Berkorban di Jalan Allah Melalui Cinta

by | Aug 11, 2020 | Khazanah

Berkorban di jalan Allah

Berkorban di jalan Allah bisa dilakukan melalui banyak cara. Salah satunya adalah dengan melalui cinta. Karena keberadaan cinta akan membuat diri mau bertindak dan melakukan suatu hal yang sebelumnya tidak disukai menjadi disukai karena cinta tersebut.

Hal ini dapat dilihat dari tingkah laku orang yang kasmaran, dimana salah satu pasangan awalnya tidak suka melakukan sesuatu semisal main game, namun karena pasangannya menyukai hal tersebut ia kemudian terbuka dan mencoba memainkan game yang sama dengan pasangannya.

Hal yang sama juga bisa dikaitkan dengan kecintaan kepada Allah. Manusia yang awalnya sulit melaksanakan perintah Allah, namun dikarenakan kecintaan kepada Allah ataupun Rasul membuat manusia mau melakukan berbagai perintah dan menghindari setiap larangan yang ada. Walaupun melakukan hal ini tidak mudah dan perlu perjuangan berat dalam melakukannya.

Hal ini diutarakan oleh Ibnu Qayyim Al-Jauzi di dalam kitabnya yang berjudul Raudhah Al-Muhibbin yang isinya adalah “salah satu pengorbanan cinta adalah berusaha untuk menyukai berbagai hal yang disukai oleh pasangannya yang dimana ia sendiri tidak menyukainya”.

Contoh ini bisa dilihat dari seorang hamba yang sangat mencintai Allah SWT. Karena kecintaannya ia berusaha untuk menjauhkan diri dari maksiat, walaupun ia merasa sangat kesulitan untuk melakukannya. Walaupun demikian, karena cinta tersebut ia akhirnya berhasil menghindari maksiat dan justru melakukan berbagai kebaikan.

Bentuk Berkorban di Jalan Allah

Berkorban di jalan Allah bisa dilakukan dengan berbagai cara baik itu belajar, bekerja, menjadi orangtua yang baik dan lainnya. Namun, salah satu bentuk pengorbanan kepada Allah yang paling mudah dilakukan dan dipahami adalah dengan mengorbankan harta di jalan Allah. Caranya juga beragam sehingga Anda dapat melakukannya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Adapun cara bentuk pengorbanan tersebut antara lain:

Baca juga:  Beri Minum Seekor Anjing, Ketulusan Seorang Pezina Membuahkan Surga

Sedekah

Sedekah merupakan amalan yang paling mudah dilakukan karena bentuknya sangat luas dan tidak terbatas pada harta semata. Pada umumnya orang bersedekah dengan menggunakan harta benda. Namun, sedekah sebenarnya tidak sebatas hal tersebut, karena Anda bisa bersedekah hanya dengan senyuman, bantuan psikis ataupun lainnya. Oleh karena itu, bentuk berkorban di jalan Allah yang bisa dilakukan oleh semua umat adalah dengan bersedekah.

Infak

Bentuk berkorban di jalan Allah lainnya adalah dengan berinfak. Pengorbanan ini terbatas pada penggunaan harta dan memberikannya kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Namun, tidak ada batasan berapa banyak infak yang harus diberikan. Hal ini bergantung kepada keikhlasan masing-masing serta kemampuan dalam berinfak.

Zakat

Zakat sebenarnya merupakan kewajiban bagi umat muslim dan menyisihkan sedikit hartanya di jalan Allah. Akan tetapi, zakat memiliki hukum yang wajib terutama zakat fitrah. Oleh karena itu, zakat merupakan salah satu bentuk berkorban di jalan Allah yang pasti dilakukan oleh semua umat muslim. Karena dengan zakat, harta yang ada menjadi suci, kebutuhan umat muslim lainnya yang tidak mampu terpenuhi sehingga menumbuhkan kecintaan kepada sesama dan kepada Sang Khalik.

Wakaf

Bentuk berkorban di jalan Allah lainnya adalah melalui wakaf. Wakaf ini sangat baik dilakukan oleh umat muslim karena Anda tidak hanya berkorban tetapi juga menabung untuk akhirat. Karena wakaf memungkinkan Anda untuk memperoleh pahala yang terus mengalir asalkan harta tersebut digunakan oleh orang banyak.

Berkorban di jalan Allah dapat dilakukan dalam berbagai hal dan salah satunya adalah berkorban harta. Namun, pengorbanan Anda melalui harta ini haruslah didasari pada cinta kepada Sang Pencipta. Karena, dengan berlandaskan cinta kepada Allah maka amal kebaikan dan pengorbanan yang dilakukan akan lebih mudah diterima sehingga membuahkan cinta yang lebih besar kepada Allah SWT.

Baca juga:  Takabur dan Sombong Mengatakan Kami Tidak Takut Virus !

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This