Pengertian Ditributor, Suplier, Agen, dan Reseller

by | Apr 14, 2021 | artikel

Pengertian Distributor, Suplier, Agen, dan Reseller

Image : Pixabay

 

 

Pengertian Distributor

Definisi distributor adalah etintas bisnis atau individu yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan produk perdagangan baik barang maupun jasa ke pengecer atau konsumen akhir.

Distributor adalah pihak yang membeli produk langsung dari produsen dan menjualnya kembali ke pengecer atau dapat juga langsung ke konsumen akhir. Distributor merupakan rantai pertama dalam perdagangan setelah produsen.

Dalam hal ini, distributor hanya mengambil produk jadi dan siap dijual tanpa memodifikasinya. Pihak ini dapat berupa individu maupun perusahaan yang membeli produk langsung dari produsen dalam jumlah yang banyak.

Distributor mendapat manfaat dari potongan harga pembelian produk di produsen. Semakin banyak produk yang dibeli dari produsen, biasanya harga diskon juga semakin besar.

 

 

Pengertian Suplier

Definisi suplier adalah individu atau perusahaan yang menjual bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan lain untuk diolah menjadi produk yang siap dijual.

Dalam arti lain pihak suplier tersebut menjual atau memasok sumber daya dalam bentuk mentah kepada pihak lain untuk diolah menjadi bahan atau jasa tertentu.

Perbedaan suplier dan distributor adalah cara menjualnya. Distributor hanya menjual produk jadi ke pengecer untuk dijual kembali ke konsumen akhir, sedangkan suplier menjual bahan baku ke perusahaan lain untuk menghasilkan barang jadi.

Misalnya adalah supplier kelapa sawit yang memasok minyak kelapa sawit dalam jumlah besar ke perusahaan tertentu untuk diolah menjadi minyak goreng. Karakteristik suplier adalah sebagai berikut :

  • Berfungsi sebagai pemasok bahan mentah atau bahan baku untuk perusahaan lain
  • Produk yang dijual masih mentah atau barang setengah jadi

 

 

Baca Juga : Seputar tentang Ekonomi Bisnis

Baca juga:  5 Keuntungan Pakai Jasa Anti Rayap Surabaya

 

 

Pengertian Agen

Agen adalah penyalur jasa atau produk dari perusahaan tertentu dan menjualnya atas nama perusahaan tertentu. Barang dan jasa yg disalurkan haruslah yang diproduksi oleh perusahaan yang bersangkutan.

Agen atau penyalur menjual barang dan jasa sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh produsen. Agen mendapatkan komisi dari perusahaan yang sesuai dengan jumlah penjualan.

Jumlah barang yang dijual oleh agen umumnya lebih kecil dari distributor. Agen membeli barang dalam jumlah banyak untuk dijual kembali ke reseller dan tidak melayani pembelian konsumen secara langsung.

 

 

Pengertian Reseller

Reseller secara bahasa berasal dari kata bahasa Inggris yaitu “re” yang artinya kembali dan “seller” yang artinya penjual. Jadi, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia reseller berarti “menjual kembali”.

Sedangkan menurut definisi, reseller adalah perusahaan atau individu yang membeli barang atau jasa untuk dijual kembali dan mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan yang terjadi.

Reseller biasanya memiliki stok barang terlebih dahulu untuk kemudian bisa dijual kepada konsumen. Barang yang didapat reseller bisa melalui agen, suplier, distributor, atau toko yang ada di daerah mereka.

Barang yang telah dibeli oleh reseller kemudian akan dijual dengan harga yang lebih besar dari harga beli. Maka dari itu, untuk menjadi seorang reseller harus memiliki modal terlebih dahulu untuk membeli dn stok barang yang akan dijual.

 

 

Nah, itu tadi beberapa pengertian mengenai distributor, suplier, agen, dan juga reseller. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Trending Topics

AndikaTalk

Follow kami di :

EKONOMI & BISNIS

Adsense

MOTIVASI

Download E-book Gratis!

Download E-book dan E-magazine Grapadinews Gratis!

You have Successfully Subscribed!