Ciri Depresi Yang Mungkin Tidak Anda Sadari

by | Mar 16, 2020 | Motivasi

sumber : pexels.com

Depresi dapat diklasifikasikan sebagai salah satu gangguan mood. Depresi secara mudah dapat digambarkan sebagai perasaan sedih, kehilangan, atau kemarahan yang mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Depresi juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Depresi biasanya menyebabkan kematian. Jika tidak diobati, depresi dapat berlangsung berbulan-bulan atau bertahun-tahun bahkan bisa semakin buruk seiring waktu. Berikut ini merupakan ciri depresi yang terkadang disepelekan oleh banyak orang dan tidak anda sadari.

Pesimistis

sumber : pexels.com

Depresi adalah gangguan mood yang mempengaruhi perasaan seseorang. Orang yang terkena depresi akan memiliki pandangan hidup yang tanpa harapan atau pesimistis. Mereka mungkin merasa diri mereka tidak berharga dan akan membenci diri mereka sendiri. Memiliki rasa bersalah yang tinggi dan merasa dirinya tidak layak. Jika hal-hal tidak berjalan dengan baik, mereka cenderung menyalahkan diri sendiri atas kegagalan tersebut.

Seseorang yang menderita depresi bisa lebih pesimis daripada yang lain. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mereka sering memiliki pandangan yang lebih negatif tentang masa depan mereka. Ini adalah salah satu gejala depresi, terutama jika Anda memiliki gejala depresi lainnya.

Biasanya orang yang terkena depresi akan menarik diri dari kegiatan yang sebelumnya disukai. Depresi dapat menghilangkan kesenangan Anda. Depresi berat akan membuat Anda enggan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar Anda seperti teman, keluarga, dan kekasih. Selain itu, gairah seks akan menurun dan bahkan impotensi.

Kelelahan Dan Gangguan Saat Tidur

sumber : pexels.com

Depresi seringkali disertai dengan kekurangan energi dan kelelahan yang ekstrem dan dapat membuat tubuh lemah. Ini bisa menyebabkan tidur berlebihan. Mungkin inilah alasan mengapa Anda berhenti melakukan aktivitas yang Anda sukai. Depresi juga dapat menyebabkan insomnia. Kurang tidur yang berkualitas juga akan memicu kecemasan.

Baca juga:  Stop Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Meskipun depresi belum terbukti menimbulkan kecemasan yang berlebih, kedua kondisi ini sering terjadi secara bersamaan. Orang yang memiliki kecemasan berlebihan akan selalu mengalami kecemasan, gemetar, atau otot berkedut. Selain itu, perasaan bahaya, panik dan takut akan terus menghantui pikiran mereka. Kesulitan fokus dan sulit berpikir jernih akan turun.

Emosi Yang Tidak Stabil

sumber : pexels.com

Penelitian menunjukkan bahwa pria dengan depresi cenderung memiliki sifat lekas marah. Emosi yang meledak membuat pria dengan depresi berat mudah tersulut emosi. Mereka akan mengungkapkan kemarahan dengan cara yang salah atau perilaku berisiko.

Perubahan emosi tiba-tiba adalah tanda-tanda depresi. Depresi juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Sebentar Anda akan marah sebentar dan kemudian Anda tiba-tiba akan menangis. Tidak ada alasan pasti yang diketahui untuk mendorong perubahan, tetapi emosi Anda akan berfluktuasi pada saat itu.

Depresi sering dikaitkan dengan bunuh diri. Seringkali orang akan selalu berbicara tentang kematian atau berusaha untuk mengakhiri hidup. Dan yang biasanya bersamaan muncul dengan niat mengakhiri hidup adalah konsumsi obat-obatan dan alkohol yang berlebihan.

Perubahan Pola Makan

sumber : pexels.com

Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menunjukkan bahwa seseorang mengalami depresi. Beberapa orang mengekspresikan depresi mereka dalam makanan untuk memberikan kenyamanan. Sedangkan sebagian orang lain, kehilangan selera makan karena suasana hati yang buruk. Perubahan nafsu makan ini dapat menyebabkan seseorang menambah atau menurunkan berat badan. Perubahan berat badan yang drastis juga dapat memperburuk depresi karena dapat mempengaruhi harga diri seseorang.

Berkurang atau bertambahnya berat badan sangat berbeda untuk tiap individu yang menderita depresi. Pengalaman ini mungkin berbeda untuk masing-masing orang. Beberapa orang akan memiliki nafsu makan yang meningkat sehingga dapat menambah berat badan disisi lain terdapat pribadi yang bahkan tidak akan merasa lapar dan akan membuatnya kehilangan berat badan.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This