Kenali Kemuliaan Guru Mursyid

by | May 27, 2021 | Khazanah

Kisah Sufi

 

Siapa Itu Guru Mursyid?

Menurut bahasa sufi Guru Mursyid adalah seseorang yang membawa kebenaran dari Rasulullah SAW, menyebarkan Tauhid, serta mereka yang bertanggung jawab memimpin murid dan membimbing perjalanan rohani murid untuk sampai kepada Allah SWT.

Seorang mursyid sejati dikenal dengan sejarah hidup yang baik, berakhlak terpuji tak lain adalah sabar, syukur, tawakkal, yakin, tenang, pemurah, apa adanya, amanah, tidak cepat marah, rendah hati, makrifat, jujur, teguh, menjaga kehormatan, tidak gegabah, dan akhlak baik semisalnya.

Tugas seorang Mursyid adalah membimbing dan mendidik muridnya. Sedangkan seorang murid harus fokus kepada gurunya agar bisa mendapat pelajaran-pelajaran hakikat yang berharga, mendapat kelimpahan ilmu yang menuntun murid kepada kebenaran. Walaupun pada akhirnya tujuan dari berguru semata hanyalah mencari Ridho-Nya.

“Dalam berguru jangan pernah mencari ilmu, mengharapkan kehebatan, apabila kamu benar-benar mencintai Gurumu maka Allah akan mencintai kamu dan seluruh alam akan mencintaimu”.

Begitulah seorang Guru Mursyid apabila memberikan pengajaran akan berbekas di hati murid-muridnya. Para Guru adalah orang-orang yang dikirim oleh Allah SWT untuk meneruskan dakwah Rasulullah saw menjadikan Islam sebagai rahmat bagi seluruh Alam.

Namun seorang guru tetaplah memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Guru Mursyid yang mana paling hebat? Pertanyaan itu tidak akan pernah bisa terjawab, tergantung kepada siapa kamu bertanya. Para murid akan menganggap Gurunya paling hebat.

Dari pada sibuk mempertandingkan Guru Mursyid lebih baik kita bertanya dalam hati, sudahkah kita menjadi murid yang baik? Hak menentukan guru siapa yang terbaik merupakan hak Allah SWT. Dia yang mengetahui siapa Wali-Nya yang utama, lebih baik kita belajar menjadi murid yang baik dan menjadi hamba yang baik.

Baca juga:  Kisah Motivasi, 7 Langkah Kesabaran

Seperti ucapan dari Syekh Muda Wali di awal tulisan ini, “Guru mu itu adalah Guruku juga” sangat bagus dijadikan dasar untuk menguatkan persaudaraan diantara sesama pengamal tarekat khususnya dan ummat Islam pada umumnya.

 

Mengapa Kita Perlu Seorang Mursyid?

Guru Mursyid pada umumnya memiliki tujuan suci, yaitu menyelamatkan para muridnya dalam menapaki jalan-jalan yang tidak umum. Banyak ulama besar yang tadinya menolak tasawuf dan kedudukan mursyid, namun pada akhirnya mereka menjadi pengamal tasawuf dan mursyid.

Akhirnya, banyak orang menyadari tanpa guru mursyid sulit untuk sampai kepada Allah (wushul). Mursyid yang sejati bukan orang yang mampu menebak rahasia pribadi, namun nasihatnya mengalir di dalam diri. Mursyid bukan pula orang yang mampu menuntun hanya dengan ucapan, tetapi juga mestinya mampu mengalirkan energi spiritual di dalam diri kita.

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This