Cara Melakukan Riset Pasar yang Efektif

by | Dec 4, 2021 | Ekonomi & Bisnis

Riset pasar diperlukan agar perusahaan tahu minat masyarakat akan suatu produk dan up to date bagaimana caranya menarik minat konsumen dalam memakai produk perusahaan. Adanya kompetitor membuat perusahaan was-was cemas, sehingga riset pasar yang efektif diperlukan.

Dengan begitu, waktu, tenaga yang dikeluarkan perusahaan tidak banyak, tetapi menghasilkan tujuan yang jelas. Proses dalam riset juga tidak asal-asalan, karena perlu urutan tertentu agar mendapatkan hasil yang maksimal, diantaranya:

  1. Melakukan Riset Pasar

Cara pertama dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui kondisi pasar, jadi langsug ke lokasi tujuan agar tahu apa yang akan dilanjutkan demi produk perusahaan. Survei bisa dilakukan dengan menggunakan kuisioner, wawancara, mauoun interview, atau isi form.

  1. Mengamati Perkembangan Pasar

Perkembangan pasar menentukan trending minat pasar apa yang sedang dicari oleh masyarakat. Perubahan trend setiap waktu memungkinkan perusahaan untuk update terus, baik online maupun offline.

  1. Melihat Persaingan Pasar

Persaingan semakin ketat, apalagi di era digital ini kita diharuskan untuk berpikir kreatif maupun inovatif. Saat suatu perusahaan kompetitor mengeluarkan produk unik, maka kita dibiasakan untuk mencari inovasi dalam produk tersebut, agar berbeda.

  1. Melakukan Uji Coba di Pasar

Sebelum dipasarkan lebih jauh, maka produk diuji coba terlebih dahulu, agar perusahaan tidak rugi dan mendapat evaluasi akan hal itu. Hal tersebut untuk mengetahui minat dari pelanggan seperti apa. Cara mudah, cukup memberikan sampel produk ke eceran toko atau ke pelanggan langsung.

Tips Riset Pasar Agar Sukses dalam Bisnis

Berikut tips riset pasar agar sukses dalam bisnis, diantaranya:

1. Fokus pada Tujuan Riset Perusahaan

Sebuah perusahaan penting dalam menentukan fokus tujuan yang akan dicapai, lebih ke target. Hal ini diperlukan agar riset tidak melebar kemana-mana, sehingga tidak fokus. Contoh, akan riset platform online yang banyak digunakan konsumen.

Baca juga:  5 Keuntungan Memiliki Majalah Bisnis Digital

2. Tetap Kreatif dalam Melakukan Riset

Inovasi dan kreasi perlu dilakukan dalam suatu produk dengan kompetitor yang banyak, dari situ mendapatkan informasi dari pelanggan akan produk yang dipakai. Review sekaligus menjadi evaluasi bagi perusahaan.

3. Gunakan Informasi Terbaik

Maksudnya adalah saat mendapatkan informasi paling banyak dalam suatu produk, maka kita perlu memilah informasi mana yang paling penting dan terbaik sehingga kita akan menemukan solusi yang paling tepat dan perlu.

Pentingnya Riset Pasar Bagi Perusahaan

Riset pasar penting karena untuk menjalankan marketing research (riset pemasaran), dimana mengetahui dan menganalisis data yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun pasar bisnis. Adanya itu akan mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan.

Selain itu bisa mengetahui besarnya permintaan dan potensinya, kemudian kapan permintaan memuncak, dan kapan mulai turun. Pentingnya riset pasar untuk memanajemen pemasaran yang bagus dan benar, begitulah.

Alasan Perlu Melakukan Riset Pasar

Berikut ini alasan yang perlu diketahui kenapa melakukan riset pasar itu penting, diantaranya:

  1. Agar Bisa Mengidentifikasi Masalah dan Peluang di Pasar

Riset ini membantu dalam mengidentifikasi peluang baru untuk produk baru maupun lama. Riset ini memberikan informasi tentang pangsa pasar. Selain itu bisa digunakan dalam memecahkan masalah oleh perusahaan.

  1. Agar Bisa Menyusun Strategi Pasar yang Matang

Pasar sekarang tidak hanya bersifat lokal, tetapi bersifat global. Perusahaan sekarang sulit dalam melakukan interaksi dengan konsumen dan mengontrol saluran distribusinya. Persaingan semakin ketat, dengan sulit diprediksi lagi kebutuhan konsumen.

  1. Agar Bisa Meningkatkan Penjualan

Riset ini digunakan untuk menganalisis atau mengevaluasi kinerja perusahaan di suatu pasar. Hal tersebut guna mempelajari efektivitas tenaga jual dan bisa mengidentifikasi wilayah penjualan yang paling berpotensi.

  1. Agar Bisa Memperkirakan Penjualan

Tantangan terbesar dari manajemen produksi adalah masalah jaga stok agar tetap optimal dan produksi terus dilakukan agar memebuhi permintaan sehingga dalam perkiraan penjualannya perlu dihitung dengan metode ilmiah.

  1. Agar Bisa Merevitalisasi Brand

Riset ini digunakan dalam mempelajari posisi brand atau merek untuk bisa mengeksplorasi peluang yang ada, bahkan bisa merubah nama brans itu sendiri. Sekain itu juga, bisa memudahkan dalam pengenalan produk baru.

Baca juga:  Mana Yang Terbaik, NPV Yang Tinggi Atau IRR Yang Tinggi?

Cara Menjalankan Riset Pasar

Perusahaan harus mengetahui situasi bisnis yang muncul selama data diproses di lapagan, sehingga dengan riset pasar membantu kerja yang efisien dan sekaligus bisa mengurangi masalah. Ada perangkat lunak sebagai survei riset pasar dengan komprehensif di bawah platform terpadu.

Berikut cara menjalankannya, diantaranya:

  1. Definisikan masalah dengan mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan yang akan memunculkan jawaban sesuai target dan sasaran bisnis kita.
  2. Tentukan sampel representatif yang bisa dikumpulkan dengan cara berbagai teknik pengambilan sampel.
  3. Lakukan pengumpulan data dan instrumen kemudian dikembangkan.
  4. Analisis hasil sehingga memunculkan makna yang lebih luas akan data yang diperoleh.
  5. Buat laporan riset dengan fokus pada apa yang ingin dicapai dan tidak boleh berasumsi bahwa struktur survei adalah cara terbaik dalam melakukan analisis.
  6. Membuat keputusan berdasarkan hasil pertanyaan mulai dari niat beli konsumen, atau bisa memberikan umpan balik dalam pertumbuhan pasar sasaran.

Itulah penjelasan tentang Cara Melakukan Riset Pasar yang Efektif, semoga bermanfaat.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This