Meningkatkan Kekayaan 10% dalam Setahun, Memang Bisa?

by | May 30, 2024 | artikel, Ekonomi & Bisnis

Pada dasarnya, setiap kehidupan seseorang pasti membutuhkan perencanaan keuangan yang tepat untuk mencapai tujuan bebas finansial. Dengan mencapai tujuan tersebut, kamu bisa meraih kemerdekaan finansial, sejahtera, dan hidup lebih bahagia. 

Secara umum, perencanaan keuangan dibagi menjadi enam aspek, yakni arus kas, asuransi, investasi, pensiun, warisan, dan pajak. Artinya, agar keuangan kamu tertata rapi dan dapat mencapai tujuan yang telah kamu susun, maka kamu perlu mengelola keuangan dari keenam aspek tersebut.

Tingkatkan Kekayaan dengan Strategi yang Tepat dan Kerja Keras

Meningkatkan kekayaan 10% dalam setahun adalah tujuan yang ambisius, tapi bukan mustahil untuk dicapai. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu coba:

Perencanaan Arus Kas

Meningkatkan kekayaan bisa dimulai dari menghitung arus kas dan kekayaan bersih. Ini penting untuk mengetahui kondisi keuanganmu. Jika kondisi keuangan sudah diketahui, baru kamu bisa menghitung kebutuhan dan tujuan keuangan.

Memperhatikan arus kas memang sangat penting dalam manajemen keuangan. Bahkan, ini salah satu poin paling krusial. Kamu tidak bisa berharap dapat mengumpulkan kekayaan, apabila manajemen pemasukan dan pengeluaran kamu setiap periodenya (bulan-tahun), berantakan.

Siklus pemasukan dan pengeluaran serta merta harus direncanakan. Perencanaan ini, meliputi estimasi, forecasting, dan kontrol diri dalam hal-hal yang konsumtif. Contohnya, kamu harus menetapkan target keuangan jangka pendek, menengah, dan panjang. Kamu bisa membeli sebuah sepeda motor terlebih dahulu untuk mobilitas, dibandingkan dengan membeli mobil dengan angsuran (kredit).

Maka dari itu, keberhasilan kamu dalam mengelola dan mengelompokan kebutuhan, akan bermuara di manajemen arus kas ini.

Melihat Kondisi Keuangan Saat Ini

Jika kamu merasa sudah stabil, meningkatkan kekayaan menjadi upaya selanjutnya yang cukup realistis. Namun, jika kamu masih sering kesulitan ekonomi, jangan berharap mengumpulkan kekayaan menjadi hal yang mudah.

Baca juga:  Dalam Masa Wabah dan Kesulitan Ekonomi Minta Tolong ke Siapa ?

Kondisi keuangan saat ini adalah refleksi kehidupan yang kamu jalani. Apakah kamu sudah cukup mapan untuk berani mengambil risiko. Pada dasarnya, meningkatkan kekayaan pasti ada risiko untuk tidak berhasil.

Misalnya saja, pemasukan kamu selama berbulan-bulan cukup menyisihkan 5% saja untuk tidak digunakan, selebihnya untuk keperluan sehari-hari. Kamu sudah stabil, namun untuk meningkatkan pemasukan, harus berani mengambil risiko mengeluarkan akumulasi 5% simpanan tadi ke tempat yang lebih profitable.

Situasi Pribadi

Faktor-faktor seperti kondisi kesehatan, status pernikahan, dan jumlah tanggungan dapat mempengaruhi kemampuan kamu untuk menabung dan berinvestasi.

Kamu harus bisa menilai kapasitas kamu. Orang yang memiliki cukup uang ingin membeli rumah yang mewah, mobil keluaran terbaru, dan liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Namun, tidak banyak yang tahu apa arti kaya yang sesungguhnya dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi kaya dalam setahun.

Menjadi kaya lebih dari sekadar nominal uang yang kamu miliki. Tolak ukur kekayaan seseorang dapat terlihat dari mindset orang itu sendiri. Dalam arti, kamu bisa menjadi kaya tetapi tetap merasa miskin, dan sebaliknya.

