Langkah dan Metode yang Dilakukan Jasa Riset Pasar

by | Jul 30, 2020 | Ekonomi & Bisnis

Peranan dan juga manfaat riset pasar memang sudah diketahui. Riset pasar memiliki tujuan yang juga sama besarnya untuk keberlangsungan usaha. Jasa riset pasar menggunakan sederet langkah serta metode untuk mendapatkan hasil kajian paling tepat.

Riset pasar merupakan penelitian sistematis mengenai target pasat. Hasil riset pasar ini nantinya digunakan untuk menyusun strategi pengembangan usaha dan pemasaran yang efektif. Sesuai dengan data analisis mengenai target pasar yang sudah dikumpulkan.

Untuk melakukan penelitian serta kajian ini, jasa riset pasar online menggunakan beberapa langkah serta metode. Sehingga hasil yang didapatkan benar-benar sesuai serta tepat guna kebutuhan bisnis dan usaha. Di bawah ini merupakan langkah serta metode yang digunakan.

Langkah Riset Pasar

  1. Perumusan masalah

Perumusan masalah merupakan langkah pertama untuk melakukan riset pasar. Nantinya riset yang dihasilkan haruslah mampu mengatasi permasalahan yang sudah dirumuskan terlebih dahulu ini. Merumuskan masalah juga akan membantu dalam menentukan tujuan dilakukannya riset.

  1. Tipe riset pasar

Ada beberapa tipe riset pasar yang sering digunakan, diantaranya:

  1. Testing pada produk
  2. Segmen target pasar
  3. Analisa kepuasan pelanggan
  4. Riset harga

Riset pasar sering kali tidak hanya menggunakan satu atau dua tipe saja. Bisa jadi malah produk atau jasa Anda akan memerlukan keempat tipe riset pasar tersebut diatas.

  1. Sampel dan pengumpulan data

Langkah berikutnya merupakan pengumpulan sampel dan data. Metode sampling untuk riset pasar yang bisa digunakan merupakan non-probability atau probability.

  1. Analisis dan interpretasi data

Setelah data dikumpulkan berikutnya merupakan proses analisa. Setelah itu dilakukan pula interpretasi dari data yang didapatkan.

  1. Laporan

Hasil jasa riset pasar berupa analisa, kesimpulan, rekomendasi, dan juga penjabaran lain. Hasil laporan inilah yang nantinya digunakan oleh manajemen sesuai tujuan dan manfaat riset.

Baca juga:  Perencanaan, Bisnis Plan, Studi Kelayakan itu Tidak Perlu, Gundulmu itu !!

Metode riset pasar

Selain mengetahui langkah-langkah di atas, metode riset pasar juga tidak kalah penting. Ada beberapa metode tersendiri yang dilakukan dalam proses riset serta analisa target pasar.

  1. Kuesioner

Metode ini merupakan salah satu yang paling dikenal luas. Cara kerjanya mudah. Pengambilan data sampling dengan metode ini hanya perlu menyebar formulir dengan daftar pertanyaan yang dibutuhkan.

Tantangan serta hambatan dari metode ini merupakan responden yang sering kali tidak tepat sasaran. Meski kuesioner sudah disebar sesuai subjek riset.

  1. Grup riset

Grup riset merupakan metode yang lebih terstruktur. Subjek dari riset ini merupakan kelompok atau grup yang dengan sengaja dikumpulkan. Sesuai dengan kriteria responden pada riset.

Nantinya responden di dalam grup akan diminta opini, melakukan tes produk, dan juga kebutuhan mereka. Tantangan dari metode ini justru terletak pada sisi subjektif pada responden.

  1. Survei

Sedikit berbeda dengan kuesioner, survei memiliki sifat acak. Bila kuesioner menyasar cangkupan tertentu untuk koresponden, maka survei justru tidak memiliki subjektifitas.

Metode satu ini kerap kali digunakan untuk riset pasar dengan objektifitas lebih meluas. Misalnya untuk memperhatikan reaksi masyarakat luas akan sebuah strategi promosi. Sehingga memiliki gambaran untuk target pasar paling tepat.

Survei kerap kali menjadi metode awal yang dilakukan dalam riset pasar.

  1. Observasi

Berkebalikan dengan survei, observasi memiliki sifat deskriptif. Pengamatan secara langsung dilakukan untuk target pasar. Bisa secara individual, kelompok, sampai meluas. Misalnya untuk produk bayi. Observasi bisa dilakukan dengan memantau kebutuhan ibu muda secara langsung.

Jasa riset pasar akan menggunakan langkah dan metode terbaik demi mendapatkan hasil maksimal. Sehingga riset pasar yang dilakukan benar-benar memberikan manfaat sesuai dengan tujuan.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This