Menjaga Motivasi Kerja Ketika Perusahaan Sedang Mengalami Krisis

by | Apr 3, 2020 | artikel, Inspiration

sumber : pexels.com/ elevate

Krisis, krisis tak pernah berubah. Dapat menyerang siapa saja dan apa saja bahkan tanpa ada pemberitahuan. Ketika anda sebagai seorang pegawai di sebuah perusahaan yang sedang mengalami krisis tentu saja selalu terbesit pikiran untuk meninggalkan perusahaan tersebut. Pasti ada juga yang berpikiran bahwa sebentar lagi mereka akan dipecat dan kembali menjadi pengangguran. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kondisi psikis anda tetap prima ketika perusahaan anda dilanda krisis.

Berpikir Positif

sumber : pexels.com/ Pixabay

Tidak ada untungnya jika anda terlalu larut dalam pikiran pesimis anda. Selain menurunkan kualitas kerja anda, berpikir negatif juga memiliki dampak negatif yang mungkin anda tidak sadari. Jika anda terlalu larut dalam pikiran negatif anda maka hal tersebut juga akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan anda yang dapat berakibat pada hilangnya sebuah solusi untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.

Dengan berpikir positif setidaknya untuk tetap menjaga profesionalitas anda dalam bekerja, segala macam musibah pasti ada jalan keluarnya dan jalan keluar tersebut hanya bisa anda dapatkan ketika otak anda bekerja dengan optimal yakni pada saat dipenuhi oleh optimisme.

Menjalankan Hobi

sumber : pexels.com/ Sunyu Kim

Krisis perusahaan, potensi pemutusan kerja, pengangguran, dan tidak mempunyai penghasilan merupakan hal yang wajar menghantui anda sebagai pekerja ketika perusahaan anda sedang krisis. Jika anda benar-benar tidak bisa berpikir positif setidaknya jangan terlalu larut dalam keputusasaan anda. Lakukan hobi yang anda sukai untuk menjauhkan anda dari pikiran negatif.

Jika anda memiliki hobi mancing, pergilah memancing saat weekend atau sepulang kerja. Jika anda punya hobi bermain musik, sentuh lagi alat musik yang lama anda tinggalkan karena kesibukan kerja. Hobi-hobi sepele dapat menjadi sebuah pelarian sementara daripada anda terlalu larut dalam pikiran yang pesimis. Dengan melakukan hobi yang anda sukai anda akan menjaga moral anda, dan menemukan hal yang indah dalam hidup anda.

Baca juga:  Mengatasi kekhawatiran di tengah krisis ekonomi akibat Virus corona

Membuka Usaha Sampingan

sumber : pexels.com/ Olenka Sergienko

Anda adalah pegawai yang sudah menghabiskan separuh hidup anda untuk mengabdi di sebuah perusahaan. Sedikit banyak anda pasti tahu krisis seperti apa yang dapat membuat perusahaan kolaps dengan seketika. Jika anda sudah merasa minim harapan perusahaan anda untuk bangkit. Maka segera lakukan planing anda yang lama tertunda yakni membuka usaha sampingan. Dengan anda membuka sampingan selain turut menjauhkan anda dari pikiran pesimis karena perusahaan anda berada diambang kebangkrutan. Dengan membuka sebuah usaha sampingan setidaknya anda punya secondary income yang bisa anda gunakan untuk memberi makan anak dan istri anda ketika perusahaan anda benar-benar kolaps.

sumber : pexels.com/ Christina Morillo

Besar kemungkinan usaha sampingan anda tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari namun setidaknya hal ini cukup untuk mengganjal perut keluarga anda sampai anda mendapatkan pekerjaan yang baru. Toh apabila ternyata perusahaan anda bisa survive dari krisis anda justru bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha sampingan anda tersebut. Yang terpenting dari poin ini adalah tetap menjauhkan pikiran anda dari rasa putus asa dan pesimis, karena keputusasaan adalah langkah awal dari kehancuran hidup anda.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga motivasi hidup anda sebagai karyawan saat perusahaan tempat anda bekerja berada dalam masa krisis. krisis , krisis tak pernah berubah, dapat menyerang kapan saja, siapa saja tanpa pandang bulu. Namun seorang manusia bisa bisa berubah dari segala pelajaran hidup yang pernah ia dapat semasa hidupnya. Tak ada gunanya putus asa, tetap melihat kedepan dan gapai cita-cita anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This