Kriteria Studi Kelayakan Bisnis

by | Mar 28, 2023 | artikel, Ekonomi & Bisnis, Inspiration, Marketing

Saat proses mendirikan bisnis atau usaha, mementukan kelayakan terlebih dahulu pada bisnis tersebut sangat diperlukan. Karena dengan menilai kelayakan bisnis seseorang akan tahu bagaimana bisnis tersebut dapat didirikan, dilaksanakan, dan dikembangkan.

Bahkan dengan melakukan studi kelayakan maka akan diketahui apakah bisnis tersebut layak berjalan. Jika bisnis tidak layak namun tetap dijalankan akan sangat beresiko besar suatu saat nanti. Baik itu kegagalan serta kerugian yang tidak bisa diprediksi.

Untuk melakukan kegiatan penting yang dimaksud tersebut, sembarang orang tidak memiliki keahlian yang sesuai. Perlunya menggunakan penyedia Jasa Studi Kelayakan untuk melakukan kegiatan analisis guna mencegah hal-hal buruh pada bisnis terjadi.

Dalam penentuan kelayakan sebuah bisnis, diperlukan beberapa kriteria berikut ini :

 

Konsep Nilai

Konsep nilai ini berpatokan pada konsep nilai sekarang. Maksudnya mengetahui nilai jual suatu produk yang akan ditawarkan pada masa itu. Sehingga kelayakan bisnis dapat terlihat apabila bisnis yang akan didirikan menjual produk bernilai jual tinggi dan berkonsep pada nilai saat ini.

Jadi, apabila setelah dilakukan analisis ternyata nilai jual produk pada bisnis yang akan dijalankan tidak sesuai maka bisnis tersebut dianggap tidak layak. Selanjutnya dapat ditemukan ide lain yang sesuai dengan kebutuhan konsumen serta mengikuti perkembangan zaman.

 

Arus Keuangan

Arus keuangan ini sangat penting untuk dijadikan kriteria kelayakan sebuah bisnis. Karena tanpa melihat arus keuangan terlebih dahulu maka tidak akan diketahui apakah bisnis menghasilkan untung atau rugi.

Tujuan dari didirikannya bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Untuk itu dengan menganalisis arus keungan terlebih dahulu mulai dari penanaman modal investasi hingga penanaman kembali akan sangat menentukan kelayakan suatu usaha.

 

Baca juga:  3 Pihak Eksternal yang Membantu Perkembangan Bisnis

Biaya Modal

Melihat seberapa sesuai antara biaya modal dengan jenis bisnis juga menjadi salah satu kriteria penting kelayakan bisnis. Karena modal yang tidak sesuai atau kurang dapat menghambat berdirinya usaha.

Biaya modal dapat diperoleh dengan pinjaman. Akan tetapi perhitungan bunga setiap pinjaman juga harus benar-benar diperhatikan agar tidak berdampak pada kerugian suatu satat nanti.

 

Balik Modal

Tujuan dibuatnya analisis oleh Jasa Pembuatan Studi Kelayakan adalah untuk mengetahui seberapa impas penjualan. Sebelum menghitung keuntungan, balik modal adalah hal yang paling diperhitungkan. Karena dengan mengetahui berapa lama kemungkinan usaha akan impas atau balik modal, maka akan diketahui kapan dan beraa besar kemungkinan untung akan diperoleh.

 

Itulah kriteria penentuan untuk menilai seberapa layak bisnis didirikan. Pastikan sebelum memulai bisnis kamu sudah memperhitungkan hal-hal tersebut. Semoga artikel ini membantu.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!