Membangun brand personal secara konkret

by | Dec 20, 2019 | Ekonomi & Bisnis

Pernahkah Anda mendengar tentang personal branding? Personal brandingmerupakan sebuah proses memasarkan personal diri maupun karier dengan citra yang dibentuk dalam masyarakat atau khalayak. Citra tersebut dapat Anda presentasikan melalui berbagai cara mulai dari media sosial, situs web, blog atau melalui perilaku sehari-hari di depan khalayak. Branding tak hanya penting untuk jasa dan produk saja, tetapi juga personal agar mampu memberikan gambaran mengenai pengalaman khas pada konsumen ketika berinteraksi dengan pemilik brand tersebut.

sumber : www.ideaimaji.com

Dengan memiliki brand personal, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Apabila memiliki perusahaan atau produk, dengan personal branding Anda mampu membuatnya dikenal lebih luas. Selain itu, adanya personal branding juga mampu meningkatkan kepercayaan konsumen pada diri Anda sehingga dapat meningkatkan transaksi. Dengan begitu, perusahaan menjadi semakin sukses dan citra diri Anda juga semakin naik. Kini personal branding menjadi salah satu strategi usaha yang penting dilakukan .

Mempunyai produk yang baik sebelum dilakukan branding

sumber : mommiesdaily.com

Personal branding seseorang, dapat berpengaruh pula pada citra baik dan buruknya perusahaan maupun produk. Maka tak heran jika personal branding dapat disebut sebagai pedang bermata dua. Citra perusahaan dapat naik atau turun seiring dengan dikenalnya brand personal yang Anda punya. Misalnya saja Keiji Inafune yang selalu dikaitkan oleh kegagalan Comcept dan Steve Jobs yang dikaitkan dengan kesuksesan Apple.

sumber : passiondesigns

Anda tentu saja tak ingin memiliki citra yang buruk. Maka dari itu, sebaiknya sebelum membangun sebuah brand personal ada baiknya jika produk maupun jasa yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik, baru kemudian memperbanyak massa melalui brand personal yang Anda bangun.

Membangun brand personal yang terpercaya

sumber : pahlevi.net

Sama halnya dengan sebuah produk, Anda perlu membangun sebuah citra pribadi yang baik dan positif pada publik. Bukan berarti Anda tengah membohongi publik atau malah pura-pura, namun membangun kesan seperti apa yang Anda inginkan di hadapan publik.

Baca juga:  5 TANTANGAN BISNIS MINUMAN KEMASAN RUMAHAN

Temukanlah kelebihan yang Anda miliki, kemudian tonjolkan hal tersebut pada konten buatan Anda, baik dalam bentuk foto, video, artikel ataupun lainnya. Jika Anda ingin dikenal sebagai seorang motivator, maka bangunlah personal branding dengan konten motivasi dan lain sebagainya.

Semakin banyak konten yang Anda buat terkait branding yang Anda bangun, maka Anda akan terlihat semakin kredibel. Banyaklah membuat konten yang dapat membantu orang lain, sehingga lebih mudah diterima.

Menjadi pribadi yang lebih positif

sumber : www.psikoma.com

Dengan membangun brand personal sama seperti halnya Anda sedang menjadi pablik figur. Maka penting untuk menjaga kepribadian selalu terlihat baik di khalayak, sebab hal tersebut menjadi aset terbesar Anda dalam membangun brand personal. Jangan lupa untuk berinteraksi dengan orang lain, misalnya saja dengan menghadiri acara-acara ataupun ngobrol. Apabila di dunia maya, jangan malas untuk membalas komentar, menyukai komentar ataupun menjawab pertanyaan yang ditujkan pada Anda.

Meski hanya berada di media sosial, penting untuk menjaga perilaku yang baik. Media sosial sejatinya juga merupakan ruang publik, dimana apa yang Anda tulis maupun share akan dilihat oleh khalayak ramai. Menjaga perilaku di media sosial juga menjadi salah satu bentuk menciptakan personal branding yang baik. Apabila, perilaku di media sosial Anda buruk bisa berimbas di kehidupan nyata.  Itu tadi beberapa poin yang perlu Anda jaga untuk membangun sebuah brand personal.

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This