Mengungkap Fakta: Benarkah Pembangunan Jalan Era SBY Lebih Unggul Dari Era Jokowi? Cek Kebenarannya!

by | May 28, 2023 | artikel, Opini & Wawancara

Pidato HUT ke-21 Partai Keadilan Sejahtera atau yang biasa dikenal dengan Partai PKS yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, tepatnya Sabtu (20/5/2023) dihadiri oleh Bacapres Anies Baswedan. Dalam kesempatan itu, Anies menyebut, pembangunan jalan nasional non-tol era kepemimpinan SBY lebih panjang daripada era Jokowi. Benarkah demikian?

Melansir dari Kompas.com, menyajikan beberapa data faktor penunjang yang merujuk dari berbagai sumber. Pertama dari dokumen Kementerian PUPR dan kedua sumber dari Badan Pusat Statistik atau BPS. Untuk lebih jelasnya dirangkum dalam tabel di bawah ini:

 

Jalan Non-Tol

Berdasarkan tabel di atas, bisa dilihat era kepemimpinan presiden SBY dan Jokowi berkaitan dengan pembangunan jalan non-tol dan tol. Sekilas terlihat ada perbedaan yang menarik untuk dibahas lebih mendalam. Mengingat kembali, era kepemimpinan SBY dimulai tahun 2004 sampai dengan tahun 2014. Sementara era kepemimpinan Jokowi tahun 2014 hingga 2024.

Baca Juga Jasa Pembuatan Bisnis Plan dan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

Saat era pemerintahan SBY, pembangunan jalan non-tol tahun 2014 adalah 34.629 Km hingga tahun 2014 menjadi 38.570 Km. Data tersebut dikutip dari Buku Informasi Statistik Infrastruktur Pekerjaan Umum (2015). Data pada tabel terbukti akurat karena didukung oleh pernyataan dari Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, bahwa selama pemerintahan kurun waktu tahun 2004-2014, total panjang jalan nasional menjadi 38.000 Km. Sebelumnya panjang jalan non-tol 34.000 Km.

Data tersebut menunjukkan bahwa saat kepemimpinan SBY, pertambahan jalan nasional sekitar 3.941 Km. Sementara saat era Jokowi, pertambahan panjang jalan tersebut sekitar 8.395 Km apabila dilihat angka pada tabel. Sebelumnya 38.570 Km bertambah menjadi 46.965 Km, tertera dalam Buku Informasi Statistik Infrastruktur PUPR (2022).

Baca juga:  Jokowi Dekat dengan Milenial ? Kita Ulas dari Pengalaman Pribadi

Jalan Tol

Selanjutnya melihat data angka pada bagian jalan tol. Sangat terlihat sekali jika pertambahan jalan yang dibangun oleh masing-masing pemimpin terlihat selisih yang cukup signifikan. Pertambahan panjang jalan tol era pemerintahan SBY sekitar 316 Km. Data ini bisa dilihat pada tabel, panjang jalan tol 611 Km bertambah  menjadi 927 Km.

Sementara pada masa kepemimpinan Jokowi, pertambahan jalan tol sekitar 1.697 Km. Sebelumnya panjang jalan 927 Km menjadi 2.624 Km. Namun, perlu diketahui bersama era pemerintahan Jokowi berakhir hingga tahun 2024 mendatang. Tentunya, pertambahan panjang jalan tersebut masih bisa bertambah lagi.

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!