Kisah Wali Allah Yang Tak Mempan Dibakar

by | Feb 16, 2023 | artikel, Inspiration, Khazanah, Motivasi

Sunan Kalijaga yang dikenal sebagai Wali Songo memiliki nama asli Raden Mas Said. Sunan Kalijaga memiliki banyak karomah yang diberikan oleh Allah. Salah satu karomah atau kesaktiannya adalah tidak mempan dibakar oleh api ganas sekalipun.

Raden Mas Said sejak masa kecilnya sudah mempelajari dan mendalami tentang ajaran agama Islam. Hingga pada abat 14-15 M Sunan Kalijaga menyebarkan agama Islam di Nusantara. Wali Allah yang bernama Sunan Kalijaga ini terkenal dengan kedermawanannya yang menghabiskan harta untuk melakukan menyebaran ajaran Islam.

 

Sunan Kalijaga Menyamar Menjadi Santri Tua

Banyak cerita yang mengisahkan bahwa Sunan Kalijaga pernah menyamar menjadi seorang santri tua dalam perjalannya. Pada saat penyamarannya tersebut, Sunan Kalijaga diutus oleh Penmbahan Ratu untuk menjadi imam sholat di masjid.

Namun, saat menjadi imam Sunan Kalijaga malah diam seperti patung dan tidak bergerak sama sekali. Karena hal tersebut beliau dianggap menistakan agama dan kemudian diberikan hukuman.

Hukuman yang diberikan kepada Sunan Kalijaga adalah dibakar hidup-hidup di dalam api yang sangat panas. Akan tetapi beliau justri tidak terbakar dan tidak merasakan panas sama sekali.

Setelah ditelusuri ternyata seseorang yang menyamar menjadi santri tua tersebut adalah seorang Sunan Kalijaga. Mengetahui hal tersebut sang ratu yang memberikan hukuman lantas meminta maaf kepada sunan Kalijaga. Dalam penyamaran menjadi santri tua tersebut Sunan Kalijaga dijuluki dengan sebutan Kyai Marbot.

 

Karomah Mengubah Tanah Menjadi Emas

Selain tak mempan dibakar, Sunan Kalijaga juga terkenal memiliki karomah dapat mengubah tanah menjadi emas. Dalam menyebarkan agama Islam pada masa itu salah satu daerah dipimpin oleh Raja yang dijuluki Ki Panandaran Dua.

Ki Panandaran Dua terkenal sebagai raja yang sombong dan menyimpang dari agama Islam. Mengetahui hal tersebut Sunan Kalijaga dengan kesaktiannya berniat untuk memberikan peringatan kepada Ki Panandaran Dua.

Baca juga:  Tarekat, Jalan Istimewa Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

Sunan Kalijaga menyamar sebagai penjual rumput dan menawarkannya kepada Ki Panandaran Dua. Namun, Ki Panandaran Dua malah bersikap seenaknya sendiri bahkan ngeyel saat diberi nasehta oleh Sunan Kalijaga.

Karena hal itu Sunan Kalijaga menjadi murka dan menunjukkan kesaktiannya kepada Ki Panandara. Sunan Kalijaga mencangkul tanah kemudian digenggamnya tanah tersebut dan berubah menjadi emas.

Ki Panandaran Dua terheran-heran dengan kejadia tersebut kemudian mengetahui siapa sosok penjual rumput dihadapannya. Setelah mengetahui kehadiran Sunan Kalijaga, KI Panandara Dua bersujud didhadapannya dan memohon maaf. Bahkan Ki Panandaran bersedia melepas gelar rajanya untuk meminta maaf kepada Sunan Kelijaga.

Setelah Kejadian itu, Ki Panandaran berguru kepada Sunan Kaljaga. Beliau juga telah berubah menjadi raja yang baik dan taat kepada agama Islam.

 

Itulah Karomah sakti Sunan Kalijaga sebagai Wali Allah dalam melakukan penyebaran agama Islam. Masih ada banyak lagi karomah yang dimiliki oleh Sunan Kalijaga yang telah diberikan oleh Allah SWT.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!