Menjadikan Kehidupan Mahasiswa Anda Lebih Bermakna

by | Mar 17, 2020 | artikel, Inspiration, Motivasi

sumber : pexels.com

Dalam menjalani kehidupan perkuliahan tentunya akan sangat membosankan sekali ketika yang anda lakukan hanyalah kuliah dan kemudian pulang. Terdapat banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kebosanan dan membuat kehidupan kampus anda lebih bermakna. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan agar kehidupan semasa kuliah anda menjadi bermakna dan tidak begitu-begitu saja.

 Ikuti Kegiatan UKM

Berbeda dengan saat di sekolah, Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM memiliki banyak pilihan, mulai dari pecinta alam yang melatih fisik dan kemandirian, klub film, fotografi, menari hingga menyalurkan hobi hingga debat untuk melatih kemampuan logika dan logika opini dan isu serta mempertahankan pendapat. Bagi mereka yang ingin belajar politik dan kepemimpinan, BEM dan DEMA dapat menjadi pilihan.

Bagi mereka yang tertarik dengan jurnalisme, jangan lupa untuk bergabung dengan institusi pers di kampus Anda. Mengikuti UKM ada banyak manfaatnya, selain mendapatkan teman dan pengalaman baru, Anda juga dapat menyalurkan hobi dan bakat Anda. Tidak sedikit siswa yang berkesempatan untuk berkeliling berbagai daerah di Indonesia, bahkan ke tingkat internasional untuk berpartisipasi dalam turnamen dan kompetisi melalui kegiatan UKM yang ia ikuti.

Berwirausaha

sumber : pexels.com

Mencari pundi-pundi rupiah ketika anda berstatus sebagai seorang mahasiswa memang gampang-gampang susah. Untungnya ada banyak pekerjaan sampingan atau paruh waktu untuk mahasiswa yang dapat Anda lakukan tanpa harus berkomitmen untuk berada di kantor atau berdiri sepanjang waktu. Barista, penulis konten, jurnalis lepas dan bahkan tutor misalnya. Bagi mahasiswa kegiatan ini sangat membantu untuk menambah uang saku atau bahkan tabungan.

Selain itu dengan bekerja paruh waktu, Anda dapat lebih menghargai kerja keras orang tua dengan merasakan pengalaman mereka mencari nafkah, menemukan segelintir rupiah halal bukanlah hal yang mudah. Untuk melatih sisi kewirausahaan, Anda juga dapat melakukan kewirausahaan tanpa bergantung pada orang lain alias Anda menjadi bos Anda sendiri. Gunakan hobi Anda. Misalnya jika Anda suka membuat rajutan atau makanan ringan Anda bisa menjualnya langsung ke teman atau menyerahkannya ke kantin kampus. Selain penjualan langsung, Anda juga bisa berjualan secara online.

 

Mengikuti Lomba

sumber : pexels.com

Cobalah untuk ikut serta dalam kompetisi dan kompetisi di kampus dan di luar kampus yang sesuai dengan bidang dan minat Anda. Lomba karya tulis ilmiah, lomba baca berita, lomba di bidang olahraga, lomba tari, apa saja. Apapun hasilnya, menang atau kalah, yang paling penting adalah Anda sudah mencoba dan berkompetisi dalam kompetisi dan berani menantang diri sendiri. Anda juga dapat mengevaluasi hal-hal yang belum dilakukan jika anda tidak memenangkan kompetisi.

Menjalani Hobi Di Waktu Senggang

sumber : pexels.com

Punya hobi menulis, memancing, merenda, fotografi, hingga sepak bola lakukanlah hobi anda selama anda menikmatinya. Hobi adalah kegiatan yang dijalani dengan kesenangan dan tanpa paksaan, maka Anda akan bahagia setelahnya. Hobi positif layak untuk dijalani sebaik mungkin, hobi bisa mencerminkan potensi Anda. Siapa yang bisa mengira jika hobi Anda saat ini ternyata menjadi sumber penghasilan bagi Anda nanti Misalnya, dari hobi membuat buletin, pekerjaan Anda dapat dijual dan dipesan oleh orang-orang.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa anda lakukan selama masa kuliah anda untuk menjadikan kehidupan kuliah anda tidak monoton. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menyenangkan diri anda namun perlu anda ingat, study anda adalah yang paling utama. Jangan sampai karena anda ingin mengejar kesenangan semasa kuliah kemudian studi anda menjadi berantakan. Tetap seimbangkan antara kegiatan akademik dan non akademik agar kuliah anda lancar dan tetap bermakna.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This