Peluang Bisnis Alat Kesehatan

by | Mar 30, 2020 | artikel, Ekonomi & Bisnis

sumber : pexels.com/ Chokniti Kongchum

Melihat perkembangan zaman dan juga pola hidup manusia, alat kesehatan merupakan sebuah investasi jangka panjang yang pada saatnya nanti bisa anda gunakan untuk menuai keuntungan dengan maksimal. Pada dasarnya kesehatan manusia merupakan sebuah kebutuhan primer yang harus dijaga setiap waktu. Tidak peduli usia berapapun seorang manusia pasti memerlukan kebutuhan untuk menjaga kesehatannya oleh karena itu alat kesehatan merupakan salah satu investasi jangka panjang yang tidak akan ada matinya, sama dengan industri jasa dan industri kuliner.

sumber : pexels.com/ Pixabay

Selain itu dalam membuka bisnis yang berkaitan dengan alat kesehatan dan juga farmasi anda sangat dimudahkan sekali dengan berbagai macam produsen farmasi besar yang bisa melakukan distribusi ke apotek yang anda buat. Jangan pernah berfikir terjun ke dalam bisnis alat kesehatan tanpa membuka sebuah apotek. Karena pada nyatanya toko yang khusus menjual alat kesehatan kalah jauh dari segi keuntungan dibandingkan dengan apotek yang menjual obat dan juga alat kesehatan. Tidak ada larangan secara tertulis pula yang menyebutkan bahwa apotik tidak boleh menjual alat kesehatan jadi anda yang berniat melakukan bisnis alat kesehatan anda bisa saja sekalian melakukan bisnis apotek.

Prospek Penjualan Alat Kesehatan Dan Produk Farmasi

sumber : pexels.com/ Pixabay

Obat dan alat kesehatan merupakan kebutuhan primer dari setiap manusia terutama bagi mereka yang sakit. Tidak ada manusia yang tidak pernah sakit sehingga bisnis apotek dan penjualan alat kesehatan sangat menguntungkan. Dengan anda membuat sebuah apotek anda tidak perlu kesulitan lagi menentukan target konsumen karena sudah jelas bahwa orang yang sakit akan datang ke apotek anda untuk membeli obat. Dan orang yang membutuhkan alat penunjang kesehatan bisa datang pula ke apotek anda.

Salah satu kelemahan dari bisnis apotek ini sendiri adalah anda tidak mungkin bisa menghandle apotek anda sendirian. Dibutuhkan partner kerja seperti apoteker, asisten apoteker, manager apoteker yang posisinya bisa anda isi. Tanpa ketiga aspek penting ini apoteker sebenarnya tidak boleh berdiri karena pada peraturan di indonesia sendiri menyebutkan bahwa pada tiap toko farmasi harus ada apoteker yang bertugas dan juga memiliki manajer apotek. Jika anda adalah lulusan apoteker anda bisa saja mengakali peraturan tersebut dengan anda membuka sendiri apotek anda namun tentunya hal ini akan menambah beban kerja anda sehingga sisi penjualan dan pelayanan konsumen tidak akan optimal.

sumber : pexels.com/ Pranidchakan Bonrom

Bisnis alat kesehatan dan farmasi dewasa ini sangat dimudahkan sekali dengan banyaknya kebijakan para produsen farmasi besar yang seringkali memberikan insentif tiap kali ada produk obat dari produsen mereka yang dijual di apotek anda. Dari segi alat kesehatan sendiri anda bisa juga lebih fokus ke alat kesehatan dan menjalin partnership dengan salah satu rumah sakit swasta di daerah tempat bisnis anda sebagai penyuplai alat kebutuhan medis. Praktek partnership pengadaan alat kebutuhan medis bagi rumah sakit merupakan aktivitas bisnis yang legal dan memiliki izin resmi yang tertera dalam undang-undang jadi jika anda mengembangkan bisnis alat medis anda dengan skala yang masif anda bisa saja didapuk sebagai salah satu penyedia alat kebutuhan medis salah satu rumah sakit swasta di kota domisili anda.

sumber : pexels.com/ Daniel Frank

Itulah tadi sekilas mengenai prospek bisnis alat kesehatan dan farmasi yang bisa anda jadikan referensi ketika anda berniat membuka sebuah usaha penjualan alat medis atau anda berniat membuka apotik. Penjual alat medis dan apotek memiliki banyak sekali keuntungan jangka panjang yang bisa anda jadikan salah satu solusi investasi untuk memaksimalkan pendapatan anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This