Riset pasar adalah suatu kegiatan meneliti di bidang pemasaran (pasar). Kegiatan tersebut memberikan gambaran akan jenis produk atau jasa yang akan mendatangkan keuntungan bagi sebuah bisnis. Riset pasar dapat memberikan informasi dan gambaran tingkat kepuasaan pelanggan akan produk usaha.
Riset pasar dan riset pemasaran beda, jadi jangan dianggap sama. Memang, saling berhubungan, tetapi dalam tugasnya sudah berbeda, apalagi dilihat dalam pengertiannya. Riset pasar lebih fokus pada keadaan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Contoh Riset Pasar
Berikut beberapa contoh riset pasar yang bisa dicoba maupun dikaji:
1. Riset Pasar Produk Sabun Mandi
Ada suatu perusahaan yang sedang memakai jasa iklan di televisi sekaligus melakukan riset agar bisa mengetahui profil target pasar mereka. Bisa dilihat minimal, dari jenis kelamin, usia, dan informasi lainnya.
Jika target konsumen adalah wanita, maka model yang digunakan bisa model perempuan yang cantik terkenal, punya pengaruh dalam soft selling, dan elegan. Pemilihan tema dan warna dalam produk disesuaikan dengan minat masyarakat atau hasil riset pasar.
2. Riset Pasar Produk Mie Instan
Sebelum melakukan produksi, maka diperlukan riset pasar agar tahu keinginan maupun minat dari konsumen. Hal tersebut juga berguna agar mengetahui kebutuhan konsumen. Misal, ada banyak konsumen yang menginginkan ukuran mie instan dalam bentuk besar.
Dari hal tersebut, maka perusahaan melakukan produksi mie instan dalam ukuran besar dalam jumlah tertentu sesuai target pasar. Dari situ, diketahui bahwa pelanggan sekarang menyukai mie instan juga dipertimbangkan dari ukuran.
3. Riset Pasar Makanan Siap Saji
Riset produk ini harus dilakukan dengan survei lokasi dulu sebelum membuka atau menyebarkan produknya. Informasi yang dikumpulkan meliputi, konsumen mana saja yang biasanya lewat di lokasi tersebut, waktu ramai di lokasi, gambaran akses atau jalur ke lokasi.
Alat transportasi apa saja yang bisa digunakan untuk ke lokasi, dan sarana prasarana disana, dilihat juga lain sebagainya. Informasi tersebut nantinya menjadi pertimbangan dalam menentukan lokasi yang potensial dalam membuka kedai baru.
Proses Riset Pasar
Berikut beberapa proses dari riset pasar, diantaranya:
1. Melakukan Riset Pasar
Cara pertama dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui kondisi pasar, jadi langsug ke lokasi tujuan agar tahu apa yang akan dilanjutkan demi produk perusahaan. Survei bisa dilakukan dengan menggunakan kuisioner, wawancara, mauoun interview, atau isi form.
2. Mengamati Perkembangan Pasar
Perkembangan pasar menentukan trending minat pasar apa yang sedang dicari oleh masyarakat. Perubahan trend setiap waktu memungkinkan perusahaan untuk update terus, baik online maupun offline.
3. Melihat Persaingan Pasar
Persaingan semakin ketat, apalagi di era digital ini kita diharuskan untuk berpikir kreatif maupun inovatif. Saat suatu perusahaan kompetitor mengeluarkan produk unik, maka kita dibiasakan untuk mencari inovasi dalam produk tersebut, agar berbeda.
4. Melakukan Uji Coba di Pasar
Sebelum dipasarkan lebih jauh, maka produk diuji coba terlebih dahulu, agar perusahaan tidak rugi dan mendapat evaluasi akan hal itu. Hal tersebut untuk mengetahui minat dari pelanggan seperti apa. Cara mudah, cukup memberikan sampel produk ke eceran toko atau ke pelanggan langsung.
Manfaat Melakukan Riset Pasar
Berikut manfaat melakukan riset pasar yang bisa dirasa, diantaranya:
1. Membantu Brand dalam Mendapatkan Informasi
Riset pasar membantu perusahaan dalam mendapatkan informasi akan besarnya pasar potensial suatu produk atau jasa. Hal itu disesuaikan dengan target, jadi lebih ke penentuan target penjualan maupun pencapaian market share di pasar.
2. Mengetahui Review dari Suatu Produk maupun Jasa
Dengan riset pasar, kita akan mengetahui tanggapan akan suatu produk maupun jasa di pasar. Hal tersebut berguna untuk sebuah produk dan jasa yang akan diluncurkan. Sehingga muncullah strategi pemasaran baru dalam meningkatkan penjualan yang ada.
3. Memahami Perilaku Pelanggan sesuai Target Pasar
Dengan riset yang baik, memudahkan perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Selain itu bisa melakukan analisis kampanye iklan maupun promosi yang akan dilakukan.
4. Menghasilkan semua Data dan Informasi yang Diinginkan
Hal tersebut guna untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang sedang berjalan dan pastinya bisa memajukan suatu perusahaan dalam berbisnis. Adanya riset pasar juga bisa membantu bisnis dalam memperkuat posisi.
Itulah penjelasan tentang Contoh Riset Pasar, Proses, dan Manfaat, semoga bermanfaat.
0 Comments