Menjaga Kesehatan Mental di Tengah derasnya Informasi Berita Virus Corona

by | Mar 22, 2020 | artikel, Lifestyle, Motivasi

sumber : pexels.com/ Samuel Silitonga

Sudah sejak awal Maret 2020 hingga akhir Maret ini, berita mengenai wabah virus corona di Indonesia belum mereda. Data terakhir per Sabtu (22/3), kasus pasien positif mencapai 514 orang, 48 pasien meninggal dan 29 orang sembuh. Di berbagai media online, televisi maupun media lainnya secara masif memberitakan mengenai virus Corona baik mengenai jumlah korban, cara pencegahan atau kabar lainnya.

Presiden Joko Widodo juga sudah menerapkan kebijakan social distancing dan menghimbau masyarakat untuk belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah untuk menekan penyebaran virus corona. Mengetahui berbagai informasi corona yang deras mengalir saat ini, tak heran jika masyarakat banyak mengalami kepanikan hingga memborong berbagai barang kebutuhan serta dilanda kecemasan berlebih. Dalam situasi seperti ini, hendaknya Anda dan keluarga juga wajib lebih waspada dengan kesehatan mental agar imun tubuh juga tetap terjaga. Bagaimana caranya?

Memanjakan Diri

sumber : pexels.com/ Nathan Cowley

Salah satu langkah terbaik untuk menjaga kesehatan mental dan jiwa adalah dengan melakukan kegiatan yang dapat membuat pikiran dan tubuh Anda merasa nyaman. Hal ini seperti dikutip dari laman CDC (Centers of Disease Control Preventation) Amerika Serikat. Melakukan isolasi diri di rumah memang bisa menjadi hal yang sangat membosankan atau bahkan stress sebab berada di tengah arus berita Corona. Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan seperti membaca buku, mendengarkan musik, menonton film atau memasak. Lakukanlah kegiatan yang dapat membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Sebaiknya hindari mengkonsumsi berita mengenai virus Corona secara berlebihan.

Istirahat dengan cukup juga sangat penting untuk Anda lakukanTingkatkan durasi istirahat Anda. Jangan lupa juga untuk olahraga setiap hari agar kondisi tubuh tetap segar bugar. Lakukan peregangan otot, mengatur pernapasan dan bisa juga dengan bermeditasi.

Baca juga:  Grapadi Kembangkan Program Pelatihan Bisnis Online #DiRumahAja dalam Menghadapi Masa Pandemi COVID19

Komunikasi dengan keluarga

sumber : pexels.com/ Andrea Piacquadio

Tidak semua orang tinggal bersama dengan keluarganya, misalnya saja orang-orang yang sedang merantau. Menjalani social distancing tentunya dapat membuat seseorang merasa sangat kesepian. Sebaiknya, Anda lebih banyak berkomunikasi dengan orang tua di rumah agar tidak merasa kesepian. Perbanyak komunikasi meskipun hanya dengan komunikasi jarak jauh. Ungkapkan perasaan khawatir Anda perihal pandemi pada orang terkasih agar merasa lebih lega.

Jika Anda sedang mengisolasi diri bersama keluarga, berilah pemahaman dan keyakinan bahwa semua anggota keluarga akan tetap aman agar merasa lebih tenang. Jangan membuat kekhawatiran berlebihan dalam keluarga. Selain itu, batasi pula informasi berlebihan mengenai virus corona agar kesehatan mental tetap terjaga.

Menjaga kesehatan tubuh

sumber : pexels.com/ Tirachard Kumtanom

Kesehatan mental juga dipengaruhi oleh kesehatan tubuh. Sebab keduanya saling berpengaruh satu saa lainnya. Ingatlah selalu untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Apabila bepergian, sebaiknya membawa hand sanitizer agar tangan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, rajinlah mandi minimal 2 hari sekali, ganti baju setelah keluar dari rumah. Kemudian jangan lua untuk rajin membersihkan lingkungan dengan menyemprotkan cairan desinfektan pada benda yang sering disentuh di rumah.

Bijak dalam menyikapi informasi

sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio

Berita informasi yang deras di berbagai media, menjadikan Anda perlu untuk memperbaharui sumber informasi yang akurat dan terpercaya. Jangan asal menerima berita dari media yang belum dikenal. Hati-hati juga dalam menshare berita hoax, yang malah bisa memberi kepanikan dalam masyarakat. Atau bahkan memberikan informasi bohong pada publik. Jangan mudah percaya pada broadcast pesan yang belum terbukti keakuratannya. Jika perlu segera hapus pesan hoax tersebut.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This