Peluang Bisnis Makanan Rumahan

by | Mar 30, 2020 | artikel, Ekonomi & Bisnis

sumber : pexels.com/ Daria Shevtsova

Salah satu model usaha yang tidak akan pernah ada matinya adalah bisnis makanan atau kuliner. Makanan merupakan kebutuhan primer manusia dimana tanpa adanya makanan manusia pasti akan mati. Begitu pula dengan industri makanan tanpa adanya industri ini maka inovasi akan makanan yang bisa dinikmati oleh lidah manusia pasti akan sangat terbatas sekali. Industri makanan meskipun skalanya kecil turut serta berpartisipasi dalam inovasi kuliner di indonesia maka tak heran apabila persaingan di bidang industri kuliner ini sangat sengit sekali. Namun anda jangan keburu berkecil hati dan mengurungkan niat anda untuk membuka bisnis kuliner karena masih banyak sekali peluang dan prospek yang bisa anda dapatkan.

Potensi Bisnis Makanan Rumahan

sumber : pexels.com/ Daria Shevtsova

Bisnis makanan rumahan adalah saat ini tengah berada dalam zona bisnis yang paling mudah dan bahkan hanya dengan modal sepasang lutut kaki dan niat anda. Jika anda merupakan individu yang baru saja dilanda kebangkrutan anda bisa membuka warung take away dari dapur di rumah anda sendiri memanfaatkan jasa go food yang saat ini sedang sangat booming. Di salah satu daerah di jawa timur tepatnya di kota jember terdapat setidaknya lima belas rumah makan berbasis take away yang bisa anda akses langsung melalui aplikasi go food. Mayoritas warung take away berbasisi go food atau grabfood ini awalnya adalah milik ibu kos yang memiliki hobi masak dan memiliki dapur yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak kos.

sumber : pexels.com/ Pixabay

Namun tidak disangka trend dari warung take away ini sangat diminati karena selain dari cita rasa kuliner yang ditawarkan sendiri memiliki cita rasa yang bersaing, kemudahan pemesanan yang didukung dengan aplikasi ojek online juga memudahkan konsumen. Dari sisi pedangan sendiri membuka warung  take away ini menjadi solusi jika anda tidak ingin ada bahan masakan anda yang tidak terbuang sia-sia. Karena anda memasak makanan hanya apabila ada orderan. Meskipun keuntungan penjualan sangat bergantung pada jumlah konsumen yang memesan namun apabila masakan anda sudah terbukti digemari oleh para pelanggan anda tidak mungkin kekurangan pesanan konsumen bahkan anda bisa kewalahan menghadapi pesanan dari konsumen anda.

Bisnis warung take away ini poin pentingnya adalah makanan untuk dibawa pulang, jadi anda tidak perlu susah-susah menyediakan meja dan kursi untuk konsumen anda, karena sudah jelas tidak ada yang makan di tempat. Kecuali jika warung anda sudah banyak konsumen anda bisa melakukan ekspansi dengan menyediakan lokasi untuk makan di tempat. Namun ide awal dari warung take away ini sendiri adalah warung yang menyediakan makanan untuk dibungkus, tidak untuk dimakan ditempat.

sumber : pexels.com/ Trang Doan

Selain warung take away, salah satu potensi bisnis masakan rumahan adalah dengan membuka food truck atau car food yang dewasa ini sedang banyak digemari oleh para konsumen. Tidak perlu masakan yang ribet dan mewah, yang diperlukan adalah pemilihan lokasi yang tepat untuk tempat anda berjualan, karena dengan lokasi dan demografi masyarakat yang sudah anda teliti sebelumnya anda bisa memaksimalkan pendapatan anda dengan maksimal.

sumber : pexels.com/ Ella Olsson

Sebagai salah satu contoh kita ambil daerah kampus di kota jember jawa timur, trend dari food truck ini tidak pernah muluk-muluk menjual makanan yang mewah dan unik. Dari sekitar lima buah food truck yang beredar di kota jember, jenis makanan yang dijual antara lain, nasi pecel, nasi kuning, soto, tahu lontong, dan bubur ayam. Semuanya merupakan masakan yang mudah dibuat dan setiap kalangan bisa menikmati, yang terpenting adalah aspek rasa dari makanan yang anda jajakkan, tanpa rasa yang nikmat niscaya konsumen anda akan kembali ke warung anda.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This