Maka dari itu, menilai kapasitas diri menjadi penting. Setiap orang bisa menjadi kaya selama mampu melakukan apa yang diinginkan dengan bebas dan selalu merasa cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika kamu ingin menjadi sangat kaya, kamu harus berani melakukan perubahan yang besar.

Tingkatkan Penghasilan dan Kurangi Pengeluaran

Memang, hal ini terdengar klise sekali. Di mana-mana orang yang harus begitu: penghasilan meningkatkan, dan pengeluaran di-rem.

Mencari pekerjaan dengan gaji lebih tinggi, memulai bisnis sampingan, atau melakukan pekerjaan freelance dapat membantu kamu untuk meningkatkan penghasilan dan menabung lebih banyak.

Baca juga:  Mengungkap Fakta: Benarkah Pembangunan Jalan Era SBY Lebih Unggul Dari Era Jokowi? Cek Kebenarannya!

Investasikan Uang Kamu

Berinvestasi dalam aset seperti saham, obligasi, dan properti dapat membantu kamu menumbuhkan kekayaan dari waktu ke waktu.

Berinvestasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keuangan kamu, walaupun dalam jangka waktu kurang dari setahun. Memilih strategi ini, sangatlah penting untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir risiko. 

Beberapa jenis investasi jangka pendek yang bisa kamu aplikasikan:

  1. Deposito: Menyimpan dana di bank dengan bunga yang kompetitif.
  2. Reksa Dana Pasar Uang: Investasi pada instrumen pasar uang seperti deposito dan SBI dengan tingkat risiko yang relatif rendah.
  3. Obligasi Jangka Pendek: Memberikan pendapatan bunga yang stabil dalam jangka waktu singkat.

Sabar dan Disiplin

Meningkatkan kekayaan membutuhkan waktu dan usaha. Tetaplah berpegang pada rencana kamu dan jangan tergoda untuk mencairkan investasi sebelum waktunya. Pengaturan keuangan harus dilakukan dengan baik dan benar. 

Menjadi kaya tidak hanya soal menabung, kamu juga harus disiplin mencatat setiap pengeluaran. Hal itu perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan penting. Beranilah untuk bisa berubah dalam hidup yang lebih disiplin, lalu sabar dengan prosesnya.

Jika ingin melakukan sebuah perubahan dalam hidup, tentu kamu harus berani mengambil risiko yang sekiranya diperlukan. Berani mengambil risiko bisa menjadi langkah awal untuk kamu mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Beberapa contoh berani mengambil risiko adalah melakukan strategi baru dalam diri, berani memulai usaha baru, dan lain-lainnya.

Penting untuk diingat, bahwa tidak ada jaminan bahwa kamu bisa mencapai tujuan untuk meningkatkan kekayaan 10% dalam waktu yang singkat. Namun, dengan mengikuti strategi di atas dan memiliki mentalitas yang tepat, kamu bisa saja meningkatkan peluang untuk mencapai kesuksesan keuangan.

Sekarang, kamu bisa nikmati kemudahan transaksi fitur pinjaman bunga rendah dari JULO Kredit Digital. Mulai dari tarik dana sampai isi ulang dompet digital – semudah klik di layar smartphone! Pakai sekarang, bayar nanti – yuk download JULO Kredit Digital!

Baca juga:  Cara Merestrukturisasi Perusahaan Dimasa Krisis

Mengenal Aplikasi JULO dan Keunggulannya

JULO adalah perusahaan finansial teknologi inovatif yang hadir untuk memberikan solusi pinjaman online untuk memenuhi biaya pendidikan anak kepada masyarakat Indonesia.

Perusahaan finansial ini berbasis aplikasi di smartphone. Aplikasi JULO selalu menawarkan akses kredit yang mudah dan terjangkau, untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan finansial.

Apalagi JULO juga sudah terdaftar di OJK, yang berarti keamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. OJK akan melakukan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan yang diselenggarakan JULO dan akan segera menindaklanjuti apabila ada kejanggalan.

JULO sudah memiliki izin di OJK di bawah PT Julo Teknologi Finansial ini telah terdaftar dan berada dalam pengawasan OJK dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018.

Izin tersebut diterbitkan pada 31 Juli 2018 untuk nama perusahaan yang sama dengan jenis usaha konvensional.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!