Pembangunan Jalan Era SBY VS Jokowi Tol dan Non Tol, Manakah yang Lebih Baik?

by | May 29, 2023 | artikel, Opini & Wawancara, SEO, Social Media

Pembangunan Jalan Era SBY VS Jokowi Tol dan Non Tol masih cukup ramai menjadi perbincangan publik akhir-akhir ini. Hal ini karena dalam masa 2 pemerintahan kepresidenan tersebut telihat perbedaan yang cukup mencolok terkait dengan infrastruktur jalan. Mengingat, pembangunan jalan adalah salah satu aspek penting dalam infrastruktur suatu negara. Jalan yang baik dan terhubung dengan baik memiliki peran vital dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, mobilitas masyarakat, serta integrasi regional.

Pada era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang menjabat sebagai Presiden Indonesia dari tahun 2004 hingga 2014, dinilai lebih banyak melakukan pengembangan jaringan jalan nasional daripada jalan tol.  Namun, era pemerintahan Jokowi, yang memimpin Indonesia sejak tahun 2014 hingga saat ini, juga menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pembangunan jalan.

Melihat Perbandingan Pembangunan Jalan Tol dan Non Tol Era SBY VS Jokowi

Jika dilihat dari tabel di atas, maka pada era dua keprisidenan ini nampak sebuah perbedaan terkait dengan prioritas pembangunan jalan. Bila SBY lebih fokus pada pembangunan jalan nasional, maka Jokowi lebih menitikberatkan pada pembangunan jalan tol. Pembangunan jalan nasional pada tahun 2004 yakni masa pemerintahan SBY, terdapat 372.928 km. Lalu, hingga akhir kepemimpinannya di tahun 2014, jalan nasional bertambah menjadi 517.753 km. Artinya, era SBY berhasil membangun jalan nasional dengan total 144.825 km, yang jika dirata-rata maka sekitar 14.482 km jalan berhasil dibangun per tahunnya.

Sementara itu, berdasarkan data BPS terkait pembangunan jalan Non Tol pada tabel di atas, hingga tahun 2021 Jokowi menambahkan pembangunan jalan nasional menjadi 546.116 km saja. Data ini menunjukkan bahwa Jokowi hanya menambah 28.363 km jalan nasional sejak tahun 2014. Hal tersebut menunjukkan bahwa hanya sekitar 3.545 km jalan nasional yang ditambahkan oleh Jokowi per tahun. Tentu sangat terlihat sekali perbandingannya, bukan?

Baca juga:  Korban Bullying Sering Tak Sadar Bila Ditindas, Kenali Beberapa Jenis Penindasan Ini Dulu

Namun, sedikitnya pembangunan jalan nasional yang dilakukan oleh Jokowi bukan tanpa alasan. Sebab, pada pemerintahannya Jokowi lebih fokus pada pembangunan jalan Tol di berbagai wilayah. Berdasarkan data tol yang diperoleh dari data BPJT PUPR di atas, Jokowi telah membangun tol sepanjang 1.848,1 km sejak awal masa pemerintahannya hingga tahun 2023. Tentu ini sangat berbeda dari masa pemerintahan SBY yang hanya membangun tol sepanjang 212 km.

Bahkan, demi mewujudkan programnya, Jokowi juga memperkuat peran Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dalam mengawasi dan mengelola proyek-proyek jalan tol. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi, efisiensi, dan pengawasan terhadap pembangunan jalan tol di berbagai wilayah Indonesia. Jokowi memiliki proyek jalan tol yang sangat penting, seperti Jalan Tol Trans-Sumatra yang menghubungkan Provinsi Lampung hingga Aceh, serta proyek jalan tol di Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Meskipun terdapat perbedaan pendekatan dan strategi antara era SBY dan Jokowi dalam pembangunan jalan, keduanya memiliki komitmen yang kuat terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia. Baik SBY maupun Jokowi mengakui pentingnya pembangunan jalan dalam meningkatkan konektivitas, mobilitas, dan pertumbuhan ekonomi negara ini.

Itulah perbedaan prioritas pembangunan jalan era SBY VS Jokowi tol dan non tol selama kepemimpinannya. Penting untuk diingat bahwa pembangunan jalan merupakan proyek jangka panjang dan membutuhkan komitmen berkelanjutan dari pemerintah serta dukungan masyarakat. Pembangunan jalan yang berhasil akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pertumbuhan ekonomi, peningkatan aksesibilitas, serta kualitas hidup masyarakat di Indonesia.

Baca Juga Jasa Pembuatan Studi Kelayakan dan Jasa Studi Kelayakan

 

 

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!