Wirausaha Pemuda Islam, Mengapa Itu Penting?

by | Jul 28, 2020 | Khazanah

wirausaha pemuda islamWirausaha pemuda islam sangatlah dibutuhkan di dunia terutama di Indonesia. Karena peran pemuda islam ini sangat besar baik itu untuk umat maupun negara. Melalui wirausaha para pemuda muslim Indonesia dapat memberikan banyak manfaat seperti mengurangi jumlah pengangguran, berkarya namun tetap bisa berdakwah dengan caranya masing-masing.

Selain itu, dengan wirausaha Anda bisa memperoleh rezeki dalam jumlah lebih besar. Karena 9 dari 10 pintu rezeki adalah perdagangan. Walaupun demikian, sebagai pemuda muslim yang cerdas haruslah memiliki ilmu dan pengalaman agar perdagangan dan wirausaha yang dilakukan tidak asal-asalan sehingga menghasilkan untung yang besar.

Beberapa Keuntungan Dari Wirausaha Pemuda Islam

Menjadi seorang pengusaha muda muslim merupakan dambaan banyak orang. Karena memiliki usaha sendiri tidaklah mudah, selain itu terdapat banyak tantangan dan rintangan dalam berwirausaha seperti modal, tempat dagang, izin, pesaing dan lainnya.

Walaupun demikian, terdapat berbagai keuntungan dunia dan akhirat menjadi wirausaha pemuda islam tersebut, seperti:

Memperluas Jalan Rezeki

Wirausaha pemuda islam tentu memiliki jalan rezekinya sendiri karena Anda membuka usaha sendiri. Hal ini tidak hanya bermanfaat secara ekonomi tapi juga sosial. Karena Anda membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Nah, kebanyakan orang berpikir bahwa memiliki usaha sendiri hanya memiliki efek untuk diri sendiri. Namun, orang-orang yang bekerja dibawah Anda merupakan jalan rezeki lainnya.

Karena dari keikhlasan mereka bekerja, usaha Anda akan berjalan dengan baik. Belum lagi dari doa yang mereka panjatkan kepada Allah SWT agar usaha Anda berjalan baik ataupun memperoleh kesehatan sepanjang waktu.

Mandiri

Memiliki usaha sendiri bagi para pemuda islam akan mendidik diri menjadi mandiri. Maksudnya, Anda bebas membuat peraturan akan usaha tersebut terbebas dari kuasa pihak manapun. Jika usaha seperti ini dimiliki oleh banyak pemuda muslim, maka Anda akan terbebas dari penjajahan setidaknya dari segi ekonomi.

Baca juga:  Mengapa Harus Berthariqat ?

Karena, dari wirausaha muda muslim yang banyak tersebar di Indonesia akan membuat Indonesia menjadi kuat. Bisnis UMKM dan sejenisnya jika dilakukan dengan baik akan mampu bertahan bahkan dalam kondisi krisis sekalipun. Dan, hal ini terbukti pada masa krisis beberapa tahun yang lalu.

Menjadi mandiri secara ekonomi akan membuat Anda dapat berpijak lebih kuat di dunia dan akhirat. Jika hal ini terjadi secara nasional, maka Indonesia terlebih pemuda islam akan berdiri teguh dan terbebas dari penjajahan secara ekonomi.

Sedekah

Keuntungan menjadi wirausaha pemuda islam lainnya adalah mempermudah Anda dalam beribadah. Karena menjadi orang kaya atau berkecukupan akan memudahkan diri untuk bersedekah, zakat, qurban dan lainnya. Tiga hal ini sebenarnya memiliki efek yang sangat besar bagi pemerataan kesejahteraan sehingga jurang kesenjangan antara yang punya dan tidak menjadi mengecil.

Selain itu, dengan menjadi wirausahawan sukses akan memudahkan Anda untuk melakukan gerakan penggalangan dana bersama wirausahawan lainnya. Gerakan ini tidak hanya baik secara duniawi tetapi juga akhirat. Oleh karena itu, jadilah seorang wirausaha muda yang positif dan bermanfaat bagi umat.

Dakwah

Menjadi seorang wirausahawan juga akan memudahkan Anda untuk berdakwah. Mengapa? Anda bisa melakukan hal ini layaknya Yusuf Mansur yang dakwahnya fokus pada sedekah. Namun, Anda fokus pada wirausaha yang islami. Hal ini sangat bermanfaat, karena Anda bisa menanamkan dan menebarkan virus wirausaha yang islami yang baik.

Selain itu, menjadi wirausaha yang sukses akan memudahkan Anda untuk memuluskan kegiatan dakwah diberbagai daerah melalui sumbangan yang diberikan.

Itulah beberapa keuntungan dari menjadi seorang wirausaha pemuda islam. Setelah mengetahui hal tersebut Anda tentu paham mengapa hal ini sangat penting. Oleh karena itu, jadilah seorang wirausaha muda muslim yang sukses agar Anda terbebas dari penjajahan ekonomi dan dapat berdakwah dengan lebih mudah.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This