dari Laporan Keuangan Strategi Bisnis Jitu itu di Rumuskan

by | Apr 13, 2020 | Ekonomi & Bisnis

Berbicara mengenai bisnis memang ada beberapa cara untuk menyusun strateginya, baik itu dari pasar, teknik, SDM dan lain sebagainya. Namun manakah strategi yang tepat dan cepat dalam melihat permasalahan bisnis ketika sedang di jalankan ? disini saya akan mengulasnya. Beberapa perusahaan besar sudah sangat rapi dalam urusan keuangan, bahkan setiap tahun di lakukan audit keuangan untuk melihat kesehatan bisnisnya. Namun seringkali laporan keuangan di manipulasi dan menimbulkan kerugian jangka panjang bagi perusahaan. Seharusnya rugi malah di buat untung, banyak sekali yang melakukan hal tidak terpuji tersebut. Apa efeknya bagi perusahaan ?

sumber : pexels.com/ Pixabay

  1. Strategi yang di ambil menjadi salah baik secara pasar maupun teknis.Misalnya saja industri penerbangan seharusnya berhemat untuk tidak membeli armada tapi karena laporan di manipulasi maka perusahaan merasa kuat secara keuangan dan membeli armada, alhasil setelah dibeli armada penjualannya lemah. Seharusnya kalau perusahaan menampilkan laporan keuangan yang jujur tentu tidak akan terjadi pembelian armada baru, tentu strateginya akan mengoptimalkan dulu yang ada.
  2. Secara pasar dan pemasaran perusahaan juga tidak akan berbenah dan mencari tau, mengapa produknya tidak laku. Perusahaan akan merasa nyaman saja karena masih memiliki laba positif dan mengalami growth dari tahun ke tahun. Ini ibarat BOM waktu bagi perusahaan yang sewaktu waktu akan meledak dan bisa menyebabkan perusahaan mengalami kebangkrutan.

sumber : pexels.com/ Worldspectrum

Untuk itu laporan keuangan yang apa adanya sangat di perlukan bagi perusahaan, usahakanlah menggunakan dan menunjuk konsultan keuangan yang independent sehingga menyampaikan hasil yang sebenarnya agar kamu tau langkah apa yang harus diambil dan seperti apa langkah perbaikannya. Mengapa hal ini tidak bisa di lakukan sendiri ? atau oleh staf kita sendiri ?

Baca juga:  Perencanaan, Bisnis Plan, Studi Kelayakan itu Tidak Perlu, Gundulmu itu !!

Jawabannya ialah staf kita pastilah takut berkata jujur kepada kita dan banyak hal hal lain yang membuat laporan yang di buat laporan ABS ( Asal Bos Senang ) ini sangat bahaya bagi kondisi perusahaan kita. Pilihlah konsultan yang sudah berpengalaman menangani perusahaan – perusahaan besar di bidang keuangan. Jangan pula memilih yang bukan bidangnya karena segala sesuatu jika dilakukan bukan ahlinya maka tinggal tunggu kehancurannya.

dari laporan keuangan tersebut kita bisa menyusun strateginya dengan tepat misal :

  1. Ketika Fix Cost Lebih besar dari pendapatan apa yang harus kita lakukan ?
  2. Ketika pendapatan tak kunjung bertumbuh apa yang harus kita lakukan ?
  3. Ketika Biaya Variabel terlalu besar dan tak berimbang dengan pendapatan ?
  4. Harga Pokok Penjualan yang lebih besar dari harga Jual ?

dari masalah msalah tersebut kita bisa mengambil dan menyusun strategi perbaikan perusahaan yang tepat dan cepat, itulah pentingnya membuat laporan keuangan yang tepat dan akurat. Penempatan pos pos keuangan yang salah juga bisa membuat strategi perusahaan salah. Saya percaya tidak ada strategi yang tepat tanpa DATA yang Baik. Ingatlah selalu prinsip garbage in garbage out. 

sumber : pexels.com/ John Guccione

Pengalaman saya sebagai Konsultan Bisnis & Sering kali mendapat penolakan di berbagai macam perusahaan. Sudah lebih dari ratusan rata rata memang TOP Manajemen yang melakukan hal hal menyimpang menolak kedatangan tim kita adajuga yang mendukung penuh dan menyajikan bahkan komunikasi terbuka, itu berarti perusahaan dalam kondisi berkembang dan siap selalu mengalami perubahan. Akhir tulisan saya ingin berikan quotes,

“Pemimpin ibarat seorang nakhoda bagi sebuah kapal atau pilot untuk pesawat terbang. Keterbukaan menjadi sikap yang penting untuk menyelamatkan tim dalam kondisi genting. Semakin terbuka seorang pemimpin semakin mudah anggota tim untuk menyampaikan opini atau masukkannya. Ini akan menjadi bahan bakar yang bagus untuk tumbuh kembang bisnis”

Baca juga:  Membangun brand personal secara konkret

 

 

www.brankasbro.idJasa Konsultan PolitikJasa Pembuatan Company ProfileJasa Branding Audit –  Jasa Konsultan Branding

www.surveycenter.co.idJasa Survey OnlineJasa  Sebar Kuisioner 

www.grapadikonsultan.com —- Jasa Riset Pasar dan Pemasaran

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This