Keutamaan Orang Zuhud Saat Beribadah

by | Jul 29, 2021 | Khazanah

 

Sumber Gambar: Unsplash.com 

 

Keutamaan Orang Zuhud – Manusia pada zaman ini, seringkali hanya mengejar harta dan juga pangkat. Karena menurut pandangan manusia, harta dan pangkat tersebut bisa dibanggakan ketika mereka ada dunia ini. Oleh karenanya manusia seringkali melalaikan ibadah kepada Allah SWT, dan cenderung mencari hal hal yang sifatnya duniawi.

Agar manusia dapat terlepas dari keduniawian, terdapat Perilaku Zuhud yang sangat disukai oleh Allah SWT. Perilaku tersebut juga diteladani oleh Nabi Muhammad SAW,  dan juga oleh Nabi Sulaiman .Untuk itulah, ada beberapa keutamaan orang zuhud dalam beribadah.

Keutamaan Orang Zuhud Dalam Beribadah

Zuhud terdapat dalam HR  Ibnu Hajah, yang berbunyi “Barangsiapa menjadikan akhirat tujuan akhir, maka Allah akan menjadikan kekayaan dalam hatinya” . Berikut ini adalah keutamaan orang zuhud dalam beribadah:

1. Membuat Hati Menjadi Tenang 

Pekerjaan membuat manusia menjadi stress, dan terkadang bisa membuat hati tidak tenang dan juga depresi. Oleh karena itulah, manusia  dapat mengutamakan Zuhud pada saat beribadah. Dengan Zuhud tersebut, hati manusia akan tenang dan tidak stress dalam menjalani kegiatan sehari harinya.

Tidak hanya membuat membuat manusia jadi lebih tenang menjalani kehidupan sehari hari, keutaman orang zuhud dalam beribadah juga akan membuat manusia bahagia dan tenang pada saat di akhirat nanti. Ketika manusia Zuhud pada saat beribadah, Allah SWT akan memberikan kebahagiaan abadi bagi manusia ketika sudah di akhirat.

2. Manusia Akan  Mudah Dalam Mendapatkan Rezeki 

Selain membuat manusia menjadi lebih tenang hatinya, keutamaan orang Zuhud dalam beribadah juga dapat memudahkan untuk mendapatkan rezeki. Manusia melakukan berbagai cara agar mendapatkan rezeki yang banyak,  namun dengan Zuhud manusia tidak akan berlebihan dalam mencari rezeki.

Baca juga:  Menjaga dan Mengawal kalimah Tauhid

Ketika manusia berpasrah dan mendekatkan diri kepada Allah, maka segala kebutuhan dan rezeki manusia dapat dicukupkan oleh Allah SWT. Manusia tidak perlu lagi untuk bekerja keras untuk mencari rezeki, karena dengan Zuhud segalanya akan dicukupkan oleh Allah.

3. Akan Dikurangi Penderitaannya Di Dunia

Manusia tidak akan luput, dari berbagai macam cobaan dan juga penderitaan dalam hidupnya. Biasanya penderitaan tersebut, karena nafsu dari manusia dalam mencari hal hal yang duniawi. Untuk mengurangi penderitaan pada saat masih di dunia, manusia dapat melakukan keutamaan zuhud dalam beribadah.

Dengan keutamaan orang Zuhud dalam beribadah, manusia akan semakin dekat dengan Allah. Jika manusia semakin dekat dengan Allah, maka Allah akan mengurangi penderitaan manusia saat berada di dunia. Manusia akan menjadi lebih bahagia dan juga tenang, dalam menjalani kehidupan sehari harinya setelah Zuhud.

4. Allah Akan Mencintai UmatNya 

Allah SWT lebih menyayangi umatNya yang  datang untuk beribadah kepadaNya, dibanding dengan umatNya yang mencari hal hal yang duniawi. Apabila keutamaan zuhud dalam beribadah dilakukan ole, maka Allah akan  lebih mencintai dan menyayangi umatNya tersebut.

Manusia yang Zuhud pada Allah cenderung menghindari duniawi, da lebih mendekatkan diri kepada Allah. Manusia yang dekat dengan Allah akan dimudahkan segala urusan di dunia, dan manusia tersebut akan lebih dicintai dan dihargai oleh Allah.

Demikianlah informasi mengenai keutaamaan orang melakukan zuhud dalam beribadah. Semoga kita semua dapat melakukan keutamaan zuhud, pada saat beribadah.

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This