya ada banyak hal yang sepantasnya bisa disyukuri. Baik orang-orang yang masih ada memberikan support di masa sulit, barang berharga yang masih Anda miliki atau lainnya. Dengan mampu melewati masa sulit tersebut, Anda jadi lebih mampu memaknai hidup ini dari hal sederhana sekalipun.

  1. Menjadi manusia yang lebih rendah hati

sumber : pexels.com/ Kat Jayne

Siapapun senang berada dekat dengan seseorang yang bersifat rendah hati. Seseorang yang rendah hati tak jarang terbentuk dari pengalaman hidupnya yang mungkin saja pernah melewati masa sulit. Sebab Anda yang pernah melewati masa sulit, jadi lebih mudah untuk instropeksi diri. Sehingga sifat-sifat buruk yang Anda miliki kakan terkikis seiring waktu berjalan.

  1. Mengetahui orang-orang yang benar tulus di hidup Anda

sumber : pexels.com/ Just Name

Percaya atau tidak, dengan berada di situasi sulit, Anda akan mengetahui orang-orang yang tulus berada di dekat Anda. Terutama dalam hubungan pertemanan. Orang-orang yang tulus berteman tanpa pamrih, akan tetap memberikan Anda dukungan meski berada di situasi sulit sekalipun. Berbeda dengan teman yang membiarkanmu berjuang sendirian saat di situasi yang sulit.

Baca juga:  Mengatasi kekhawatiran di tengah krisis ekonomi akibat Virus corona

Nah itu tadi beberapa hal yang dapat Anda petik hikmahnya dari kondisi sulit yang mungkin saat ini sedang Anda jalani. Tetaplah bersabar dan terus berusaha bangkit.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This