Tujuan Membuat Laporan Keuangan Bisnis

by | Sep 14, 2020 | Ekonomi & Bisnis

Pada dasarnya laporan keuangan merupakan laporan yang diperlukan untuk mengetahui kondisi keuangan suatu bisnis yang sedang dijalankan. Dengan laporan keuangan yang jelas, maka anda bisa menentukan berapa jumlah keuntungan atau kerugian yang diperoleh. Pembuatan laporan keuntungan perlu untuk dilakukan, karena laporan keuntungan memiliki berbagai tujuan yang baik.

Tujuan Membuat Laporan Keuangan Bisnis

1. Informasi Aset

Aset bisnis memang sangatlah beragam, tergantung dari jenis bisnis yang dijalankan. Aset bisnis yang biasanya diaggap berharga adalah tanah, bangunan dan peralatan untuk operasional bisnis. Aset bisnis bisa di tambah sesuai dengan kebutuhan dan aset bisnis yang banyak, akan membuat pebisnis berpeluang membuka cabang bisnisnya.

Ketika anda ingin mengetahui informasi aset yang dimiliki suatu bisnis, maka anda perlu membuat laporan keuangan yang jelas dan terperinci. Laporan keuangan akan membuat anda mengetahui berapa jumlah set yang dimiliki dan berapa jumlah aset yang sudah terbuang. Dengan informasi aset yang jelas, maka anda bisa menambah aset sesuai dengan kebutuhan.

2. Ketahui Jumlah Modal

Modal usaha bisa diperoleh dari uang saku pribadi, pinjaman atau dari penjualan aset pribadi. Modal yang paling aman adalah modal yang dihasilkan dari uang saku pribadi, karena memiliki resiko yang lebih kecil. Apabila anda menggunakan modal pinjaman, maka anda harus bertanggung jawab mengembalikannya dalam kuran waktu tertentu.

Modal adalah komponen yang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis. Bisnis dengan menggunakan modal yang jelas akan lebih cepat berkembang, karena berbagai tujuan bisnis bisa berjalan sesuai rencana. Untuk mengetahui jumlah modal yang dimiliki, maka anda perlu mengetahui jumlah modal yang dimiliki dan hal ini bisa dilakukan dengan membuat laporan keuangan yang jelas.

Baca juga:  Mana Yang Terbaik, NPV Yang Tinggi Atau IRR Yang Tinggi?

3. Arus Kas

Arus kas bisnis yang tidak berjalan dengan stabil, akan menghabat proses perkembangan bisnis. Rincian mengenai arus kas sangat penting untuk diketahui, agar bisa menjalankan aktivitas bisnis dengan lancar. Untuk mengetahui arus kas yang jelas, maka anda harus membuat laporan keuangan yang terperinci dan dibuat dengan skema yang benar.

4. Target Bisnis

Bisnis yang dijalankan, tentu harus memiliki target bisnis yang jelas. Target bisnis harus dirinci dalam proses perencanaan pembangunan bisnis, agar perjalanan bisnis disesuaikan dengan targetnya. Bisnis yang tidak memiliki target yang jelas, akan memiliki perjalanan yang stabil dan sulit untuk berkembang dengan efektif.

Untuk mengetahui pencapaian target bisnis yang diperoleh, maka anda harus membuat laporan keuangan yang jelas. Apabila target bisnis berhasil dicapai dengan baik, maka anda bisa menaikkan target di bulan berikutnya dan apabila target bisnis gagal dicapai, maka anda harus lakukan evaluasi bisnis secara keseluruhan.

Itulah bahasan singkat mengenai tujuan membuat laporan keuangan bisnis dan semoga semua bahasan dalam artikel ini bermanfaat untuk para pembaca.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This