Bersihkan Hati dengan Dzikir dan Thariqah

by | Dec 19, 2019 | Khazanah

Dzikir dan berthariqat menjadi jalan utama dalam mengingat Allah SWT. Dua hal ini mempunyai persamaan dan perbedaan, namun keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara membersihkan hati. Kebersihan hati disini bermaksud untuk membersihkan hati dari segala hal selain Allah SWT.

Melakukan dzikir dan berthariqat menjadi jalan yang sangat efektif untuk memberikan ketengan pada hati. Karena setiap orang yang mendekatkan diri dan mengenal Allah SWT selalu memahami bahwa segala macam persoalan yang dihadapinya merupakan kehendak Allah SWT. Jika dipahami lebih dalam akan membawa pada rasa syukur karena nikmat Allah SWT yang tidak pernah habis tercurahkan kepada umat-Nya.

Membersihkan Hati Melalui Dzikir

sumber : nahimunkar.org

Dzikir merupakan sebuah bentuk kegiatan dalam mengingat Allah dengan menyebut nama-nama Allah SWT. Setiap orang bisa melakukan dzikir ini kapan saja dan dimana saja. Namun ada beberapa hal yang harus dipahami dalam berdzikir kepada Allah SWT.

Dzikir berarti mengingat Allah SWT tidak hanya mengingat nama-nama yang agung saja. Melainkan juga memahami semua sifat Allah SWT. Dimana Allah adalah Tuhan yang Esa, tiada satupun yang menandingiNya. Tiada makhlukpun yang bisa menyamainya. Segala apa yang ada dalam pikiran kita tentunya berbeda dengan kesejatian Allah SWT, karena pikiran kita juga merupakan ciptaan Allah.

sumber : republika.co.id

Mentauhidkan Allah dengan berdzikir merupakan dzikir yang paling utama. Allah telah mengajarkan kita sebuah kalimat tauhid, yang menjadi syarat utama orang dikatakan beriman. Yaitu kalimat syahadat yang menyatakan dengan kesungguhan hati bahwa tidak ada tuhan selain Allah SWT.

Dalam berdzikir kita juga harus mengenal sifat-sifat Allah lainnya, seperti Allah maha pemberi. Semua yang ada di dunia ini adalah milikNya, dan harus kita syukuri setiap hal yang kita dengar, lihat, rasa, dan sebagainya. Rasa syukur akan semua hal yang ada di dunia ini harus terus menerus kita lakukan dengan berbagai macam kegiatan yang berdasarkan pada beribadah kepada Allah SWT.

sumber : hujjahnu.com

Dengan melakukan dzikir seperti ini, Anda akan merasakan bahwa semua yang kita butuhkan hanya ada pada Allah SWT. Tidak ada lain yang bisa memberikan nikmat selain Allah SWT. Anda juga bisa melafalkan berbagai macam dzikir lainnya, dengan cara yang diajarkan oleh rosulullah Muhammad SAW.

Baca juga:  Kumpulan Doa Agar Terlindung Dari Wabah

Dzikir yang diajarkan oleh rosulullah yang paling banyak dibaca adalah kalimat syahadat, tasbih, hamdalah, takbir, dan juga lafal la hawla wala quwwata illa billahi al ‘aliyyil ‘adzim, sebuah lafal yang bermakna penyerahan diri total kepada Allah SWT.

Membersihkan Hati Melalui Thariqat

sumber : tribunnews

Tarhiqat merupakan sebuah tata laksana yang bertujuan untuk mengingat Allah SWT. Caranya adalah dengan melakukan dzikir. Setiap perkumpulan thariqat mempunyai tata cara sendiri-sendiri sesuai dengan imam yang dianutnya.

Thariqah juga diartikan sebagai sebuah aliran tasawuf, dimana orang yang mendalaminya bisa dikatakan sebagai sufi. Thariqat ini memiliki berbagai macam tata cara sendiri yang sudah diajarkan dan biasanya harus dilakukan secara rutin setiap harinya.

sumber : konsultasisyariah.com

Amalan-amalan yang dilakukan di dalam thariqat ini tidak lain juga merupakan dzikir. Namun biasanya sudah diatur dalam bentuk kalimat tertentu, berapa banyak harus dibaca, dan kapan harus dibaca. Aturan dalam thariqat lebih bersifat mengikat sesuai dengan mursyid yang dianutnya.

Jika Anda ingin masuk ke dalam thariqat, Anda harus mengenal thariqat yang mempunyai sanad yang jelas. Salah satu yang dikenal ialah thariqat Naqsyabandiah al Kholidiah Jalaliah

Dzikir dan thariqat menjadi jalan terbaik dalam membersihkan hati. Sehingga seseorang bisa selalu tenang dalam menjalankan kehidupannya di dunia ini.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This