Mengintegrasikan Analisis SWOT Michael Porter dalam Studi Kelayakan Bisnis

by | May 12, 2024 | Ekonomi & Bisnis

Studi kelayakan merupakan tahapan krusial dalam memulai bisnis baru atau mengembangkan usaha yang sudah ada. Melakukan evaluasi menyeluruh tentang potensi, kendala, dan peluang adalah kunci untuk mengambil keputusan yang tepat sebelum mengalokasikan sumber daya berharga. Salah satu alat analisis yang dapat digunakan untuk membantu dalam studi kelayakan adalah Analisis SWOT, yang dikembangkan oleh Albert Humphrey pada tahun 1960-an. Namun, kita juga dapat memperkaya studi kelayakan dengan mengintegrasikan kerangka analisis yang lebih luas, seperti kerangka analisis Michael Porter.

Mengapa Kita Perlu Analisis SWOT dalam Studi Kelayakan?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita tinjau mengapa Analisis SWOT penting dalam konteks studi kelayakan. SWOT adalah singkatan dari Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Ini adalah alat sederhana namun sangat efektif untuk mengevaluasi situasi internal dan eksternal suatu bisnis. Kekuatan dan kelemahan melibatkan faktor-faktor internal seperti sumber daya, keahlian, dan infrastruktur, sementara peluang dan ancaman melibatkan faktor-faktor eksternal seperti tren industri, persaingan, dan perubahan regulasi.

Integrasi Analisis SWOT dengan Kerangka Analisis Michael Porter

Selain Analisis SWOT, kerangka analisis yang dikembangkan oleh Michael Porter juga dapat memberikan wawasan yang berharga dalam studi kelayakan. Porter menawarkan konsep Five Forces (Lima Kekuatan) yang membantu dalam memahami struktur industri yang relevan bagi bisnis yang akan dimulai atau dikembangkan. Lima kekuatan ini meliputi:

  1. Tingkat Persaingan dalam Industri: Seberapa intensif persaingan dalam industri tersebut? Apakah ada pesaing yang dominan?
  2. Ancaman dari Produk atau Layanan Pengganti: Sejauh mana produk atau layanan pengganti dapat menggantikan produk atau layanan yang Anda tawarkan?
  3. Kekuatan Tawar Menawar dari Pemasok: Seberapa kuat pemasok dalam menentukan harga dan kualitas bahan baku?
  4. Kekuatan Tawar Menawar dari Pembeli: Seberapa kuat pembeli dalam menentukan harga dan mempengaruhi kualitas produk atau layanan?
  5. Ancaman Masuknya Pesaing Baru: Seberapa mudah atau sulit bagi pesaing baru untuk masuk ke dalam industri ini?
Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Memakai Konsultan Bisnis

Manfaat Integrasi Analisis SWOT dan Kerangka Analisis Porter dalam Studi Kelayakan

  1. Pemahaman yang Lebih Komprehensif: Integrasi kedua kerangka analisis ini memungkinkan kita untuk memiliki pemahaman yang lebih komprehensif tentang situasi bisnis secara keseluruhan.
  2. Identifikasi Keterkaitan Faktor: Dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan internal, kita dapat mengetahui bagaimana faktor-faktor ini dapat mempengaruhi dinamika yang ditemui dalam lima kekuatan Porter.
  3. Perencanaan Strategis yang Lebih Efektif: Dengan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang struktur industri dan faktor-faktor internal perusahaan, kita dapat merencanakan strategi yang lebih efektif untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman.
  4. Penilaian Risiko yang Lebih Akurat: Dengan melihat faktor-faktor eksternal dan internal secara bersamaan, kita dapat melakukan penilaian risiko yang lebih akurat, yang merupakan langkah penting dalam studi kelayakan.

Dalam merencanakan atau mengembangkan sebuah bisnis, analisis SWOT dan kerangka analisis Porter dapat menjadi alat yang sangat berguna. Integrasi keduanya dalam studi kelayakan bisnis dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang situasi bisnis secara keseluruhan, membantu para pengusaha untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih terinformasi. Dengan demikian, menggabungkan Analisis SWOT Michael Porter dalam jasa studi kelayakan merupakan langkah penting menuju kesuksesan bisnis yang berkelanjutan.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!