Dalam Masa Wabah dan Kesulitan Ekonomi Minta Tolong ke Siapa ?

by | Apr 20, 2020 | artikel, Khazanah

Sering kali kita berpikir dengan keras ketika sedang ada kesulitan, namun kita kadang lupa dari mana kita berasal dan untuk apa kita hidup. Siapapun pasti pernah merasakan masa sulit, siapapun juga pasti pernah merasakan masa lapang.

Dalam kisah Nabi Muhammad SAW, the most suffered man in this world, yang meskipun begitu kita tidak pernah mendengar beliau mengeluh. Pada masa itu, Nabi SAW telah lama tidak mendapat wahyu dari Allah SWT. Lantas orang-orang kafir mencelanya dengan mengatakan bahwa Tuhannya telah meninggalkannya dan tidak lagi menginginkannya sebagai nabi.

Quran Surat Al-Baqarah Ayat 155

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

Arab-Latin: Wa lanabluwannakum bisyai`im minal-khaufi wal-jụ’i wa naqṣim minal-amwāli wal-anfusi waṡ-ṡamarāt, wa basysyiriṣ-ṣābirīn.

Terjemah Arti: Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

Siapapun pernah mengalami masa pasang surut kehidupan, namun kemanakah kita meminta pertolongan ketika pasang surut kehidupan. Dalam bisnis pasti pernah mengalami pasang surutnya, apalagi saat awal membangun bisnis. Waktu itu kondisi cash flow bisnis sedang tidak baik dan berat untuk jalan.

Kemudian saya berkonsultasi dengan guru spritual saya, dan bertanya. Bagaimana agar keluar dari situasi sulit ini, guru spritual sya pun menjawab, duduk dzikir. Dengan kesombongan saya kala itu, dalam hati sya membantah wong lagi susah kok di suru duduk dzikir. Bukannya usaha kemana kemana untuk nyari duit. Tapi saya tetap mengerjakan apa yang disuru guru saya, mulai dari dzikir, dhuha dan semua amalan amalan untuk mendekati diri kepada Allah saya kerjakan. Masuk minggu kedua keajaibanpun satu persatu hadir. Mulai ada proyek mengalir deras bagaikan hujan.

Baca juga:  Takabur dan Sombong Mengatakan Kami Tidak Takut Virus !

Dalam heningnya malam saya terkagum kagum sambil memohon ampun kepada Allah SWT atas kesombongan saya selama ini. Saya pikir dengan ilmu yang masih secuil ini bisa mendatangkan rezki yang barokah, ternyata saya salah total. Rezki hanya datang dari Allah maka mintalah kepada Allah SWT, simple bukan ? tapi dalam eksekusinya kita masih saja terus berpikir dengan kepala kita dan merasa kita ini pintar dan tidak melibatkan Allah SWT dalam mencari rezki kita. Dalam berthariqat kita harus selalu ingat makna Syariat-Tarekat-Hakikat-Ma’rifat, Ketika saya menerapkan apa yang di perintahkan guru saya, segala sesuatu menjadi mudah Allah – Allah, lagi lagi Allah..

Hakikatnya rezki dari Allah maka dalam kehidupan kita jangan sesekali meragukan Allah, jangan sesekali kita mengeluh teruslah berusaha agar Allah melihat usahamu.. Eits yang paling utama ialah usaha dalam mendekatka diri kepada Allah dan menjauhi larangannya. Apabila hal ini sudah kita terapkan Insya Allah hidup kita akan tenang dan damai.

Dan bertakwalah kepada Allah agar kalian berbahagia
(Q.S. Al-Baqarah: 189)

dan ingat selalu berpikiran positif sebab,

أنا عند ظنّ عبدي بي

“Aku (akan memperlakukan hamba-Ku) sesuai dengan persangkaannya kepadaku.” (HSR al-Bukhari no. 7066 dan Muslim no. 2675)


jadi selalu berprasangka positif lah dalam hidup, jangan pernah mengeluh sedikitpun, selalu dekatkan diri kita sebaik mungkin dengan Allah… Allah Allah Allah lagi lagi Allah ! Insya Allah kesulitan terpecahkan rezki barokah, keluarga bahagia..Hanya Allah lah tempat kita bergantung dan kepada Allah juga kita meminta Pertolongan… Jangan yang lain ya…

Akhir tulisan saya ingin mengutip Qoutes Guru saya DR.Syekh Muhammad Nur Ali, S.H,M.H

“Kalau masih ada Tuhan Tuhan lain dihati kita , sulit bagi kita untuk menemukan Tuhan yang sesungguhnya Allah SWT”

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This