Kumpulan Doa Agar Terlindung Dari Wabah

by | Apr 1, 2020 | Khazanah

sumber : pexels.com/ Abdullah Ghataseh

Semakin merebaknya penyakit yang belakangan ini melanda seluruh dunia tentunya mengingatkan kita untuk selalu berserah diri kepada Allah SWT. Tak ada tempat berlindung dan tak ada tempat berserah diri selain kepada Ia semata. Oleh karena itu marilah kita memanjatkan doa bersama agar kita dijauhkan dari wabah yang saat ini sedang melanda. Berdoa untuk menyelamatkan keluarga, negara dan dunia.

Kumpulan doa mencegah wabah 

sumber : pexels.com/ Janko Ferlic

Berikut ini merupakan doa agar kita terlindung dari wabah

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Artinya : Ya Allah aku berlindung kepadamu dari penyakit kusta, kegilaan, lepra dan penyakit- penyakit yang jelek“ (HR Abu Dawud dan Nasa’i)

Selanjutnya dari Utsman bin ‘Affan Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata jika Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang hamba membaca doa di pagi hari dan sore hari:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya : “(Aku berlindung) dengan Nama Allah yang bersama nama-Nya tidak ada sesuatu di bumi dan di langit yang bisa membahayakan. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,”. . . sebanyak tiga kali (melainkan) tidak ada sesuatu yang membahayakannya.” (HR. Abu Dawud & Al-Tirmidzi, lafadz milik al-Tirmidzi. Imam al-Tirmidzi menilainya sebagai hadits Shahih gharib. Dishahihkan Ibnul Qayim di Zaad al-Ma’ad (2/338) dan dishahihkan Al-Albani di Shahih Abu Dawud)

Selanjutnya, dari sahabat ‘Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘Anhuma. Beliau berkata: Tidaklah Rasulullah SAW meninggalkan doa  ini di pagi dan sore hari. Yaitu doa berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Amalan Agar Dijauhkan Dari Mala Petaka

sumber : pexels.com/ Emre Can

 

Dalam hadits Abdullah bin Hubaib Radhiyallahu’Anhu, Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wasallam memerintah kan kepadanya untuk membaca surat al-Ikhlas, Al-Falaq, dan Al-Naas sebanyak tiga kali maka akan aman dari segala sesuatu.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ حِينَ تُمْسِى وَتُصْبِحُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ تَكْفِيكَ مِنْ كُلِّ شَىْءٍ

Artinya :

Bacalah, Qulhuwallahu Ahad (surat al-Ikhlas), dan al Mu’awwidatain (al-Falaq dan al-Naas) saat kamu berada di sore dan pagi hari; engkau aman dari segala sesuatu.” (HR. Abu Dawud, Al-Tirmidzi dan beliau menghasankannya)

sumber : pexels.com/ Tim Fuzail

Ibnu Umar mengabarkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak pernah meninggalkan membaca doa berikut ini di setiap pagi dan sorenya.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Artinya :

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, pelihara lah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak di sambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh). (Dibaca 1 x)

(HR. Abu Daud dan Ibnu Majah. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Semoga dengan doa dan amalan di atas bisa membantu kita untuk menjauhkan diri dari segala malapetaka terutama dari wabah corona yang saat ini telah melanda dunia. Ribuan nyawa telah tiada karena wabah ini, marilah kita panjatkan doa dan meminta yang terbaik kepada Yang Maha Kuasa, agar wabah ini segera berakhir dan kita bisa hidup dengan damai seperti sedia kala.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This